Review dan Update Harga Cat Tembok Decolith

Saat ini, sudah beragam merk cat tembok yang beredar di pasaran dengan yang bervariasi. Nah, dari sekian banyak brand cat tembok yang ada Indonesia, salah satu yang cukup adalah Decolith. Pasalnya, selain hadir hingga pelosok desa, cat ini juga sempat menyabet penghargaan sebagai cat tembok terbaik versi survei Satria Brand Award (SBA) 2017. 

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Mengecat Tembok (credit: remarkablecoating)
Ilustrasi: Mengecat Tembok (credit: remarkablecoating)

Sebelum membahas mengenai cat Decolith, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit tentang cat dan apa fungsinya. Cat adalah suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut.[1] Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Proses pelekatan cat ke permukaan tembok atau material lainnya dapat dilakukan dengan beragam cara, antara lain diusapkan, dilumurkan, dikuaskan, atau disemprotkan.[2] Teknik penyemprotan dikatakan lebih praktis karena tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Meski demikian, masih banyak yang lebih memilih memakai alat kuas karena dikatakan hasilnya lebih rata dan lebih rapi.

Review Cat Decolith

Apabila Anda membutuhkan cat untuk mewarnai dinding rumah Anda, sebenarnya sangat mudah. Pasalnya, sudah banyak merk cat yang dapat dipilih dan telah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di toko khusus cat atau toko bahan bangunan. Bahkan, Anda pun bisa memesan cat secara online melalui berbagai situs e-commerce. Nah, jika Anda masih bingung, mungkin tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada Decolith.

Decolith sendiri merupakan cat tembok yang diproduksi oleh Warna Agung Paints. Dilansir dari situs resminya, produk ini diklaim sebagai satu-satunya cat tembok dan plafon yang berbahan dasar full acrylic di kelasnya. Karena berbahan dasar air, cat ini dikatakan ramah terhadap lingkungan, serta bebas timbal dan merkuri.

Masih menurut sumber yang sama, Decolith disebutkan memiliki daya sebar yang luas (hingga 12 per kilogram), sehingga konsumen dapat mengecat ruangan dengan lebih lapang. Daya tutup cat Decolith diklaim sangat baik, serta punya lapisan cat yang tidak mengapur. Ditambah dengan pilihan warna-warna yang cemerlang, membuat hunian konsumen tampil lebih segar dan ceria.

Secara spesifikasi, cat Decolith tersedia dalam pilihan warna putih dan warna lainnya, seperti misty morning, yellowstone, soft linen, salmon, ballerina, blush, kuning lemon, dan lain-lain. Produk ini diklaim memiliki kilap matte dengan kepadatan isi 38 persen dan daya sebar teoretis 9 sampai 12 meter persegi per kg (tergantung tingkat porositas media, jenis warna, dan metode aplikasi).

Untuk aplikasi, cat Decolith dapat Anda aplikasikan dengan kuas, roller, atau air spray, dengan metode pengenceran 5 persen sampai 20 persen dicampur dengan air bersih. Untuk kecepatan pengeringan, kering permukaan sekitar 30 menit pada suhu 30 derajat Celcius, sedangkan kering sempurna sekitar 24 jam pada suhu 30 derajat Celcius.

Sebelum mengecat menggunakan produk ini, tembok atau media harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu, kotoran, minyak, dan sisa percikan semen. Pada tembok baru yang terbuat dari semen atau beton, proses pengerasan semen harus sudah sempurna dengan waktu normal 28 hari. Kelembapan tembok harus mencapai 14 persen sampai 18 persen dan kadar alkali tembok berada pada pH 8.

Aplikasikan cat dasar tanpa pengenceran untuk tembok baru, kemudian aplikasikan cat tembok Decolith secara merata. Namun, sebelum diaplikasikan, cat Decolith sebaiknya diaduk secara merata terlebih dahulu. Diamkan sampai kering minimal dua jam, kemudian beri lapisan kedua dan dibiarkan sampai kering secara sempurna.

Harga Cat Tembok Decolith

Cat tembok Decolith (sumber: biaya.co)
Kemasan Cat Decolith Harga
Cat Decolith 1 kg Rp43.500
Cat Decolith 5 kg Rp136.000
Cat Decolith 25 kg Rp675.000

Harga cat tembok Decolith di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harganya tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai , tahun lalu Decolith 1 kg dijual Rp35 ribu, harga Decolith 5 kg Rp98.500 hingga Rp118 ribu, sedangkan Decolith 25 kg ditawarkan dengan harga Rp590 ribu.

Selain cat tembok, ada baiknya Anda pun menyiapkan cat dasar. Fungsi dari cat ini adalah mencegah kontaminasi zat-zat alkali pada lapisan cat yang bisa merusak tampilan rumah. Tanpa cat dasar tembok, warna cat tidak dapat teraplikasi secara sempurna karena pengaruh dari warna material dinding. Cat dasar juga dilengkapi dengan berbagai zat proteksi khusus yang akan memberikan perlindungan ekstra pada tembok rumah Anda. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa merk cat dasar kemasan 1 kg yang dapat Anda temukan di pasaran beserta harganya.

Harga Cat Dasar 1 Kg

Merk Cat Dasar Harga
Propan Eco Emulsion Rp27.000
Cat Laris Rp27.000
London Super Rp29.000
Matex Rp39.000
Envi Rp36.700
Metrolite Rp40.755

Harga cat dasar tembok 1 kg di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan situs e-commerce. Perlu diingat, harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

[Update: Ditta]

[1] Nurlela dan Risnawati. 2016. Pengaruh Resin terhadap Perubahan Warna pada Cat Tembok. Jurnal Sains Natural Universitas Nusa Bangsa, Vol. 5(2): 132-136.

[2] Bentley, J. & G. P. A. Turner. 1997. Introduction to Paint Chemistry and Principles of Paint Technology. Bristol UK: CRC Press.

Pos terkait