Info Terkini Harga Sangkar Burung Kapsul dalam Berbagai Merek & Ukuran

Sangkar untuk bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk kotak dan logam. Sangkar atau kandang berbentuk kapsul beberapa waktu belakangan cukup populer karena dinilai lebih estetik untuk memelihara jenis lovebird, kenari, dan sebagainya. Harga sangkar kapsul dibanderol variatif tergantung ukuran, bahan, dan mereknya.

Ilustrasi: Burung Lovebird di Dalam Sangkar Kapsul (credit: Birdeden)
Ilustrasi: Lovebird di Dalam Sangkar Kapsul (credit: Birdeden)

Bahan sangkar atau kandang bisa memakai bahan berupa logam dan nonlogam. Bahan logam berupa kawat besi baja non-galvanis diperuntukkan lovebird karena burung ini memiliki paruh yang kuat. Pemakaian kawat non-galvani seperti baja besi tidak meracuni burung. Pasalnya, burung lovebird sangat suku menggigit-gigit jeruji sangkar atau kandang. Hindari pemakaian sangkar atau kandang burung yang terbuat dari bahan tembaga, kuningan, timah, dan seng.[1]

Bacaan Lainnya

Sangkar yang baik merupakan sangkar yang kokoh, bersih, dan membuat lovebird nyaman. Jika kandang selalu terjaga kebersihannya, lovebird akan sehat dan semakin baik pertumbuhannya. Ada banyak jenis sangkar yang dijual di pasaran. Karena itu, hobiis harus mengetahui ciri-ciri sangkar yang baik untuk memelihara lovebird.

Ciri-ciri Sangkar yang Baik untuk Lovebird

Jeruji Sangkar

Ukuran sangkar sangat penting untuk diperhatikan. Sangkar yang terlalu kecil akan merusak bulu-bulu terutama bulu ekor dan sayap lovebird. Sangkar yang besar memang lebih direkomendasikan supaya lovebird leluasa bergerak dan tidak mengalami stres. Selain ukuran sangkar, perhatikan pula jarak antara satu jeruji dengan yang lainnya.

Idealnya, jarak antar jeruji harus saling berdekatan untuk mencegah lovebird meloloskan diri. Jarak ideal antar jeruji dapat diperkirakan berdasarkan ukuran lovebird tersebut. Jika lovebird tidak mampu menyelipkan kepalanya di antara dua jeruji, jarak antar jeruji sudah bagus. Namun, jarak antar jeruji jangan pula terlalu rapat. Pasalnya, walaupun tidak memiliki efek negatif bagi lovebird, sangkar seperti itu kurang enak dipandang dan lovebird tidak bisa dinikmati keindahan bulunya. Jarak antar jeruji yang ideal untuk sangkar lovebird sekitar 2-3 cm.

Alas Sangkar

Pada sangkar terdapat dua jenis alas, yakni alas kotoran dan alas pijak burung. Alas kotoran berada di bawah alas pijak burung. Alas kotoran digunakan untuk menampung kotoran dan sisa pakan yang jatuh, sedangkan alas pijak digunakan untuk lovebird berpijak saat berada di alas sangkar.

Perhatikan jarak antara alas kotoran dan alas berpijak burung. Jarak alas kotoran yang terlalu dekat dengan dasar tempat berpijak dinilai kurang baik bagi kesehatan lovebird. Pasalnya, tidak jarang pakan yang jatuh dan terkena kotoran dimakan oleh lovebird. Belum lagi jika lovebird turun ke tempat berpijak tersebut. Jari-jari kaki bisa terkena kotoran yang menimbulkan jamur pada kaki.

Gantungan Sangkar

Gantungan sangkar harus yang kuat dan kokoh agar tidak mudah copot atau jebol saat digunakan untuk menggantung sangkar. Sering kali gantungan sangkar yang kelihatannya kokoh, tetapi kayunya mudah patah karena tidak kuat menahan hempasan angin. Karena itu, tidak jarang sangkar jatuh akibat kurang kokohnya gantungan sangkar. Untuk mengetahui kuat tidaknya gantungan sangkar, coba tarik gantungan sangkar dengan sedikit kekuatan saat memilihnya. Jika tidak goyah, kita anggap gantungan sangkar cukup kuat.

Tenggeran

Sediakan dua buah tenggeran di dalam sangkar. Tenggeran dipasang melintangi sangkar. Diameter dan jenis tenggeran harus disesuaikan dengan jenis dan karakter burung. Diameter tenggeran yang tepat bisa diketahui saat lovebird mencengkeram tenggeran. Jika kaki lovebird bisa mencengkeram dua pertiga dari tenggeran, diameter tenggeran tersebut sudah tepat untuk lovebird.[2]

Sangkar kapsul (sumber: lazada)

Apabila Anda tertarik untuk membeli sangkar kapsul, di pasaran kini hadir berbagai merk dan tipe sangkar kapsul dengan harga bervariasi.

Daftar Harga Sangkar Kapsul

Merek & Tipe Sangkar Kapsul Harga (Rp)
Sangkar kapsul Octagon B331B 108.000
Sangkar Besi Small Size diameter 23 cm x tinggi 37cm 113.000
Sangkar kapsul Lovebird Boom Pion plastik 119.900
Sangkar kapsul import Sweet 188 120.000
Sangkar kapsul Lovebird besi Panda 121.500
Sangkar kapsul 58 Luckiness 125.000
Sangkar kapsul lovebird ruji tebal 125.000
Sangkar Kapsul Besi Medium d 24 x t 45cm 125.000
Kandang kapsul lovebird CG 127.000
Sangkar kapsul Lovebird 60 x 30 cm 156.000
Sangkar kapsul merk Best One kaki plastik 160.000
Sangkar kapsul mix kayu mahoni 199.000
Sangkar kapsul SSS 200.000
Sangkar kapsul besi diameter 33 cm Navo 208.000
Sangkar kapsul Lovebird Oriq Jaya 225.000
Sangkar kapsul lovebird dragon 260.000
Sangkar kapsul Lovebird Ebod PVC Strong Batman 285.000
Sangkar kapsul besi Dayang 297.000
Sangkar kapsul Sazime Biru 514.000
Sangkar kapsul BNR Lovebird colour magic 655.000
Sangkar kapsul BNR lovebird natural resmi prescup VI 800.000
Sangkar kapsul merk Radja 900.000

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga sangkar kapsul di atas mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, Sangkar Besi Small Size diameter 23 cm x tinggi 37cm yang semula dijual mulai harga Rp100 ribu, sekarang naik menjadi Rp113 ribu. Sangkar Kapsul Besi Medium ukuran d 24 x t 45cm juga ikut naik dari harga Rp110 ribu menjadi Rp125 ribu. Berbeda dengan Sangkar kapsul Lovebird Boom Pion plastik yang justru turun harga dari Rp129.900, kini hanya Rp119.900.

Informasi harga sangkar kapsul di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga sangkar atau kandang berbentuk kapsul dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu dan di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[Update: Ditta]

[1] Nurhakim, YI. 2018. Sukses Budidaya Kicau Lovebird & . Sam, editor. Tangerang: Ilmu Media Publishing.

[2] Yudiantoro, dkk. 2011. Lovebird Si Cantik Bersuara Merdu. Tinton, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Pos terkait