Update Harga Pipa Aluminium untuk Jemuran dan Antena (Beragam Ukuran)

Aluminium telah menjadi material yang makin dilirik banyak orang. Selain dalam bentuk lembaran, bahan ini juga tersedia dalam bentuk pipa, yang memiliki beragam manfaat, termasuk digunakan untuk jemuran pakaian, bahkan sebagai tiang penyangga antena. Di pasaran sendiri, harga aluminium bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya.

Bagi sebagian orang, pasti sudah tidak asing lagi dengan aluminium. Ini bisa dikatakan sebagai logam yang ringan dan memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi. Selain itu, aluminium dikenal sebagai penghantar listrik yang baik. Umumnya, aluminium dicampur dengan logam lainnya sehingga membentuk aluminium paduan. Material ini dimanfaatkan bukan saja untuk peralatan rumah tangga, tetapi juga dipakai untuk keperluan industri, konstruksi, dan lain sebagainya.[1]

Bacaan Lainnya
Pipa Aluminium Beragam Ukuran - www.shutterstock.com
Aluminium Beragam Ukuran – www.shutterstock.com

Untuk menambah kekuatan aluminium, biasanya material ini ditambah atau dipadukan dengan logam lainnya, dengan konsentrasi tertentu. Meski demikian, kekuatan bahan paduan aluminium tidak hanya bergantung pada konsentrasi logam paduan, tetapi juga bagaimana proses perlakuannya hingga aluminium siap digunakan, apakah dengan ditempa, perlakuan panas, penyimpan, dan lain sebagainya.[2]

Beberapa paduan aluminium yang jamak ditemukan di pasaran adalah paduan aluminium dengan silikon, paduan aluminium dengan magnesium, paduan aluminium dengan tembaga, paduan aluminium dengan mangan, paduan aluminium dengan seng, paduan aluminium dengan lithium, paduan aluminium dengan skandium, serta paduan aluminium dengan besi.

Ada juga aluminium paduan cor. Cor ulang yang dilakukan pada aluminium dapat menyebabkan kekerasan meningkat dan ketangguhan menurun, serta porositas bertambah. Porositas ini tentunya akan mengurangi kekuatan aluminium cor. Meski demikian, porositas dalam kondisi tertentu akan memperbaiki karakteristik tribologi logam karena membentuk reservoir bagi pelumas dan memudahkan untuk bersirkulasi sehingga menghasilkan pelumasan yang lebih baik.

Kelebihan Aluminium

  • Penghantar listrik dan panas yang baik walaupun tidak sebaik tembaga. Karena memiliki daya hantar listrik yang baik ini, aluminium digunakan pada kabel listrik menggantikan tembaga yang harganya lebih mahal.
  • Mempunyai warna yang stabil seolah-olah tidak berkarat. Hal ini disebabkan aluminium sangat cepat bereaksi dengan oksigen yang terdapat di udara menghasilkan aluminium oksida. Oksida yang terbentuk tidak mudah terkelupas sehingga dapat melindungi permukaan aluminium yang ada di bagian bawah agar tidak terjadi oksidasi berlanjut. Selain berupa lapisan tipis, oksida yang terbentuk merupakan lapisan tembus cahaya sehingga aluminium seolah-olah tidak berubah (tetap mengilat).
  • Permukaannya tidak perlu dicat karena sudah cukup bagus dan menarik.
  • Serbuk aluminium yang sangat halus tampak mengilat seperti logam aslinya sehingga sering dicampur pada minyak cat (vernis) menghasilkan cat metalik yang harganya relatif lebih mahal dibanding cat biasa. Cat-cat metalik kebanyakan digunakan pada barang-barang mewah, karena dengan penambahan aluminium, cat dapat memantulkan cahaya yang lebih banyak.
  • Tidak bereaksi dengan asam atau bahan kimia lain yang terdapat dalam bahan makanan. Karena itu, aluminium sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat-alat rumah tangga, misalnya panci. Aluminium pun kerap dijadikan kertas aluminium yang sangat tipis yang digunakan sebagai pembungkus rokok, gula, bumbu masak, dan beberapa keperluan lain.
  • Paduan 95 persen aluminium dengan 5 persen unsur lain seperti Cu, Mg, dan Mn dapat digunakan menggantikan fungsi besi walaupun tidak sekuat besi. Misalnya dalam pembuatan bingkai pintu dan jendela.

Aluminium sendiri sekarang sudah hadir dalam beragam bentuk, salah satunya pipa. Dibandingkan dengan material seperti dari baja atau besi hitam, pipa aluminium dikatakan punya biaya yang lebih rendah.  Pemasangan pipa dari besi membutuhkan banyak waktu karena massanya yang cukup berat. Pipa dari bahan baja juga harus membutuhkan instalasi penggabungan yang lebih rumit. Sementara, pipa aluminium memiliki massa yang lebih ringan dan semua sistem penyambungan sudah dibuat dengan bentuk produk khusus.

Ilustrasi: Keunggulan dan Ukuran Aluminium (credit: chaluminium)

Keunggulan dan Ukuran Aluminium

Apabila dibandingkan dengan jenis pipa besi yang harus disambungkan dengan sistem gulir, maka pipa aluminium tidak membutuhkan sistem tersebut. Titik penyambungan untuk pipa alumunium akan lebih mudah dan tidak mudah bocor atau rusak. Tentu saja keunggulan ini juga akan mengurangi biaya perawatan dan biaya peremajaan.

baja atau pipa besi adalah bahan yang tidak tahan terhadap karat. Padahal, banyak industri yang benar-benar membutuhkan material pipa yang tidak berkarat. Aluminium pun menjadi salah satu produk yang paling tepat karena tahan terhadap cuaca, tidak mudah berkarat, dan tahan terhadap uap dari air maupun produk kimia.

Saat ini, aluminium telah hadir secara luas di pasaran. Ukurannya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya, pipa aluminium berukuran dengan ketebalan 0,8 mm, 1,5 mm, 3 mm, hingga 6 mm. Sementara, panjangnya ada yang 3 m hingga 6 m, dengan luar mulai 6,35 mm hingga 76 mm.

Harga Aluminium Jemuran

Ukuran Pipa Aluminium Harga
Pipa Aluminium 9 mm Rp15.300 per meter
Pipa Aluminium 18 mm Rp17.500 per meter
Pipa Aluminium 20 mm Rp25.000 per meter
Pipa Aluminium 23 mm Rp31.100 per meter
Pipa Aluminium 1,5 inch Rp50.000 per meter

Jika dibandingkan penawaran tahun 2019, pipa aluminium untuk jemuran mengalami perubahan harga pada 2020, 2021, dan 2022. Misalnya, pipa aluminium ukuran 9 mm per meter dikenai harga Rp6 ribu tahun 2019. Tahun 2020 dan 2021, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp9 ribu dan Rp15 ribuan tahun 2022. Sedangkan, untuk pipa aluminium ukuran 20 mm juga ikut naik dari Rp16 ribu tahun 2019, menjadi Rp20 ribu per meter tahun 2020 dan 2021, naik lagi menjadi Rp25 ribu tahun 2022.

Ilustrasi: Pipa Aluminium (credit: aesteiron)

Harga Pipa Aluminium Antena

Ukuran Pipa Aluminium Harga
Pipa Aluminium 3/8 inch Rp61.800 per lonjor
Pipa Aluminium 4/8 inch Rp71.000 per lonjor
Pipa Aluminium 5/8 inch Rp80.000 per lonjor
Pipa Aluminium 3/4 inch Rp85.000 per lonjor
Pipa Aluminium 7/8 inch Rp102.000 per lonjor
Pipa Aluminium 1 inch Rp115.300 per lonjor
Pipa Aluminium 1,25 inch Rp150.000 per lonjor
Pipa Aluminium 1,5 inch Rp267.900 per lonjor
Pipa Aluminium 1,75 inch Rp290.999 per lonjor
Pipa Aluminium 2 inch Rp323.100 per lonjor

Khusus pipa aluminium antena terpantau tidak mengalami perubahan harga pada 2020 dan 2021 dari tahun 2019. Namun, harga pipa aluminium antena mengalami kenaikan di tahun 2022. Sebagai contoh, pipa aluminium 2 inch yang semula dibanderol Rp315 ribu tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Rp323 ribu per lonjor tahun 2022.

Harga pipa aluminium di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dan forum jual beli di media sosial. Satu lonjor pipa aluminium biasanya punya panjang 3 m. Perlu diketahui, harga pipa aluminium tersebut, baik untuk jemuran dan antena, tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat.

[Update: Almas]

[1] Surdia, T & Shinroku Saito. 1992. Pengetahuan Bahan Teknik. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

[2] Hartono, Anton J & Tomojiro Kaneko. 1992. Mengenal Pelapisan Logam (Elektroplating). Yogyakarta: Andi Offset.

Pos terkait