Update Harga Sulfanilamide Powder dan Cream

Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi atau mencegah infeksi, termasuk pada vagina, ada bermacam-macam, dan salah satu yang mudah ditemukan di apotek atau toko obat terdekat adalah Sulfanilamide. Obat satu ini dijual dengan harga yang tak terlalu menguras kantong. Selain apotek, Anda pun bisa membelinya lewat berbagai online shop.

Ilustrasi: obat oles/salep (sumber: making.com)
Ilustrasi: obat oles/salep (sumber: making.com)

Infeksi jamur vagina dikenal dengan sebutan kandidiasis vaginalis yang terjadi pada organ intim wanita. Kondisi ini merupakan masalah kewanitaan yang cukup lazim terjadi di segala usia. Infeksi jamur vagina merupakan penyakit infeksi yang menimbulkan berbagai keluhan pada organ intim, termasuk vagina bagian luar yang disebut vulva. Pada kondisi tertentu, infeksi jamur vagina dapat menimbulkan luka pada di sekitar vagina dan berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Bacaan Lainnya

Review Sulfanilamide

Sulfanilamide merupakan obat antimikroba turunan para-aminobenzen sulfonamida yang digunakan secara sistemik untuk mengobati dan mencegah beberapa penyakit infeksi.[1] Sulfanilamide disebut dapat mengurangi rasa panas, gatal, dan keputihan pada vagina yang dapat terjadi dalam kondisi ini. Obat ini tersedia dalam wujud powder (bubuk) dan juga cream atau salep.

Baca juga  Khasiat dan Update Harga Potenzol Cair, Obat Perangsang

Sulfanilamide powder atau bubuk biasanya dikemas dalam kemasan sachet yang dijual secara ecer maupun per box isi 120 sachet. Dalam Sulfanilamide Sterile Powder, terdiri dari komposisi Sulfanilamidum 97% dan Magnasiloxydum 2,5%. Berikut dosis dan aturan pakai dari obat Sulfanilamide.

Dosis Sulfanilamide

Dilansir dari Alodokter, Sulfanilamide oles atau cream dapat digunakan dengan dosis 6 gram untuk satu kali pemakaian. Pemberian obat dilakukan dengan alat atau aplikator berupa tabung yang dapat memompa obat. Pasien dapat menggunakan sulfanilamide satu sampai dua kali dalam sehari, untuk 30 hari masa pengobatan.

Sementara itu, Sulfanilamide powder atau dalam wujud bubuk bisa digunakan dengan cara ditaburkan pada luka-luka atau borok-borok setelah dibersihkan terlebih dahulu. Sulfanilamide powder hanya digunakan untuk pemakaian luar. Dosis sulfanilamide bisa berbeda-beda, oleh sebab itu konsultasikan lebih lanjut penggunaan obat Sulfanilamide dengan dokter. Dosis Sulfanilamide yang tidak sesuai berpotensi menimbulkan obat.

Sulfanilamide

Penggunaan Sulfanilamide untuk area vagina mungkin bisa menimbulkan sensasi panas saat obat dimasukkan. Selain itu, pengguna mungkin juga merasakan beberapa seperti tubuh terasa lelah atau tidak enak badan, demam, tenggorokan terasa sakit, sariawan, sulit menelan, terjadi pembengkakan pada gusi, kebutuhan untuk buang air kecil meningkat, linglung dan sakit kepala, gelisah, berkeringat, hingga jantung berdetak cepat.

Baca juga  Update Harga Zithromax Tablet (250mg & 500mg) dan Syrup

Dilansir dari Hellosehat, hentikan penggunaan Sulfanilamide vaginal apabila Anda mengalami reaksi alergi seperti napas pendek, tenggorokan tercekik, mengalami bengkak pada bibir, wajah, atau lidah, atau gatal-gatal. Apabila Anda mengalami yang sangat mengganggu dan terjadi terus-menerus, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Ilustrasi: Sulfanilamide Powder (credit: infloorpoolparts)
Ilustrasi: Sulfanilamide Powder (credit: infloorpoolparts)

Namun demikian, tak semua orang mengalami seperti yang disebutkan. Mungkin ada sejumlah efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran terkait efek samping tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Peringatan & Perhatian Penggunaan Sulfanilamide

  • Hindari penggunaan Sulfanilamide apabila mempunyai riwayat alergi sulfa, termasuk antibiotik sulfonamida.
  • Hindari penggunaan Sulfanilamide bersamaan dengan tampon.
  • Untuk ibu yang sedang hamil trimester tiga sebaiknya jangan gunakan Sulfanilamide tanpa anjuran dokter.
  • Tanyakan ke dokter mengenai penggunaan obat Sulfanilamide saat hendak melakukan hubungan seksual.
  • Hati-hati bagi penderita atau Anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, gangguan sistem kekebalan tubuh, anemia, dan gangguan metabolisme seperti porfiria.
  • Beri tahu dokter apabila Anda sedang menerima obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herba.
  • Segera periksa ke dokter apabila Anda mengalami reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan Sulfanilamide.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Sulfanilamide tersedia dalam wujud bubuk (powder) dan juga krim. Berikut harga Sulfanilamide powder dan cream di pasaran.

Baca juga  Update Harga Sulwhasoo Skincare dan Make Up (Semua Varian)

Harga Sulfanilamide

Varian Sulfanilamide Harga
Sulfanilamide Sterile Powder per sachet 3 gr Rp5.000
Sulfanilamide Salep cream 70 gr Rp75.000
Sulfanilamide Sterile Powder 1 box isi 120 sachet @ 3 gr Rp87.000 – Rp90.000
Sulfanilamide 99% EQ Merck isi 100 gr Rp1.200.000
Sulfanilamide GR for Analysis 1.11799.100 Rp3.150.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Sulfanilamide saat ini di pasaran terpantau naik. Sebagai contoh, Sulfanilamide Sterile Powder per sachet 3 gr yang awalnya dijual seharga Rp1.000 sampai Rp3.500, sekarang menjadi Rp5.000. Begitu pula harga Sulfanilamide 99% EQ Merck isi 100 gr yang naik dari Rp1 juta, kini mencapai Rp1,2 jutaan.

 harga Sulfanilamide powder (bubuk) dan cream di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ingat bahwa harga Sulfanilamide powder dan krim tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Sulfanilamide powder dan salep yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Ditta]

[1] Sudarma, I. M., Mulyanto. 2008. Studi Sintesis Analog Sulfanilamid dari Senyawa Bahan Alam Alkaloid Papaverine. Ilmu Dasar, Vol. 9(2): 159-164.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.