Update Harga Paket Aqiqah Anak Laki-Laki

Aqiqah bisa dikatakan sebagai pengorbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai tanda bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT mengenai bayi yang baru dilahirkan, baik laki-laki maupun perempuan. Untuk memfasilitasi keluarga yang akan melakukan aqiqah, khususnya aqiqah anak laki-laki sekarang sudah tersedia beragam paket aqiqah dengan harga yang cukup bervariasi.

Ilustrasi: prosesi cukur rambut bayi (sumber: republika)
Ilustrasi: prosesi cukur rambut bayi (sumber: republika)

Hukum Aqiqah

Hadirnya buah hati di dalam keluarga tentu menjadi hal yang membahagiakan. Dalam Islam, kebahagiaan tersebut dianjurkan untuk dibagikan kepada orang lain. Berdasarkan syariat agama Islam, caranya adalah dengan melaksanakan aqiqah. Dilansir dari Wikipedia, aqiqah (atau akikah) berarti adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran seorang anak. Menurut bahasa, akikah berarti pemotongan. Hukumnya sunah muakad bagi mereka yang mampu, bahkan sebagian menyatakan wajib.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, akikah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama Islam. Dalil-dalil yang menyatakan hal ini, di antaranya, adalah hadits Rasulullah SAW, yaitu “Setiap anak tertuntut dengan akikahnya”. Ada hadits lain yang menyatakan bahwa “Anak laki-laki (akikahnya dengan 2 kambing), sedang anak perempuan (akikahnya) dengan 1 ekor kambing”.

Status hukum akikah adalah sunnah. Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ulama, seperti Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan Imam Malik, dengan berdasarkan dalil di atas. Para itu tidak sependapat dengan yang mengatakan wajib, dengan menyatakan bahwa seandainya akikah wajib, maka kewajiban tersebut menjadi suatu hal yang sangat diketahui oleh agama, dan seandainya akikah wajib, maka Rasulullah SAW juga pasti telah menerangkan akan kewajiban tersebut.

Baca juga  Update Harga Stempel Trodat Semua Tipe dan Ukuran

Waktu Aqiqah

Setiap Muslim disunahkan melakukan aqiqah pada hari ketujuh dari kelahiran bayi, ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda bahwa “Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dia dicukur dan diberi nama. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dinyatakan shohih oleh Imam At-tirmidzi.

Bila aqiqah tidak bisa dilakukan pada hari ke tujuh, disunahkan dilakukan pada hari ke empat belas, dan bila tidak bisa, maka lakukan pada hari ke dua puluh satu. Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya dari Rasulullah SAW, beliau bersabda bahwa “Hewan aqiqah itu disembelih pada hari ke tujuh, ke empat belas, dan dua puluh satu.” (hadits hasan riwayat Al-Baihaqi).

Kewajiban aqiqah merupakan tanggung jawab yang dibebankan kepada orang tua anak. Namun, bila orang tuanya belum mampu menyembelihkan aqiqah untuknya sampai dia dewasa, dia bisa menyembelih hewan aqiqah untuk dirinya sendirinya. Syaikh Shalih Al-Fauzan berkata bahwa dan ia tidak diaqiqahi oleh ayahnya, lalu kemudian dia mengaqiqahi dirinya sendiri, maka hal tidak masalah menurut saya, wallahu a’lam”.

Harga, Terbaru, Paket, Aqiqah, Anak, Laki-Laki, Pengertian, Waktu, Syarat, Hewan, Jakarta, Solo, Soleh, Al Kautsar, Yogyakarta, Bogor, Amanah, Ash-Shidiq, Tangerang, jadwal, kontak, tempat, menu, murah, terjangkau, hemat, termurah, catering, jasa
Kambing untuk aqiqah dan kurban

Syarat Hewan Aqiqah

Hewan yang boleh disembelih untuk aqiqah, syaratnya sama dengan hewan yang disembelih untuk qurban, dari segi usia dan kriterianya. Menurut Imam Malik, hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah antara lain yang tidak sakit, kurus, picak, dan patah tulang. Sementara, Imam Asy-Syafi’i menambahkan bahwa cacat pada hewan untuk aqiqah harus dihindari sebagaimana yang tidak diperbolehkan dalam hewan qurban.

Baca juga  Update Harga Cetak Foto Fujifilm dan Kamera Instax

Pendapat lain dari Ibnu Abdul Barr, bahwa para telah ijma’ bahwa pada hewan aqiqah ini tidak diperbolehkan hal-hal atau apa-apa yang tidak diperbolehkan dalam udhhiyah, harus dari Al-Azwaj Ats-Tsamaniyyah, yaitu domba, kambing, sapi, dan onta, kecuali pendapat yang ganjil yang tidak dianggap. Namun, tidak diperbolehkan dalam aqiqah berserikat, sebagaimana dibolehkannya berserikat dalam udhhiyah, baik domba, kambing, sapi, atau unta.

Bagi orang tua yang ingin mengakikah anaknya, membutuhkan hewan aqiqah yang penting sebagai syarat dalam melakukan aqiqah. Hewan aqiqah yang diperlukan untuk bayi laki-laki berbeda dengan hewan aqiqah untuk anak perempuan. Pada aqiqah anak laki-laki, dianjurkan atau disunahkan dengan dua ekor kambing. Jika tidak sanggup, maka dikatakan boleh cukup dengan satu ekor kambing. Sementara, jumlah hewan kambing aqiqah untuk anak perempuan adalah satu ekor.

Mengenai daging hewan aqiqah, sebagian mengatakan bahwa pembagiannya hampir sama dengan pembagian daging qurban. Sebagian daging hewan boleh dimakan oleh keluarga yang diaqiqahkan, sedangkan sebagian lagi dibagikan kepada fakir miskin dan tetangga. Apabila keluarga dari yang diaqiqahkan tidak memakan dan memberikan seluruhnya kepada fakir miskin, itu tetap dibolehkan dan tidak halangan untuk itu.

Jika Anda kebetulan memelihara kambing yang sesuai syarat, Anda bisa menyembelih kambing Anda sendiri untuk aqiqah anak. Namun, apabila Anda tidak memiliki hewan peliharaan dan juga tidak ingin repot, ada banyak paket aqiqah yang ditawarkan dengan harga bervariasi. Ini kisaran harga paket aqiqah untuk anak laki-laki.

Baca juga  Update Harga Paket Cream Dr Pure di Apotek dan Toko Kosmetik
Prosesi cukur rambut saat Aqiqah (sumber: sumaihotel.com)
Prosesi cukur rambut saat Aqiqah (sumber: sumaihotel.com)

Harga Paket Aqiqah Anak Laki-Laki

Nama Katering Aqiqah Harga Paket Aqiqah
Aqiqah Jakarta Paket Reguler : Rp1.300.000
Paket Spesial : Rp1.500.000
Paket Super : Rp1.750.000
Paket Istimewa : Rp2.400.000
Paket VIP : Rp2.900.000
Soleh Aqiqah Paket 1 (80 porsi) : Rp1200.000
Paket 2 ( 100 porsi) : Rp1.300.000
Paket 3 (125 porsi) : Rp1.600.000
Paket 4 (160 porsi) : Rp2.050.000
Paket 5 (180 porsi) : Rp2.350.000
Amanah Ash-Shidiq Aqiqah Boyolali Paket Hemat: 1.850.000
Aqiqah Al Kautsar Yogyakarta Paket Na’im : Rp3.700.000 (paket keluarga)
Paket Adn : Rp4.300.000 (paket keluarga)
Paket Firdaus : Rp5.000.000 (paket keluarga)
Aqiqah Al Kautsar Bandung Paket Na’im : Rp6.800.000(paket keluarga)
Paket Adn : Rp8.000.000 (paket keluarga)
Paket Firdaus : Rp9.200.000 (paket keluarga)
Aisyah Aqiqah Bogor Rp4.800.000
Amanah Ash-Shiddiq Tangerang Paket Hemat: 1.850.000
Firdaus Aqiqah Bekasi Type A : Rp2.600.000
Type B : Rp2.800.000
Type C : Rp3.100.000
Type D : Rp3.300.00
Type E : Rp3.500.000
Type F : Rp3.800.000
Type G : Rp4.000.000
Bens Aqiqah Jabodetabek Rp3.000.000
Balqis Aqiqah Sleman Paket A 100 Box : Rp3.660.000
Paket B 130 Box : Rp4.300.000
Paket C 150 Box : Rp4.800.000
Paket D 180 Box : Rp5.460.000
Paket C 200 Box : Rp5.760.000

Harga paket aqiqah untuk anak laki-laki di atas kami rangkum langsung dari situs resmi jasa catering yang menyediakan aqiqah. Dibandingkan tahun 2020 dan 2021, harga paket aqiqah tahun 2022 ada yang naik. Harga yang ditawarkan Soleh Aqiqah paket 1 misalnya, ditawarkan Rp950 ribu tahun 2020 hingga 2021, tetapi naik menjadi Rp1,2 juta di tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.