Update Harga Tepung Terigu Nippon Komachi Flour (250 gr, 500 gr, 1 kg, 25 kg)

Ada bermacam-macam jenis tepung terigu yang digunakan dalam kue. Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia masak-memasak, mungkin seringkali bingung ketika dihadapkan dengan pilihan tepung mana yang paling sesuai dengan resep yang hendak Anda buat. Namun, untuk Anda yang punya anggaran berlebih, mungkin bisa memilih tepung Komachi. Merupakan produk impor dan punya harga relatif lebih mahal, Komachi diklaim bagus untuk membuat aneka resep roti dan pastry, karena hasilnya akan lebih lembut, bertekstur halus, dan tahan lama.

Ilustrasi: Berbagai Jenis Tepung (credit: countryliving)
Ilustrasi: Berbagai Jenis Tepung (: countryliving)

Jenis Tepung Terigu

Terigu protein tinggi atau dalam bahasa Inggris disebut bread flour/strong wheat flour adalah jenis tepung yang kandungan proteinnya antara 13-14% dan mengandung gluten paling tinggi. Tepung jenis ini cocok dipakai untuk makanan yang butuh tekstur kenyal dan elastis seperti roti, donat, dan juga mi. Contoh merk tepung terigu protein tinggi antara lain Cakra Kembar, Golden Eagle, Komachi, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Tepung terigu protein sedang, memiliki nama lain tepung terigu serbaguna atau all-purpose/plain flour, mengandung protein sekitar 11-12,5%. Dinamai serbaguna karena fungsinya bisa mensubstitusi tepung terigu protein tinggi dan rendah. Tepung terigu protein sedang bisa dipakai membuat kue dengan tekstur lembut dan volume yang cukup mengembang seperti cake, martabak, dan berbagai kue tradisional. Contoh merk tepung protein sedang adalah Segitiga Biru dan Hana Emas.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Terigu protein rendah atau kerap disebut cake flour adalah tepung yang kadar proteinnya maksimal hanya 11% dan kadar glutennya paling rendah dibanding jenis tepung terigu lainnya. Tepung ini cocok untuk membuat kue yang teksturnya ringan dan renyah, seperti cookies, bolu gulung, atau berbagai gorengan. Contoh merknya adalah Kunci Biru dan Bola Salju.

Review Tepung Komachi

Tepung Komachi atau tepung terigu Jepang (Japanese wheat flour) merupakan jenis tepung terigu premix yang sudah dicampur dengan bahan-bahan tambahan seperti pengembang dan pengempuk. Komachi termasuk jenis tepung terigu berprotein tinggi, sangat bagus untuk membuat aneka resep roti dan pastry, karena hasilnya akan lebih lembut, bertekstur halus, dan tahan lama. Tepung ini bisa dibeli di toko bahan kue dengan mulai 500 gram. Jika tidak ada, dapat mengganti tepung Komachi dengan tepung terigu merk Cakra Kembar Emas (kadar proteinnya lebih tinggi dari Cakra Kembar biasa).[1]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Selain dibuat dari biji gandum pilihan dan berprotein tinggi, tepung Komachi juga dikatakan mempunyai kadar gluten yang tinggi. Oleh sebab itu, tepung Komachi dapat membuat adonan semakin elastis dan kenyal. Adonan yang menggunakan tepung Komachi diklaim dapat menghasilkan roti yang lembut dan mengembang.

Tepung terigu Komachi atau Komachi wheat flour cocok digunakan untuk membuat adonan roti seperti donat, roti gulung, dan berbagai roti lain yang mempunyai tekstur lebih lembut, halus, dan tahan lama. Tepung ini juga disebut-sebut mengandung B1, vitamin B2, asam folat, zat besi, dan masih banyak lagi kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Harga Tepung Komachi

Tepung terigu Nippon Komachi Flour (facebook: Puri Pangan Utama)
Tepung terigu Nippon Komachi Flour (facebook: Puri Pangan Utama)
Kemasan Tepung Komachi Harga
Tepung Komachi 250 gr Rp13.000
Tepung Komachi 500 gr Rp15.000 – Rp17.000
Tepung Komachi 1 kg Rp25.000 – Rp30.000
Tepung Komachi 25 kg Rp585.000

Informasi harga tepung Komachi di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga tepung Komachi kemasan 500 gr naik dari Rp12.500 menjadi Rp15 ribu sampai Rp17 ribuan. Sebaliknya, harga Komachi kemasan 25 kg justru turun dari Rp600 ribu menjadi Rp585 ribuan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, tepung Komachi tergolong sebagai tepung protein tinggi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang tinggal di daerah dan sulit untuk menemukan tepung Komachi di toko-toko bahan kue terdekat, bisa memilih alternatif pengganti tepung terigu protein tinggi dalam merk lainnya. Misalnya saja tepung terigu merk Cakra Kembar Emas, tepung Kabuki Gold, tepung Golden Eagle, atau semacamnya.

Tepung Komachi vs Cakra Kembar

Tepung Komachi mengandung protein antara 13-14%, sehingga cocok untuk membuat jenis roti seperti Hokkaido bun atau roti Korea kekinian yang umumnya bertekstur lembut, empuk, serta memiliki serat-serat yang rapat dan sangat halus. Saat diuleni, adonan yang menggunakan tepung Komachi biasanya cenderung lebih lembut dan kenyal dibanding tepung terigu lokal.

Kandungan protein tepung terigu Cakra Kembar sebenarnya juga tinggi, sekitar 13%. Sayangnya, ketika diuleni dengan cocoa powder, biasanya adonan akan terasa lebih padat dan kurang empuk ketika sudah matang. Untuk mengatasi hal itu, beberapa baking lovers biasanya akan menambahkan bread improver ke dalam adonan supaya roti lebih lembut.

[Update: Panca]

[1] Tim Ide Masak. 2013. Resep Favorit untuk Usaha: Sus ala Jepang & Taiwan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *