Info Terbaru Harga Timbangan Gantung Besi (25kg, 50kg, 100kg)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan timbangan gantung. Seperti namanya, ini adalah salah satu jenis timbangan yang berguna untuk mengukur berat suatu dengan digantung. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak tipe timbangan gantung, termasuk timbangan gantung besi, yang ternyata dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Aplikasi Timbangan Gantung di Rumah (credit: 12thandwhite)
Ilustrasi: Aplikasi Timbangan Gantung di (credit: 12thandwhite)

Seperti dilansir dari Wikipedia, timbangan dapat dikatakan sebagai alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan atau neraca ini dapat dikategorikan ke dalam sistem mekanik dan juga elektronik atau digital. Selain itu, timbangan juga dapat dibedakan berdasarkan penggunaannya, seperti timbangan , timbangan lantai, timbangan , timbangan meja, hingga timbangan gantung.

Bacaan Lainnya

Timbangan berasal dari kata imbang yang artinya banding.[1] Referensi lainnya, timbangan berasal dari kata menimbang atau zawanu sayyia.[2] Secara etimologi, timbangan disebut dengan mizan yang artinya alat (neraca) untuk mengukur suatu massa benda. Timbang artinya sama berat atau tidak berat sebelah. Timbangan adalah alat untuk menentukan apakah suatu benda sudah sesuai (banding) beratnya dengan berat yang dijadikan standar.

Manfaat Timbangan Gantung

Ada banyak jenis timbangan yang beredar di pasaran, dan salah satu yang cukup populer adalah timbangan gantung. Secara sederhana, ini adalah alat yang diletakkan menggantung dan bekerja dengan prinsip tuas. Timbangan gantung memiliki 2 buah pengait. Pengait yang berada di atas digunakan untuk menopang timbangan dan harus dikaitkan pada tempat yang tetap atau tidak mudah goyang dan jatuh agar keakuratan hasil timbangan tetap terjaga. Sementara, pengait yang berada di bawah timbangan berfungsi untuk meletakkan benda yang hendak ditimbang.

Timbangan gantung memiliki fungsi sedikit berbeda dengan timbangan lainnya. Timbangan ini berfungsi sebagai alat pengukur benda dengan cara digantung pada bagian pengait, kemudian benda yang akan ditimbang akan terangkat ke atas dengan menggunakan hoist atau yang sering juga orang-orang sebut sebagai kerekan.

Cara kerja dari timbangan gantung ini lebih sederhana daripada timbangan lainnya. Hanya dengan Load Cell S dan Hook, sudah bisa mengubah data dari analog menjadi data digital yang akan terbaca melalui display atau indikator sebagai hasil dari penimbangan yang dilakukan. Timbangan gantung pada umumnya bisa mencapai kapasitas 100 ton sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Seperti timbangan badan, timbangan gantung sekarang juga tersedia dalam model analog atau manual dan digital. Menggunakan timbangan gantung digital memang lebih mudah dan praktis, karena diklaim akan mempercepat proses pengukuran. Jika menggunakan timbangan gantung tradisional, hasil ukur masih adanya ketidaktepatan angka yang dihasilkan. Karena itu, banyak industri maupun perorangan yang kini mulai beralih ke timbangan digital.

Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan timbangan gantung. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, keinginan, serta anggaran Anda. Jika bujet Anda terbatas, sebaiknya pilih timbangan gantung analog atau besi. Namun, apabila Anda punya dana berlebih, timbangan gantung digital menjadi opsi yang menarik. Berikut kami sajikan informasi harga timbangan gantung besi.

Timbangan gantung besi (sumber: my-best.id)
Timbangan gantung besi (sumber: my-best.id)

Harga Timbangan Gantung Besi

Ukuran Timbangan Gantung Besi Harga
Timbangan Gantung Besi 25 kg Rp72.000
Timbangan Gantung Besi 50 kg Rp78.000 – Rp84.999
Timbangan Gantung Besi 100 kg Rp112.000
Crown Timbangan Gantung Besi 25 kg Rp155.000
Camry Timbangan Gantung Besi 25 kg Rp195.000
Camry Timbangan Gantung Besi 50 kg Rp220.000
Timbangan Gantung Besi 150 kg Rp240.000
Camry Timbangan Gantung Besi 100 kg Rp250.000

Informasi harga timbangan gantung besi di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini ada yang tetap dan ada yang naik. Harga timbangan gantung Camry kapasitas 100 kg misalnya, masih berkisar Rp250 ribuan, sedangkan harga timbangan gantung Crown kapasitas 25 kg naik dari Rp135 ribu menjadi Rp155 ribuan.

Timbangan gantung digital (youtube: chen carrie)
Timbangan gantung digital (youtube: chen carrie)

Jenis Timbangan Lainnya

  • Timbangan manual, yakni jenis timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas. Biasanya jenis timbangan ini menggunakan indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa yang telah terskala.
  • Timbangan digital, yaitu jenis timbangan yang bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. Umumnya timbangan ini menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital pada layar bacaan.
  • Timbangan hybrid, adalah timbangan yang cara kerjanya merupakan perpaduan antara timbangan manual dan digital. Timbangan hybrid ini biasa digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Timbangan hybrid menggunakan display digital, tetapi bagian platform menggunakan plat mekanik.
  • Timbangan badan, yaitu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Contoh timbangan ini adalah timbangan bayi, timbangan badan dan dewasa, hingga timbangan badan digital.
  • Timbangan lantai, yaitu timbangan yang diletakkan di permukaan lantai. Biasanya digunakan untuk mengukur benda yang bervolume besar.
  • Timbangan duduk, yaitu timbangan dengan posisi benda yang ditimbang dalam keadaan duduk atau sering kita ketahui sebagai platform scale.
  • Timbangan meja, yaitu imbangan yang biasanya digunakan di meja dan rata-rata timbangan meja ini adalah timbangan digital.
  • Timbangan counting, yaitu timbangan hitung yang biasa digunakan untuk menimbang barang yang berjumlah. Timbangan counting ini sering digunakan untuk menimbang baut, mur, spare part mobil, dan sebagainya.
  • Timbangan platform, yaitu timbangan yang memiliki tingkat presisi ebih tinggi dari timbangan lantai. Timbangan ini merupakan solusi dalam penimbangan di berbagai industri, baik industri retail maupun manufacturing.
  • Timbangan hewan atau ternak, yaitu jenis timbangan yang digunakan untuk menimbang hewan, terutama sapi, kerbau maupun kambing serta sejenisnya.
  • Timbangan emas, yaitu jenis timbangan yang memiliki akurasi tinggi untuk mengukur massa emas (logam mulia).
  • Timbangan digital gram, yaitu jenis timbangan yang memiliki ketelitian baca sangat kecil.

Perlu diketahui, harga timbangan gantung besi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Banderol timbangan gantung tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi toko peralatan teknik dan elektronik terdekat di kota Anda.

[1] Sabiq, Sayyid. 2007. Fiqih Sunnah Jilid 4. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

[2] Ali, Atabik. 2003. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

Pos terkait