Update Harga Sawi Hijau per Kg (Pasar, Indomaret, Situs E-Commerce)

Sawi hijau, dengan nama ilmiah Brassica juncea L., merupakan jenis sayuran yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan dan pengobatan.[1] Termasuk jenis bahan pangan yang populer, harga sawi hijau per kg relatif terjangkau. Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket.

Sawi Hijau Segar (sumber: keluarga.my)
Sawi Hijau Segar (sumber: keluarga.my)

Sawi Hijau

  • Sebagai golongan sayuran berdaun, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi sawi hijau secara rutin. Dikutip dari halodoc, sawi hijau dapat membantu menjaga kesehatan jantung, karena sawi mengandung beta karoten dan flavonoid cukup tinggi dan telah dikaitkan dengan menurunkan risiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung. Untuk menurunkan risiko penyakit jantung, setidaknya Anda disarankan makan sawi hijau sebanyak satu ikat dalam seminggu. Anda bisa menjadikannya sebagai lauk untuk sarapan atau makan siang. Supaya lebih lezat, masaklah sawi hijau dengan bumbu tumisan dan kuah kaldu.
  • Termasuk golongan sayur yang tinggi vitamin dan mineral, sawi hijau diklaim mampu mencegah, memerangi, dan mengobati penyakit yang berkaitan dengan gangguan pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya selagi flu atau pilek untuk meredakan gejalanya. Supaya lebih optimal, hidangkan sawi hijau dengan kuah kaldu yang segar. Beberapa orang menjadikan sawi hijau sebagai bahan untuk membuat sup rempah untuk mengobati tenggorokan dan sesak napas.
  • Psoriasis merupakan salah satu gangguan autoimun yang ditandai dengan peradangan. Lesi akibat peradangan diketahui bisa diredakan atau disembuhkan dengan sawi hijau. Anda bisa mengonsumsi sawi hijau secara rutin sebagai terapi alami. Sawi hijau dikenal memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja katalase dan superoksida dismutase untuk meringankan peradangan dan rasa nyeri saat gejala psoriasis kambuh. Selain dikonsumsi dengan dimasak, sawi hijau bisa dijadikan smoothie supaya lebih mudah dicerna tubuh.
  • Banyak orang yang suka makan sawi hijau setelah mengonsumsi hidangan berlemak dan berminyak. Ini tidak hanya untuk menetralkan sekaligus menghilangkan rasa minyak di lidah, tetapi juga diklaim baik untuk menurunkan serta mengontrol kadar dalam tubuh. Dalam satu ikat sawi hijau, mengandung senyawa yang diketahui berperan dalam mengikat empedu pada sistem pencernaan. Ini sangat penting untuk mencegah reabsorbsi asam empedu yang berkaitan langsung untuk menurunkan kolesterol darah.
  • Bagi Anda yang sering terkena gangguan pencernaan, seperti , Anda bisa mengatasi sekaligus mencegahnya dengan mengonsumsi sawi hijau. Ini adalah salah satu golongan sayur yang mempunyai kandungan serat tinggi dan baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, sawi hijau diklaim bagus untuk meningkatkan daya tahan sistem pencernaan Anda, sehingga Anda kebal dari penyakit pencernaan lainnya, seperti diare.

Beberapa orang juga mengonsumsi sawi hijau di pagi hari dengan cara dijadikan minuman sehat bersama bayam dan pepaya. Ini bertujuan untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus detox. Tidak sulit mendapatkan sawi hijau saat ini, karena Anda bisa membelinya di pasar, situs jual beli online, hingga minimarket terdekat seperti Indomaret. Berikut referensi harga sawi hijau per kg.

Bacaan Lainnya

Harga Sawi Hijau per Kg

Sawi Hijau atau Caisim (sumber: Sawahku.com)
Sawi Hijau atau Caisim (sumber: Sawahku.com)
Lokasi PasarHarga per Kg
Pasar Jambu Dua BogorRp8.000
Pasar Baru BogorRp10.000
Pasar Sukasari BogorRp10.000
Pasar Gunung Batu BogorRp10.000

Informasi harga sawi hijau di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs pasar tradisional. Hingga saat ini, harga sawi hijau per 1 kilogram di pasaran relatif stabil. Selain di pasar tradisional, Anda pun bisa membeli sawi hijau di sejumlah marketplace terpercaya.

Harga Sawi Hijau per Kg di Online Shop

Jenis Sawi HijauHarga per Kg
Sawi Hijau Lokal SegarRp15.000
Sawi Hijau Segar Grade ARp18.000
Sawi Hijau Segar HidroponikRp37.000
Sawi Hijau Segar OrganikRp42.000

Sebagai perbandingan, tahun lalu, sawi hijau hidroponik dijual dengan harga mulai Rp18 ribu per kg, sedangkan harga sawi hijau segar organik berkisar Rp20 ribu per kg. Jika Anda merasa membeli sawi hijau dalam kemasan 1 kg terlalu banyak, Anda bisa membelinya seikat isi 200 gr. Ada sejumlah minimarket yang menjualnya, seperti Indomaret. Berikut referensi harga sawi hijau yang kami rangkum dari situs Indomaret.

Harga Sawi Hijau di Indomaret

Sawi Hijau atau Caisim (Youtube: Resep Sang Mertua)
Sawi Hijau atau Caisim (Youtube: Resep Sang Mertua)
Varian Sawi HijauHarga
Sj Sayur Sawi Hijau/Caisim 200 grRp1.750
Joshua Agro Sawi Hijau 200 grRp1.960
Cetroland Sawi Hijau 200 grRp4.550
Sepang Jaya Sawi Keriting Hydroponic 200 grRp9.400
Sepang Jaya Sawi Dakota Hidroponik 200 grRp9.400

Jika Anda membutuhkan satu kilo caisim, artinya Anda bisa membeli lima ikat sawi hijau di minimarket tersebut. Jadi, harga sawi hijau per kg di Indomaret adalah 5 x Rp1.750, yakni Rp8.750. Harga sawi hijau di pasar, situs e-commerce, maupun Indomaret tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Istarofah & Zuchrotus Salamah. . Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.) dengan Pemberian Kompos Berbahan Dasar Daun Paitan (Tithonia diversifolia). Bio-site Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Vol. 3(1): 39-46.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *