Harga Mobil Sport “Honda NSX” Terbaru, Rp2 Miliar!

NSX (di Amerika Utara dipasarkan dengan nama Acura NSX) merupakan sport 2 seater yang diproduksi pabrikan Honda. NSX dirancang oleh chief designer Masahito Nakano dan Shigeru Uehara selaku executive chief engineer. ini terinspirasi mesin jet F-16 dan dibuat untuk melebih kinerja mesin V8 milik Ferrari.

honda nsx - www.carsguide.com.au

honda nsx - www.carsguide.com.au

Generasi pertama Honda NSX hadir dalam rentang tahun 1990-2005. Mobil ini pertama kali dipamerkan untuk publik pada ajang Chicago Auto Show pada tahun 1989 dan dipasarkan setahun kemudian. NSX menjadi massal pertama di dunia yang menggunakan bahan aluminium untuk menutupi seluruh bodinya.

Awalnya, NSX dipersenjatai mesin berkapasitas 3.000cc, V6, VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control), serta hadir dalam sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tersedia dalam coupe, mobil ini kemudian hadir dalam atap targa (terbuka) pada tahun 1995.

Baca juga  Update Biaya Pasang AC Mobil

Lalu, di tahun 1997, NSX mengalami peningkatan performa dengan kehadiran mesin V6 berkapasitas lebih besar, yaitu 3.200cc. Sempat diluncurkan versi facelift pada tahun 2002, produksi mobil ini mandeg pada tahun 2005.

Setelah vakum cukup lama, Honda akhirnya mengumumkan akan merilis generasi terbaru NSX. Konsep teranyar mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 dalam ajang North American International Auto Show. Selang tiga tahun kemudian, model produksi dipamerkan di ajang yang sama dan didefinisikan sebagai mobil New Sport Experience.

Berbeda dengan pendahulunya, kali ini mobil sport hybrid itu diproduksi di . Dibandingkan generasi pertama, NSX versi terbaru digambarkan sebagai perpaduan sporty khas Amerika dengan estetika khas Eropa. Bodinya mengusung desain space frame yang terbuat dari aluminium, baja kualitas tinggi, dan bahan-bahan ringan dan kaku lainnya.

Selain itu, NSX terbaru ini juga mengusung model knalpot yang terinspirasi dari mobil lawas keluaran tahun 1960-an. Jika diamati, knalpot NSX sangat mirip dengan kepunyaan Ford Mustang 1965 atau Chevelle 1967.

Baca juga  Info Terlengkap Harga UTV Kawasaki Tahun 2019

Untuk sektor dapur pacunya, NSX menggendong mesin V6 twin turbo berkapasitas 3.5L dengan tiga listrik, bersistem transmisi 9 percepatan dual-clutch semi-otomatis. Dengan bekal tersebut, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 550 bhp pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 406 lb-ft.

Pada 1 Februari 2016, mobil ini dilelang dalam suatu acara amal dan berhasil terjual 1,2 juta dolar AS atau setara Rp15,9 miliar. Sementara, satu unit NSX terbaru berada di kisaran 157.800 dolar AS hingga 207.500 dolar AS, atau setara Rp2,09 miliar hingga Rp2,7 miliar (dengan kurs Rp13.300 per dolar AS).

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mobil Sport “Honda NSX” Terbaru, Rp2 Miliar!"