Info Manfaat dan Harga Minyak Tawon Tutup Putih Asli

Siapa yang tak kenal ? Minyak dengan khas ini sangat mudah ditemui di mana saja dan hampir seluruh masyarakat Indonesia mungkin sudah pernah menggunakan minyak obat ini. yang asli atau dijual dengan harga lebih mahal dibanding yang beredar di . ada dua, yakni yang tutupnya merah dan tutup putih.

Minyak Tawon (sumber: Klik Dokter)

Minyak Tawon (sumber: Klik )

Minyak tawon adalah minyak gosok obat khas Makassar yang sangat digemari, baik untuk pijat maupun penggunaan sehari-hari. Terdiri atas beberapa ukuran, tetapi jenisnya hanya ada dua, yaitu tutup merah dan tutup putih. Harga tutup putih jauh lebih mahal karena campurannya lebih murni.[1]

Minyak Tawon asli diproduksi oleh PT Tawon Jaya Makassar, Sulawesi Selatan yang didirikan Lia A Liet sejak tahun 1912 silam. Ketika awal dibuat, Minyak Tawon dinamai Too Boo Loeng, namun kemudian lebih populer dengan nama Minyak Gosok Cap Tawon.

Secara umum, Minyak Tawon dikenal sebagai salah satu jenis obat berbentuk cair yang mempunyai beragam untuk mengatasi sejumlah keluhan kesehatan yang sifatnya ringan tanpa perlu penanganan dari dokter. Adapun beberapa manfaat dari Minyak Tawon adalah mempercepat penyembuhan pada luka akibat terkena benda tajam, luka memar, atau karena terkilir. Selain itu, minyak tawon juga diklaim bisa mencegah pembengkakan akibat peradangan, gangguan pernapasan, sendi, dan gangguan karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Baca juga  Harga Folamil Genio dan Folamil Gold, Suplemen Ibu Hamil

Kandungan Minyak Tawon

  • Minyak kayu putih (Cajuput oil)
  • Minyak serai (Cymbopogon nardus)
  • Kunyit (Curcuma longa)
  • Bawang merah (Allium ascalonicum)

Manfaat Minyak Tawon

  • Kandungan minyak kayu putih dalam Minyak Tawon kerap dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh, mengatasi masuk angin, perut kembung, mual, dan pusing.
  • Kunyit disebut sebagai bahan utama dalam peracikan berbagai jenis obat tradisional, termasuk Minyak Tawon. Bahan alami ini digunakan karena efek penyembuhan yang terkandung di dalamnya diklaim bisa mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan dan pernapasan, mengurangi rasa nyeri, mempunyai sifat antioksidan, anti-mikroba, dan sebagainya.
  • Minyak serai yang ada dalam Minyak Tawon tergolong kelompok minyak atsiri yang biasa dipakai untuk mengurangi rasa nyeri dan mual saat haid. Minyak serai atau minyak sereh ini pun diketahui bisa melemaskan otot-otot yang kaku sekaligus memberi sensasi kehangatan pada tubuh.
  • Kemudian bawang merah dalam Minyak Tawon bukan hanya dikenal sebagai penggugah selera makan, tetapi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan dan infeksi yang diakibatkan oleh mikroorganisme patogen. Selain itu, bahan ini pun dapat menurunkan panas atau suhu tubuh tinggi akibat peradangan.
Ilustrasi: Manfaat Minyak Tawon Untuk Menghilangkan Nyeri (sumber: New York Post)

Ilustrasi: Manfaat Minyak Tawon Untuk Menghilangkan Nyeri (sumber: New York Post)

-      

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Minyak Tawon asli Makassar hadir dalam 2 jenis, yakni varian Minyak Tawon dengan tutup putih dan Minyak Tawon tutup merah. Minyak Tawon tutup putih diklaim lebih berkhasiat dibandingkan Minyak Tawon tutup merah. Perbedaannya terletak pada rasa dan sensasi panas yang dihasilkan. Minyak Tawon tutup putih panasnya disebut lebih terasa, meresap ke dalam otot. Oleh sebab itu, Minyak Tawon tutup putih kabarnya lebih cocok digunakan untuk pijat urut mengatasi pegal-pegal atau keseleo.

Baca juga  Info Lengkap Harga Sabun Mandi Dettol Cair di Pasaran

Sementara itu, Minyak Tawon tutup merah harganya relatif lebih terjangkau. Khasiat Minyak Tawon tutup merah pada dasarnya hampir sama dengan Minyak Tawon tutup putih, namun sensasi panasnya lebih lembut atau tidak sepanas Minyak Tawon tutup putih.

Minyak Tawon Tutup Putih (sumber: Blanja.com)

Minyak Tawon Tutup Putih (sumber: Blanja.com)

Harga Minyak Tawon Tutup Putih

Minyak Tawon asli Makassar tutup putih ukuran botol 330 ml dijual dengan harga yang cukup mahal, mencapai Rp475 ribu. Sedangkan untuk Minyak Tawon asli Makassar tutup merah ukuran 330 ml harganya lebih murah, Rp210 ribu per botol. Harga Minyak Tawon tutup putih dan merah dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Minyak Tawon yang berlaku di setiap tempat bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari Minyak Tawon tutup putih atau merah yang asli, Anda bisa membelinya langsung dari agen di Makassar atau membeli lewat situs-situs jual beli terkemuka.

Baca juga  Update Manfaat, Dosis, dan Harga Imunos (Sirup & Tablet)

[1] Sapada, TA dkk. 2011. Travelicious Makassar: Jalan Hemat, Jajan Nikmat. Ariyanto, editor. Yogyakarta: B-First.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat dan Harga Minyak Tawon Tutup Putih Asli"