Update Harga Atap Onduvilla per Lembar (Warna dan Transparan)

Meski popularitas galvalum atau baja ringan sebagai atap tengah menanjak, masih banyak orang yang memilih genteng untuk rumah mereka. Pasalnya, genteng diklaim tahan lama serta memiliki harga yang juga masih bisa dikatakan relatif murah. Di pasaran sendiri, sudah hadir berbagai macam merk genteng, salah satunya Onduvilla yang dikatakan tidak cuma punya harga ekonomis, tetapi juga ringan sehingga ideal untuk mengganti atap beton dan tanah liat.

Seperti diketahui, atap adalah salah satu bagian terpenting dari suatu bangunan, entah itu rumah, hotel, perkantoran, atau yang lainnya. Pasalnya, atap memiliki fungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya dari pengaruh panas matahari, angin, debu, air hujan, serta untuk keperluan perlindungan.[1] Struktur atap juga dapat disebut sebagai bagian bangunan yang berguna menahan atau mengalirkan beban-beban dari atap.[2]

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Penggunaan Atap Onduvilla (credit: ubuy.co.id)
Ilustrasi: Penggunaan Atap Onduvilla (credit: ubuy.co.id)

Dari sekian material untuk atap, genteng masih tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang di dalam negeri. Berfungsi utama untuk menahan panas sinar matahari dan curahan hujan, ada berbagai jenis genteng, antara lain genteng beton, genteng tanah liat, genteng keramik, genteng seng, hingga genteng kayu atau sirap.[3] Kualitas suatu genteng ini sangat ditentukan dari bahan dan suhu pembakaran, karena sangat memengaruhi daya serap air dan daya serap genteng.[4]

Baca juga  Update Harga Lemari Janitor di Pasaran

Kelebihan Atap Onduvilla

Di pasaran sendiri, sudah banyak produsen yang meluncurkan genteng untuk atap, salah satunya Onduline lewat varian Onduvilla. Melansir situs resmi perusahaan, Onduvilla dikatakan sebagai alternatif genteng ringan yang ideal untuk mengganti atap beton dan tanah liat dengan sistem yang unik dan lengkap. Produk ini cocok untuk renovasi atau bangunan baru dan dapat diaplikasikan menggunakan rangka baja ringan atau rangka kayu.

Masih menurut referensi yang sama, genteng Onduvilla telah tersedia dalam pilihan warna yang beragam, memiliki dua jenis warna shade (perpaduan tiga warna pada setiap gelombang genteng) dan warna 3D. Dengan konsep warna genteng yang mengangkat gaya Mediterania klasik yang elegan dan mewah, produk ini disebutkan akan tampilan rumah Anda menjadi lebih unik.

Kelebihan lainnya, bobot genteng Onduvilla hanya 1,27 kg per lembar (4 kg per meter persegi), sehingga cukup ringan dan tidak diperlukan struktur rangka yang berat untuk menopang atap dan lebih aman. Genteng ini dapat diaplikasikan menggunakan rangka baja ringan atau galvalum dan cocok untuk wilayah dengan struktur tanah yang tidak rata atau berbukit.

Berkat komposisi fiber dan pola gelombang yang tinggi sehingga memungkinkan udara bersirkulasi, produk Onduline ini didesain memiliki kelebihan dalam menjaga kenyamanan suhu ruangan dan tingkat redam yang tinggi (Rw = 28dB). Berkat keunggulan tersebut, genteng ini diklaim lebih efektif dalam meredam suara hujan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tutup Knalpot Vario 125 (Original dan KW)
Atap onduvilla (youtube: Onduline Avrasya)
Atap onduvilla (youtube: Onduline Avrasya)

Tak hanya itu, genteng Onduvilla pun diklaim 100 persen terbebas dari unsur metal dan besi sehingga cocok untuk daerah pinggir pantai karena tidak akan menimbulkan karat. Produk ini juga diproduksi dengan material yang aman sehingga menghasilkan genteng yang ramah lingkungan, tahan terhadap tekanan angin (bahkan hingga kecepatan 48 km per jam), serta terbebas dari unsur asbestos.

Menurut lembar spesifikasi resmi, genteng ini terbuat dari selulosa bitumen dengan ukuran panjang 40 cm dan lebar 106 cm, serta ketebalan 0,3 cm. Punya luas efektif 0,31 m2 per lembar, pemakaian untuk 1 m2 sekitar 3,24 lembar genteng. Berat genteng hanya 1,27 kg atau 4 kg per m2, dengan carbon footprint sekitar 4 kg eq CO2 per m2.

Di pasaran dalam negeri, atap atau genteng Onduvilla sudah hadir dalam berbagai warna dengan ukuran 106 cm x 40 cm. Berikut referensi harga genteng Onduvilla.

Harga Atap Onduvilla

Varian Atap Onduvilla Harga per Lembar
Onduvilla Anthracite Black 106 cm x 40 cm Rp50.000
Onduvilla Shaded Green 106 cm x 40 cm Rp53.000
Onduvilla Classic Black 106 cm x 40 cm Rp53.000
Onduvilla Shaded Red 106 cm x 40 cm Rp53.230
Onduvilla Verge Piece 104 cm x 110 cm Rp73.000
Onduvilla Transparan 49,6 x 40 cm Rp200.000
Baca juga  Info Terkini Harga Minyak Lintah Original di Apotek

Harga atap Onduvilla di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga genteng Onduvilla tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020 dan 2021, dengan ukuran 106 x 40 cm, genteng Onduvilla semua warna ditawarkan dengan harga mulai Rp45 ribu sampai Rp80 ribuan per lembar. Sementara, varian genteng Onduvilla transparan punya harga yang lebih mahal, yakni Rp180 ribu sampai Rp290 ribuan per lembar berukuran 49,6 x 40 cm. Anda bisa membeli produk ini di sejumlah toko material bangunan atau situs jual beli online.

[Update: Almas]

[1] Rahayu, Sherly Anggun. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap Kayu terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Jurnal Fropil, Vol. 3(2): 116-130.

[2] Royani, M. 2011. Konstruksi Atap. Semarang: Teknik Desain Arsitektur Universitas Diponegoro.

[3] Tambak, Nur Aisyah, Kurnia Sembiring, Achiruddin. 2013. Pembuatan dan Karakterisasi Genteng Polimer Menggunakan Bahan Limbah Industri Karet Sheet dan Poliprepilen Bekas dengan Campuran Agregat Pasir Halus dan Aspal. Jurnal Saintia Fisika USU, Vol. 1(1).

[4] Ariyadi, Yuli. 2010. Pengujian Karakteristik Genteng (Tugas Akhir). Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.