Harga Mesin Belah Kayu Gelondongan (Baru, Second, Rakitan)

Gergaji, baik manual maupun listrik, telah lama digunakan sebagai peralatan untuk memotong kayu. Namun, bagaimana jika kayu yang akan dibelah masih berbentuk gelondongan? Tentunya Anda membutuhkan khusus untuk melakukan pekerjaan ini. Sering juga disebut bandsaw machine atau sawmill, belah kayu gelondongan ini memang punya yang jauh lebih mahal dibandingkan gergaji pada umumnya.

Dalam dunia pertukangan, gergaji termasuk perkakas atau peralatan yang cukup penting. Bukan hanya untuk keperluan para pemilik bisnis mebel atau pertukangan, tetapi gergaji juga kerap menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang hampir ada di setiap rumah. Gergaji bermanfaat sebagai alat pemotong berbagai seperti kayu, triplek, pipa, hingga besi.

Mesin Belah Kayu Gelondongan - www.brewstermachinery.com

Mesin Belah Kayu Gelondongan - www.brewstermachinery.com

Di , gergaji yang diperjualbelikan ada bermacam-macam. Beberapa dari Anda mungkin akan kebingungan, terlebih karena bentuk dan gergaji yang bervariasi. Nah, agar Anda lebih paham dan tidak keliru sebelum membeli Anda bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai -jenis, fungsi, dan daftar harga gergaji berikut ini.

Jenis Gergaji dan Fungsinya

  • Gergaji Handsaw. Handsaw atau yang juga kerap disebut ripsaw adalah jenis gergaji yang berfungsi untuk memotong dan membelah kayu. Mata gergaji handsaw biasanya berukuran besar, sehingga dapat digunakan memotong kayu yang agak tebal. Namun, gergaji jenis handsaw dirancang hanya untuk memotong kayu dengan jalur urat kayu yang searah. Selain itu, mata gergajinya pun tak bisa diganti, sehingga Anda perlu menggunakan kikir khusus untuk mengasah mata gergaji apabila nantinya mulai tumpul.
  • Gergaji Coping Saw. Gergaji satu ini memiliki tampilan yang cukup unik karena bentuknya menyerupai huruf ā€˜Uā€™. Gergaji coping saw berguna untuk memotong bagian yang sempit. Biasanya, gergaji jenis ini dipakai untuk memotong tripleks dan papan. Namun, ada pula yang menggunakannya untuk memotong teflon lembaran. Mata gergaji jenis coping saw biasanya memiliki tekstur yang halus dan rapat. Kelebihannya, mata gergaji coping saw bisa diganti apabila sudah mulai tidak tajam lagi.
  • Gergaji Crosscut Saw. Crosscut saw adalah salah satu jenis gergaji tangan yang juga kerap dipakai untuk memotong material kayu. Sesuai dengan namanya, crosscut saw umumnya digunakan untuk memotong kayu secara melintang dengan ujung yang saling ditarik oleh dua orang secara bergantian. Dibandingkan gergaji kayu biasa, harga gergaji jenis crosscut saw memang relatif lebih mahal.
  • Gergaji Keyhole Saw. Dibandingkan gergaji-gergaji yang lain, ukuran gergaji jenis keyhole saw memang relatif lebih kecil. Tampilan gergaji keyhole saw juga cukup unik. Biasanya, gergaji keyhole saw digunakan untuk memotong bagian yang mempunyai sudut kecil atau bagian-bagian yang sempit.
  • Gergaji Hacksaw. Sekilas, gergaji hacksaw memiliki penampilan yang hampir sama seperti gergaji coping saw. Namun, gergaji tangan ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu mata gergajinya paling rapat di antara jenis gergaji yang lain. Gergaji hacksaw kerap dimanfaatkan untuk memotong material seperti pipa dan plastik. Namun, apabila mata gergaji mulai tumpul, maka Anda harus mengganti mata gergaji hacksaw dengan yang baru. Harga gergaji hacksaw juga relatif mahal dibandingkan gergaji-gergaji yang lain.
Baca juga  Info Lengkap Harga Aqua Gelas 1 Dus di Indomaret dan Alfamart

Pengertian Bandsaw Machine

Umumnya, gergaji memang digunakan untuk memotong kayu yang tidak terlalu tebal atau sudah menjadi bentuk khusus. Lalu, bagaimana dengan kayu yang masih berupa gelondongan? Diperlukan mesin khusus yang sering dinamakan bandsaw atau band saw. Ini secara garis besar adalah gergaji listrik dengan bilah yang panjang dan tajam, yang terdiri dari pita logam bergigi yang membentang di antara dua roda atau lebih untuk memotong material.

Mesin ini digunakan terutama dalam pengerjaan pemotongan kayu dan logam, tetapi dapat juga memotong berbagai bahan. Keuntungan pemakaian ini mesin ini termasuk tindakan pemotongan yang seragam sebagai hasil dari beban gigi yang terdistribusi secara merata, dan kemampuan untuk memotong bentuk yang tidak beraturan atau melengkung seperti gergaji ukir.[1]

Mesin ini sendiri sudah ada sejak lama, sekitar tahun 1809 silam. Kala itu, William Newberry menerima paten Inggris untuk ide tersebut. Sayangnya, bandsaw miliknya tidak praktis, terutama karena ketidakmampuan untuk menghasilkan pisau yang akurat dan tahan lama menggunakan teknologi saat itu. Hampir 40 tahun kemudian, Anne Paulin Creplin menemukan pengelasan yang lebih praktis dan efisien, memungkinkannya untuk menghasilkan pisau bandsaw modern.[2]

Baca juga  Harga Kabel Fiber Optik per Meter di Pasaran

Saat ini, tidak sulit menemukan mesin bandsaw yang bisa dipakai untuk membelah kayu gelondongan. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan teknik, bahkan situs online. Dibandingkan gergaji pada umumnya, mesin ini memang punya harga lebih mahal. Berikut kisaran harga mesin belah kayu gelondongan di pasaran dalam negeri.

Mesin Belah Kayu Gelondongan - www.bukalapak.com

Mesin Belah Kayu Gelondongan - www.bukalapak.com

Harga Mesin Belah Kayu Gelondongan

/Tipe MesinHarga
WoodMaxx SM26Rp13.715.000
KrisbowBandsaw Machine 8inRp19.739.720
Woodland Mills HM126Rp22.320.000
KrisbowBandsaw Machine 9inRp24.747.580
Rong Fu 8inRp36.353.000
Oscar MJ 345Rp37.050.000
Makita LB 1200 FRp40.514.000
Tong Yang Size 42Rp45.000.000
Melzer BS-912BRp45.356.000
Sawmill ARF90Rp47.500.000 ā€“ Rp51.300.000
Ciamix SPT 250Rp55.000.000
Krisbow Vertical Metal BandsawMachice 400mmRp58.095.000
Sawmill ARF70PRORp62.000.000 ā€“ Rp67.500.000
Metabo Bas 505 G DNB 3 PhaseRp75.600.000
KrisbowBandsaw Machine 10inRp79.834.040
Standard BS-300 12 inRp95.000.000
Ciamix SPT 330 Horizontal BandsawRp115.000.000
Amada H-650HDRp190.000.000
Ciamix SPT 300 AT Bandsaw MachineRp375.000.000
Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Pianika untuk Anak Sekolah (Semua Merk)

Selain merk-merk di atas, banyak juga toko yang menawarkan mesin belah kayu gelondong rakitan, dengan harga yang lebih terjangkau, berkisar Rp11 jutaan hingga Rp25 jutaan per unit, tergantung tipe dan kapasitas. Sementara, untuk bekas, ditawarkan dengan harga mulai Rp9 jutaan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang ke toko perkakas teknik terdekat atau menelusuri berbagai situs beli online.

[1] Todd, Robert H, Dell K. Allen & Leo Alting. 1994. Manufacturing Processes Reference Guide. Connecticut: Industrial Press Inc., hlm. 14.

[2] Johnson, Roland. 2012. Complete Illustrated Guide to Bandsaws. Connecticut: The Taunton Press, hlm. 6.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin Belah Kayu Gelondongan (Baru, Second, Rakitan)"