Info Lengkap Keunggulan dan Harga Margarin Forvita di Pasaran

Margarin dapat dibuat dengan berbagai macam sesuai dengan fungsi penggunaannya dalam pangan. Ada margarin meja (table margarine), margarin untuk roti dan kue, margarin khusus untuk puff pastry, dan margarin untuk industri. Salah satu margarin yang telah dikenal luas oleh masyarakat yakni Forvita. Margarin yang satu ini digadang-gadang dapat digunakan untuk pendamping ASI (MPASI) dan dijual dengan relatif terjangkau.

Ilustrasi: Mengoleskan Margarin ke Roti (credit: Healthline)

Ilustrasi: Mengoleskan Margarin ke Roti (credit: Healthline)

Margarin adalah produk pangan berbentuk emulsi air dalam lemak, baik semi padat maupun cair. Dari segi penampakan, karakter dan komposisi margarin menyerupai mentega. Fasa lemak merupakan campuran minyak nabati atau lemak hewani dan lemak, sedangkan fasa cair adalah susu skim atau air atau campuran keduanya. Pada margarin juga terdapat bahan tambahan lainnya untuk menyempurnakan rasa antara lain garam, aroma, dan emulsifier.

Awalnya, margarin dibuat dari lemak hewani, tetapi karena terbatasnya persediaan lemak hewani, kini margarin dibuat dari minyak nabati. Margarin dapat dibuat dari minyak nabati dengan metode pencampuran hidrogenasi maupun interesterifikasi. Bahkan saat ini telah dikembangkan margarin oles yang rendah kalori karena mengandung lemak hanya sekitar 60%. Margarin tersebut pada dasarnya mengandung air lebih tinggi dan mengandung lemak lebih rendah daripada margarin pada umumnya.[1]

Baca juga  Update Jadwal Pertunjukan & Harga Tiket Masuk di Planetarium Jakarta

Salah satu produk margarin rendah lemak yang kini diperjualbelikan di pasaran yakni Forvita. Produk ini diproduksi oleh  PT. Bina Karya Prima (BKP) yang berlokasi di Jl. Raya Bekasi KM. 27 Pejuang Medan Satria, Bekasi. BKP sendiri merupakan perusahaan yang berdiri sejak 1981 dengan produk minyak goreng Frais Well, Forvita, dan Tropical. Setelah sukses dengan minyak gorengnya, BKP akhirnya mengembangkan produk margarin yakni Forvita, Majesty, dan Monita.

Keunggulan Forvita sebagai produk margarin yakni dikenal bebas lemak trans. Lemak trans merupakan lemak yang berbahaya bagi kesehatan. Lemak trans dapat menaikkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang biasa dikenal dengan istilah kolesterol jahat. Tingginya kadar LDL dapat memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung. Mengacu pada kandungan margarin Forvita, produk ini dinilai lebih aman dikonsumsi dibandingkan margarin lainnya.

Keunggulan Margarin Forvita

Ilustrasi: Margarin Forvita Semua Kemasan (credit: Forvita Margarine)

Ilustrasi: Margarin Forvita Semua Kemasan (credit: Forvita Margarine)

  • Terdapat 70 kalori dalam 1 porsi (9 g) dan bebas dari lemak trans.
  • Mengandung vitamin A untuk mengoptimalkan fungsi mata.
  • Tekstur lembut sehingga cocok untuk dioles pada roti, memasak, dan memanggang
  • Telah memperoleh Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan halal
  • Tersedia dalam kemasan yang menarik, yakni 200 gram, 250 gram, 2 kg, dan 15 kg
Baca juga  Update Harga Stapler Ukuran Besar Merk Joyko (Semua Tipe)

Heart Foundation sudah meminta para produsen produk margarin di Australia untuk mengurangi lemak trans serendah mungkin, sejak beberapa tahun lalu. Kini, kadar lemak trans dalam semua produk margarin di Australia tergolong paling rendah di dunia, yaitu rata-rata hanya 0,2 persen. Bandingkan dengan mentega yang kandungan lemak transnya 4 persen. Dengan begitu, hadirnya margarin Forvita tanpa lemak trans menjadi pilihan yang lebih sehat.

Sebagian orang menilai semua produk margarin tidak cocok digunakan untuk memasak atau memanggang kue. Meskipun aroma margarin mungkin tidak seenak mentega, tetapi daya emulsinya dapat menghasilkan kue dengan tekstur yang bagus. Soal rasa pun tak jauh berbeda dengan penggunaan mentega pada makanan. Berikut ulasan harga margarin Forvita di pasaran.

Ilustrasi: Membuat Kue dengan Margarin Forvita (credit: Facebook/Forvita Margarine)

Ilustrasi: Membuat Kue dengan Margarin Forvita (credit: Facebook/Forvita Margarine)

Harga Margarin Forvita Berbagai Kemasan

Margarin ForvitaHarga (Rp)
Margarin Forvita 200 gr4.300
Margarin Forvita curah 500 gr8.500
Margarin Forvita kemasan kotak 250 gr9.400
Margarin Forvita repack 1 kg19.500
Margarin Forvita kemasan 2 kg45.000
Margarin Forvita 1 Karton (15 kg)180.000 – 277.000
Baca juga  Update Harga Timbangan Digital Kecil di Pasaran

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga margarin Forvita tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli margarin Forvita di toko grosir maupun terdekat seperti Indomaret dan dengan harga bersaing. Anda dapat memeriksa ketersediaan produk dan membandingkan harga terbaik dari sejumlah situs online.

[1] Soraya, Noni. Mengenal Produk Pangan dari Minyak Sawit (Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2013), hlm. 43

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Keunggulan dan Harga Margarin Forvita di Pasaran"