Update Harga Mesin Semprot Tasco (Semua Tipe)

Cara yang umum digunakan untuk membasmi hama di lahan pertanian adalah menyemprotkan pestisida. Nah, untuk menyemprotkan ini, diperlukan sebuah mesin semprot khusus. Untungnya, di pasaran sudah tersedia banyak merek dan tipe mesin semprot, salah satunya Tasco. Produk ini sendiri sekarang dilepas dengan harga berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Ilustrasi: petani menyemprotkan pestisida (sumber: almada.org)
Ilustrasi: petani menyemprotkan pestisida (sumber: almada.org)

Sebelum membahas mengenai mesin semprot Tasco, kita kupas terlebih dahulu mengenai hama. Dilansir dari Wikipedia, hama bisa dikatakan sebagai organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam sehari-hari manusia. Walaupun dapat digunakan untuk semua organisme, dalam praktik, istilah ini paling sering dipakai hanya kepada hewan. Suatu hewan juga dapat disebut hama jika menyebabkan kerusakan pada ekosistem alami atau menjadi agen penyebaran penyakit dalam habitat manusia. Contohnya adalah organisme yang menjadi vektor penyakit bagi manusia, seperti tikus dan lalat yang membawa berbagai wabah, atau nyamuk yang menjadi vektor malaria.

Bacaan Lainnya

Sementara, dari beberapa sumber yang lain, hama disebut sebagai segala jenis hewan atau binatang yang berpotensi merusak tumbuhan serta merugikan manusia dari segi ekonomi. Hama juga dapat dikatakan sebagai bintang pengganggu, dengan seluruh bagian tanaman yang diganggu. Pengertian lain, hama adalah serangga, nematoda, tikus, gulma, atau bentuk lain dari kehidupan terrestrial atau air yang berbahaya bagi kesehatan manusia atau hewan ternak, atau mengganggu ekonomi seperti pertanian.

Baca juga  Info Terbaru Harga Buah Strawberry 1 Kg

Jenis Hama Tanaman

  • Tikus, menyerang tanaman padi dari mulai masih menjadi bibit hingga tanaman memasuki masa pengisian bulir. Tikus aktif menyerang padi pada malam hari, sedangkan siang hari tikus bersembunyi di lubang pada tanggul irigasi, pematang sawah, pekarangan, semak, atau gulma. Dengan perkembangbiakannya yang sangat cepat, kerusakan yang ditimbulkan tikus akan sangat merugikan. Pada kondisi terparah, serangan hama tikus bisa mengakibatkan tanaman padi gagal panen. 
  • Penggerek batang, juga dikenal dengan nama sundep, adalah hama yang menyerang pada fase vegetatif dengan ditandai daun tengah atau pucuk tanaman akan mati karena titik tumbuh dimakan larva penggerek batang. Kehadiran hama tersebut dengan ditandai oleh kehadiran ngengat dan kematian pada tunas padi. Untuk pengendalian, bisa menggunakan cara mekanik, pengendalian dengan menggunakan cara hayati, dan menggunakan insektisida.
  • Keong mas, menyerang tanaman padi pada masa vegetatif dan itu dimulai dari masa pembibitan. Keong mas merusak tanaman dengan cara memarut tanaman dan memakannya sehingga menyebabkan adanya bibit yang hilang tanaman. Untuk pengendalian, bisa menggunakan cara mekanik yang dimulai dengan mengambil telur dan keong mas pada area budidaya. Selain itu, bisa dengan membuat parit kecil yang ukurannya lebih dalam, kemudian diberi daun pisang atau daun pepaya sebelum area budidaya padi dikeringkan. 
  • Wereng, memiliki beragam jenis, di antaranya wereng cokelat, wereng putih, dan wereng hijau. Wereng menyerang dengan cara mengisap cairan yang ada pada tanaman padi dan dapat menularkan virus kepada tanaman. Serangan ini dapat menyebabkan padi menjadi kering seperti terbakar atau pertumbuhannya menjadi kerdil. Untuk pengendalian, bisa menggunakan musuh alami seperti Beauveria bassiana. 
  • Walang sangit, akan menyerang pada waktu tanaman padi sudah memasuki fase masak susu. Hama ini akan menyerang pada bulir padi dengan mengisap cairan sehingga bisa mengakibatkan padi yang dihasilkan hampa, berkerut, berwarna cokelat, dan rasanya kurang enak. Dengan serangan parah, hasil panen padi akan menjadi jelek dan menurunkan produktivitas hasil panen. Pengendalian bisa dilakukan dengan mengumpulkan dan memusnahkan telur walang sangit serta dengan melepas musuh alami, seperti jangkrik dan laba-laba.
  • Burung, menyerang tanaman pada fase masak susu sampai padi panen. Burung akan memakan langsung bulir padi yang sedang menguning sehingga menyebabkan kehilangan hasil secara langsung. Selain itu burung juga mengakibatkan patahnya malai padi.
Baca juga  Update Harga Sadel Velo (Semua Tipe)

Fungsi dan Jenis Mesin Semprot

Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini cara untuk menumpas hama sudah tidak lagi dilakukan menggunakan metode manual, melainkan elektrik. Nah, salah satu alat yang sering digunakan adalah mesin semprot. Alat semprot mesin ini mampu membantu memudahkan kerja petani karena tidak perlu lagi memompa dengan tangan, melainkan cukup dengan menekan tombol. 

Mesin semprot Tasco (sumber: olx.co.id)
Mesin semprot Tasco (sumber: olx.co.id)

Setidaknya, ada dua jenis mesin semprot yang tersedia di pasaran saat ini, yaitu

  • Mesin semprot pertanian elektrik atau dinamo, yaitu alat yang menggunakan dinamo untuk menghasilkan semprotan yang bisa mengabut. Energi dinamo diperoleh dari baterai kering yang disimpan di dalam unit tangki sprayer. Baterai di-charge selama 5 jam atau hingga penuh dan bisa digunakan 12 sampai 15 kali semprot. Isi tangki maksimal untuk model ini umumnya 18 liter.
  • Mesin semprot dengan bakar bensin dicampur oli, dengan perbandingan 50:1. Hasil semprotan mesin jenis ini diklaim lebih berkabut dapat menjangkau jarak yang cukup jauh sehingga cocok digunakan untuk lahan atau persawahan. Kapasitas tangki mesin ini biasanya 22 liter. Namun, mesin ini memiliki bobot lebih berat dibandingkan varian dinamo.
Baca juga  Info Terbaru Harga Media Tanam Arang Sekam/Sekam Bakar di Pasaran

Nah, apabila Anda membutuhkan mesin semprot untuk memusnahkan hama tanaman Anda, sudah banyak merek yang tersedia di pasaran. Salah satu yang cukup terkenal di kalangan petani adalah Tasco. Tersedia dalam beragam tipe, berikut akan kami sajikan informasi terbaru kisaran harga mesin semprot Tasco di pasaran.

Harga Mesin Semprot Tasco

Tipe Mesin Tasco Harga 
Tasco MIST-5 Hand Sprayer Rp180.000
Tasco MIST-8 Hand Sprayer Rp259.000
Tasco B Solo 425 Hand Sprayer Rp400.000
Tasco MIST-15 Hand Sprayer Rp515.000
Rp485.000
Tasco PB 16 Sprayer Rp696.000
Tasco RB-16E Electric Sprayer Rp749.999
Tasco MIST-16E Electric Sprayer Rp1.500.000
Tasco TF-700 Rp1.750.000
Tasco MBS-650 Rp1.770.000 – Rp2.250.000
Tasco MD-150 Rp2.000.000
Tasco TF-900 Rp2.099.000
Rp2.100.000
Tasco TF-820 Rp2.255.000

Harga mesin semprot merk Tasco di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan elektronik, toko alat pertanian, dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya sebenarnya relatif stabil. Tasco MIST-5 Hand Sprayer misalnya, semula dilepas Rp155 ribuan, sekarang menjadi Rp180 ribuan, sedangkan harga Tasco MIST-16E Electric Sprayer tetap Rp1,5 jutaan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.