Spesifikasi dan Harga Mesin Cuci AC Krisbow

Layaknya perangkat lainnya, AC juga harus rutin dibersihkan agar tidak mudah rusak atau tahan lama. Nah, jika pakaian dibersihkan dengan , maka pendingin udara pun memiliki sebuah khusus yang sering disebut jet cleaner. Dipakai untuk membersihkan kotoran pada evaporator dan kondensor AC, sudah banyak merk yang merilis produk ini, termasuk Krisbow, dan rata-rata dijual dengan ratusan hingga jutaan rupiah per unit.

Ilustrasi: Memperbaiki AC (credit: webcontinental)

Ilustrasi: Memperbaiki AC (credit: webcontinental)

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan AC atau air conditioner. Dilansir dari Wikipedia, sering disebut penyejuk udara, ini adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). Umumnya menggunakan siklus refrigerasi, tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan (evaporative cooling), biasanya alat ini digunakan kenyamanan ruangan di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Refrigerasi sendiri konon mulai muncul pada awal abad ke-19. Namun, paten pertama mesin refrigerasi yang tercatat sudah dipublikasikan di Great Britain pada tahun 1790 atas nama Thomas Harris dan John Long.[1] Sementara, pendingin udara berskala besar pertama ditemukan dan dipakai pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Baca juga  Update Daftar Harga Mesin Cuci Sharp 8 Kg dengan Keunggulannya

Sesuai fungsinya, AC lebih sering digunakan di wilayah beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi seperti di Indonesia. Dengan suhu rata-rata tidak kurang dari 18 derajat Celcius, serta lama siang dan malam yang hampir setara (masing-masing 12 jam), membuat radiasi matahari di Indonesia menjadi sangat tinggi, mengakibatkan panas yang membuat manusia bisa tidak merasa nyaman.[2]

Selain faktor panas matahari, faktor lain yang membuat sebuah ruangan tidak nyaman adalah kurangnya ventilasi udara, adanya sumber kontaminasi di dalam ruangan, kontaminasi dari luar ruangan, mikroba, bahan material bangunan, dan lain-lain.[3] Selain itu, meski ventilasi sudah memadai, tetapi jika tidak memenuhi standar, maka udara pun menjadi buruk. Nah, akhirnya banyak yang memakai AC.

Fungsi dan Mesin AC Krisbow

Ilustrasi: Menggunakan High Pressure Water Jet Cleaner AC (credit: tjaircon)

Ilustrasi: Menggunakan High Pressure Water Jet Cleaner AC (credit: tjaircon)

Namun, seperti kebanyakan perangkat elektronik lainnya, AC juga berpotensi mengalami kerusakan. Selain pemakaian yang berlebihan, komponen-komponen AC bisa aus jika pengguna tidak rutin membersihkan dan merawat alat tersebut. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa membersihkan AC dengan mesin khusus bernama jet cleaner.

Baca juga  Info Spesifikasi & Harga Fit Water Processor

Sering pula disebut mesin cuci AC, ini adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada evaporator dan kondensor AC. Produk ini mempunyai tekanan kerja yang tinggi, namun berdaya listrik yang relatif rendah, mempunyai struktur yang sederhana, berbobot ringan, efisien dalam penggunaan, dan mudah dalam perawatan. Jet cleaner ini diklaim memiliki kekuatan semprot yang mampu membersihkan hampir semua jenis kotoran. Selain AC, alat ini pun dapat digunakan untuk membersihkan kompartemen mesin mobil, pipa baja, dan lain-lain.

Ada banyak merk yang sudah merilis mesin cuci AC untuk pasaran dalam negeri, salah satunya Krisbow. Brand lokal ini memiliki varian Krisbow PHP-35E yang punya desain portabel dan sudah dilengkapi sejumlah fitur menarik, seperti 3 desain pompa axial wobble plate, plunger steel tahan karat, total stop system, hingga rotary on/off switch. Produk ini sendiri mengusung daya 220-240 Volt, dengan tenaga maksimal 650 , tekanan puncak 35 bar, dan nilai arus 3,831/m.

Harga Mesin Cuci AC Krisbow

Apabila Anda tertarik dengan mesin cuci AC dari Krisbow ini, tidak sulit mendapatkan perangkat tersebut. Anda bisa membelinya di sejumlah toko perkakas elektronik maupun lewat situs beli online. Di pasaran dalam negeri, produk ini sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp1.900.000 hingga Rp2.865.000. Namun, ada pula yang menjualnya dengan harga Rp3.064.000 hingga Rp3.325.000 per unit.

Baca juga  Harga Solar Panel 100Wp (Mono dan Poly)
Ilustrasi: Krisbow High Pressure Cleaner (credit: autonetmagz)

Ilustrasi: Krisbow High Pressure Cleaner (credit: autonetmagz)

Harga High Pressure Cleaner Krisbow

High Pressure Cleaner KrisbowHarga
High Pressure Cleaner Home Krisbow 90 BarRp1.016.345
High Pressure Cleaner Krisbow 130 BarRp1.806.420
High Pressure Cleaner Krisbow 150 BarRp3.725.975
High Pressure Cleaner Krisbow 170 BarRp4.290.715

Harga high pressure cleaner Krisbow di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan. Perlu dicatat bahwa harga high pressure cleaner  Krisbow tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sekadar informasi, menurut beberapa sumber, high pressure cleaner juga dapat digunakan untuk membersihkan AC.

[1] Mukhti, Amirulhaq T. 2016. Perencanaan Alat Uji Prestasi Sistem Pengkondisian Udara (Air Conditioning) Jenis Split. Jurnal Mahasiswa Teknik Universitas Pasir Pengaraian, Vol. 2(2).

[2] Syahnan, Muhammad Rif’at, Azridjal Aziz, Rahmat Iman Mainil. 2016. Potensi Air Kondensat sebagai Media Pendingin untuk Aplikasi Modul Evaporative Cooling terhadap Performansi AC Split 1 PK. JOM Fakultas Teknik Universitas Riau, Vol. 3(2).

[3] Godish, T. 1994. Sick Buildings: Definitions, diagnosis and mitigation. Florida: CRC Press.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Mesin Cuci AC Krisbow"