Info Harga Roti Sisir Jordan (Ecer, 1 Pack, dan per Bal)

Anda pernah mencicipi roti sisir? Jajanan jadul ini memang nikmat rasanya dan bisa mengganjal perut ketika lapar. Selain roti sisir yang diproduksi oleh bakery-bakery besar, ada juga roti sisir jadul dengan harga yang terjangkau seperti roti sisir Jordan. Meski murah, rasa roti sisir Jordan tak kalah dengan roti-roti lain yang lebih mahal.

Roti Sisir Jordan (sumber: lazada)
Roti Sisir Jordan (sumber: lazada)

Apa Itu Roti Sisir?

Roti adalah produk makanan yang terbuat dari fermentasi tepung terigu atau bahan pengembang lainnya kemudian dipanggang. Roti dibuat dari gandum yang digiling menjadi terigu murni dan dicampur air kemudian dibakar dipanggang dengan oven. Dengan berkembangnya teknologi, tercipta roti yang lebih bervariasi baik dari segi ukuran, penampilan, , tekstur rasa dan bahan pengisinya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan rasanya, roti terbagi atas dua macam yakni roti manis dan roti tawar. Roti manis adalah roti yang mempunyai cita rasa yang menonjol, bertekstur empuk dan diberi bermacam-macam isi maupun selai. Contohnya adalah roti sisir dan roti isi. Roti yang kedua adalah roti tawar. Roti tawar adalah roti yang dibuat dari adonan dengan sedikit gula atau bahkan tidak sama sekali. Dari segi bahan dan penampakannya roti dapat dibedakan atas roti putih (white bread) dan roti cokelat (whole wheat bread). Roti putih dibuat dari tepung gandum utuh.

Roti sisir merupakan roti basah berbahan dasar tepung terigu, gula halus, , telur. Roti sisir memiliki tekstur empuk dan mudah disobek. Bentuk dari roti sisir adalah persegi dengan rasa manis dan bertekstur lembut. Alat yang dibutuhkan untuk pematangan roti sisir ini dengan cara dipanggang dengan oven.

Proses produksi roti sisir meliputi pemilihan , pembuatan adonan, fermentasi dan pemanggangan. Bahan baku yang digunakan dibedakan menjadi bahan utama dan bahan pembantu. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan produk roti sisir adalah tepung terigu, air, ragi roti, dan garam. Bahan pembantu antara lain shortening, gula, produk susu, telur serta bahan pengisi seperti selai.

Proses pembuatan adonan dimulai dengan mengocok (mixing) telur, ragi, gula, dan bahan pelengkap lainnya, apabila sudah mengembang maka tepung dimasukkan sampai adonan menjadi kalis. Dalam proses mixing, pencampuran shortening harus benar-benar merata. Pencampuran yang tidak sempurna akan menyebabkan tekstur roti menjadi kasar dan tidak seragam.

Setelah adonan jadi, maka adonan ditimbang menjadi masing-masing 150 gram. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke mesin steamer (mesin pengembang roti) selama 60 menit. Kemudian setelah mengembang adonan dimasukkan ke mesin oven selama 15 menit dengan panas oven 160°C.[1]

Tentang Roti Sisir Jordan

Roti Sisir Mentega Jordan diproduksi oleh CV Jordan Bakery. CV. Jordan Bakery yang merupakan salah satu industri makanan yang memproduksi roti di Landasan Ulin Banjarbaru, yang berdiri sejak tahun 1988 hingga sekarang.[2]

Tak hanya roti sisir mentega, Jordan Bakery juga memproduksi aneka roti, seperti roti cream meses, bagelen, roti isi coklat, dan berbagai roti manis lainnya. Jordan Bakery telah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan berizin Depkes RI. Berikut informasi harga roti sisi Jordan.

Roti Sisir Jordan (sumber: tokopedia)
Roti Sisir Jordan (sumber: tokopedia)

Harga Roti Sisir Jordan

Kuantitas Roti Sisir JordanHarga (Rp)
Roti Sisir Mentega Jordan ecer2.200 – 3.500
Roti Sisir Manis Jordan Original eceran2.600
Roti Sisir Manis Pinggiran Jordan isi 20 pcs6.500
Roti Sisir Mentega Jordan 1 pack isi 5 bungkus9.500 – 15.000
Roti Sisir Jordan 1 bal isi 20 pak200.000

Informasi harga roti sisir Jordan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga roti sisir Jordan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga roti sisir Jordan yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda ingin mencoba roti sisir Jordan, Anda dapat membelinya secara offline di toko-toko kelontong terdekat atau bisa juga membelinya secara lewat sejumlah reseller atau distributor roti sisir Jordan Bakery.

[1] Rohmatin, E. D. 2017. Implementasi Metode Fuzzy Quality Function Deployement (FQFD) Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Roti Sisir (Skripsi). Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknologi Pertanian Brawijaya Malang.

[2] Hastuti, P. 2016. Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Roti Pada CV Jordan Bakery Di Landasan Ulin Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. 2(1): 43-55.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *