Update Harga Panel Dinding Wallplus per M2

Sebuah ruangan tentu akan tampil lebih menarik dengan elemen dekoratif, semisal dinding yang dilengkapi panel. Dinding merupakan elemen yang membentuk sebuah ruang, sedangkan panel adalah sebuah bidang yang akan mengubah dinding tampil menjadi lebih menarik. Tersedia dalam berbagai macam merk, salah satu yang cukup terkenal karena dinilai mempunyai harga jual relatif terjangkau adalah Wallplus.

Ilustrasi: panel dinding dekoratif (sumber: pinterest)
Ilustrasi: panel dinding dekoratif (sumber: pinterest)

Sebelumnya cat tembok merupakan pilihan populer untuk ‘menghias’ tampilan dinding. Kini, selain cat, wall panel juga dapat menjadi salah satu alternatif yang patut dipertimbangkan dalam menerapkan salah satu elemen interior agar ruangan menjadi semakin indah dipandang dan membuat penghuni rumah betah.

Bacaan Lainnya

Pengertian Panel Dinding

Panel dinding adalah satu bagian material, biasanya datar dan dipotong menjadi bentuk persegi panjang, yang berfungsi sebagai penutup dinding yang terlihat dan terbuka. Panel dinding bersifat fungsional dan juga dekoratif, memberikan insulasi dan kedap suara, dikombinasikan dengan keseragaman penampilan, dengan ukuran daya tahan atau kemudahan penggantian.

Penggunaan panel dinding dikatakan dapat mengurangi biaya konstruksi dengan memberikan tampilan yang konsisten pada permukaan panel tanpa memerlukan aplikasi cat atau bahan finishing lainnya. Wall panel juga dapat diselesaikan hanya pada satu sisi, jika sisi lainnya akan berhadapan dengan dinding bata atau beton, atau struktur serupa.[1] Tidak cuma itu, lubang dapat dipotong atau dibor ke panel dinding untuk menampung outlet listrik dan perangkat lain yang keluar dari dinding.

Ada banyak jenis wall panel yang bisa diterapkan di tembok bangunan. Panel WPC atau wood plastic composite misalnya, adalah produk komposit atau panel kayu yang terbuat dari partikel-partikel kayu atau bahan berlignoselulosa lainnya yang diikat menggunakan sintetis atau bahan pengikat lainnya dan dikempa panas.[2] WPC diklaim relatif mudah diolah menjadi berbagai bentuk dalam berbagai ukuran yang Anda butuhkan. Tidak cuma itu, WPC biasanya sudah dilapisi dengan finishing cat yang modern.

panel dinding lainnya yang bisa dicoba adalah panel dinding batuan alam, yang terbuat dari batuan alam seperti marmer dan alam lainnya, kemudian dibentuk sesuai ukuran yang dibutuhkan. Ada juga panel dinding kaca dengan ukuran ketebalan yang beragam, panel dinding beton, serta panel dinding polikarbonat yang terbuat dari material plastik atau termoplastik dengan bobot ringan.

Jenis-jenis panel untuk dinding rumah
Jenis-jenis panel untuk dinding rumah

Review Panel Dinding Wallplus

Wallplus merupakan panel dinding precast beton ringan sebagai alternatif pengganti produk konvensional. Ini diklaim sebagai sebuah inovasi produk material bangunan yang kokoh dan bahan yang ramah lingkungan serta hemat energi, yang merupakan adopsi teknologi dari Jerman. Hal ini didasari oleh berbagai kendala yang ditemui pada penggunaan batu bata. Perpaduan bahan fiber cement di lapisan luar, EPS, dan beton agregat membuat bobot Wallplus lebih ringan 65% dibandingkan bata konvensional.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan produk beton ringan atau precast dinding ringan Wallplus. Pemasangan Wallplus lebih cepat dibandingkan dengan sistem konvensional (pasang bata) sehingga hemat waktu. Selain itu, menggunakan panel ringan Wallplus dibandingkan dengan sistem tradisional dinding akan mengurangi beban yang diterima oleh struktur bangunan, sehingga memberikan dampak pengurangan biaya di struktur utama.

Produk beton atau precast yang 90% finishing produk hasil fabrikasi ini juga memiliki bentuk yang presisi dan lapisan yang rata, sehingga dapat menghemat biaya bahan baku tambahan lainnya. Tidak cuma itu, dengan ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan produk konvensional, panel Wallplus dapat meningkatkan luas area efektif sekitar 4-6%.

Panel dinding precast beton (sumber: croomconcrete.co.uk)
Panel dinding precast beton (sumber: croomconcrete.co.uk)

Harga Panel Dinding Wallplus

Ukuran Panel Wallplus Harga
Wallplus 50 (2440 x 610 x 50 mm) Rp355.281 per m2
Wallplus 60 (2440 x 610 x 60 mm) Rp400.000 per m2
Wallplus 75 (2440 x 610 x 75 mm) Rp470.000 per m2
Wallplus 90 (2440 x 610 x 90 mm) Rp550.350 per m2
Wallplus 100 (2440 x 610 x 100 mm) Rp592.700 per m2
Wallplus 120 (2440 x 610 x 120 mm) Rp723.000 per m2

Daftar harga panel dinding Wallplus di atas kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk toko dan sejumlah situs jual beli online. Apabila dibandingkan tahun lalu, harganya saat ini memang mengalami sedikit kenaikan. Harga Wallplus 50 misalnya, semula Rp315 ribu dan sekarang menjadi Rp355 ribuan per m2.

Penjualan Panel Dinding Wallplus - (hargaper.com)
Penjualan Panel Dinding Wallplus – (hargaper.com)

(Panca)

[1] Newman, Jenny O. 1976.  Design, construction, and evaluation of a low-cost panelized house. United States Department of Agriculture, hlm. 14.

[2] Maloney, T. M. 1993. Modern particle board and dry process fiberboard manufacturing. USA: Miller Freeman Publication.

Pos terkait