Update Harga Limbah Plastik per Kg di Pengepul dan Bank Sampah

Kontribusi sampah plastik terhadap total produksi sampah nasional mencapai 15% dengan pertumbuhan rata-rata mencapai 14,7% per tahun, menempatkan sampah plastik sebagai kontributor terbesar kedua setelah sampah organik di Indonesia.[1] Salah satu alternatif untuk menangani limbah plastik adalah dengan mendaur ulangnya. Nah, Anda dapat menjual limbah plastik untuk didaur ulang ke pengepul atau bank sampah dengan harga sesuai jenis sampah yang bersangkutan.

Limbah plastik (sumber: downtoearth.org.in)
Limbah plastik (sumber: downtoearth.org.in)

Tips Mendaur Ulang Limbah Plastik

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang limbah plastik, seperti menjadikannya sebagai kantong kresek, media menanam, hingga barang kerajinan. Sebelumnya, Anda harus memisahkan terlebih dahulu limbah plastik yang Anda dapatkan, baik dari sampah rumah tangga atau pengepul. Sortir limbah plastik sesuai dengan bentuk, ukuran, dan warna. Ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui apa saja benda yang bisa Anda hasilkan dari daur ulang.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, siapkan wadah khusus berukuran besar seperti ember atau baskom untuk mencuci limbah plastik. Sebenarnya, akan lebih mudah jika Anda memilih satu jenis limbah plastik untuk didaur ulang, seperti botol atau gelas plastik. Akan lebih sederhana lagi jika Anda memilih kantong kresek yang sudah rusak atau tidak terpakai. Proses sterilisasi limbah plastik harus dilakukan sehari semalam dengan merendam limbah plastik ke dalam air .

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Khusus untuk limbah dengan ukuran besar dan padat, seperti ember, sebaiknya Anda menggunakan sabun cuci piring. Sementara itu, untuk sendok, piring, gelas, botol, kantong, dan jas hujan plastik, Anda bisa menggunakan deterjen supaya proses pencucian lebih cepat. Angkat semua limbah plastik dan bilas dengan air hingga bersih.

Sebagai tips supaya tidak bau dan bakteri hilang dengan sempurna, cuci limbah plastik sebanyak 2-3 kali, apalagi jika itu adalah botol bekas bumbu dapur dan produk kecantikan kulit yang berbahan kimia. Itu juga adalah cara untuk menetralkan sekaligus mengurangi kandungan kimia yang menempel pada limbah plastik.

Jemur limbah plastik secara langsung di bawah sinar matahari hingga kering di ruang tertutup. Hindari proses penjemuran di ruang terbuka, karena debu dan bakteri bisa menempel di limbah plastik yang sudah bersih. Sebagai saran, sebaiknya Anda juga menyemprotkan cairan disinfektan sebelum menjemurnya.

Pilihan Daur Ulang Limbah Plastik

Semua limbah plastik yang dijemur dapat disimpan atau langsung didaur ulang menjadi berbagai macam benda yang bisa digunakan kembali. Untuk pembuatan media tanam, Anda bisa menggunakan , jas hujan, botol, dan ember bekas. Caranya cukup mudah, karena Anda hanya perlu menggunakannya sebagai pengganti pot.

Khusus untuk jas hujan, Anda harus menjahit atau mengikatnya terlebih dahulu hingga bentuknya menyerupai polybag atau plant bag. Isi bagian dalam jas hujan dengan tanah dan pupuk, lalu taburkan biji tanaman yang akan ditanam. Selain dapat mengurangi limbah plastik, ini juga terbilang unik.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Limbah plastik (sumber: beritasatu)
Limbah plastik (sumber: beritasatu)

Untuk membuat kerajinan seperti lampu kamar, lampu meja, lampion, hiasan dinding, dan bunga untuk pajangan di ruang tamu, Anda bisa mendaur ulang gelas, sendok, dan piring plastik. Rangkai semua bahan menggunakan lem dan isi bagian tengahnya dengan lampu untuk membuat lampu kamar, meja, dan lampion. Sementara untuk hiasan dinding dan bunga pajangan, Anda tidak memerlukan lampu.

Nah, apabila Anda tertarik membuat barang-barang tersebut, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan limbah plastik selain dari sampah rumah tangga, karena sudah banyak yang menjualnya. Anda bisa membelinya secara langsung di pengepul atau bank sampah. Berikut informasi terbaru harga limbah plastik per kg.

Harga Limbah Plastik di Tingkat Pengepul

Jenis Limbah Plastik Harga
Kantong Plastik Rp500 – Rp1.500 per kg
Ember Plastik Rp1.000 – Rp2.500 per kg
Sampah Plastik dan Buku Campur Rp1.500 per kg
Botol Plastik Rp2.000 – Rp3.000 per kg
Gelas Plastik Rp3.500 – Rp6.000

Daftar harga limbah plastik di tingkat pengepul tersebut sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya sebenarnya tidak jauh berbeda. Harga gelas plastik misalnya, masih tetap mulai Rp3.500 per kg, sedangkan harga botol plastik tetap berada di kisaran Rp2.000 sampai Rp3.000 per kg.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Daur ulang plastik (sumber: mesinpencacahplastik.id)
Daur ulang plastik (sumber: mesinpencacahplastik.id)

Harga Limbah Plastik di Bank Sampah

Jenis Limbah Plastik Harga
Daur Ulang Rp50 per kg
Sandal dan Sepatu Rp85 per kg
Owol Rp100 per kg
Bagor Kecil Rp100 per kg
Bagor Rusak Rp100 per kg
Plastik Putih Sablon Rp250 per kg
Kresek Rp200 per kg
Helm Rp200 per kg
Jas Hujan Rp350 per kg
Plastik Putih Rp600 per kg
Ember Hitam Rp850 per kg
Ember Warna Rp1.000 per kg
Arsip Rp1.200 per kg
Aqua Gelas Kotor Rp1.500 per kg
Aqua Gelas Bersih Rp2.000 per kg
Ember Putih Rp2.500 per kg

Daftar harga limbah plastik di atas kami rangkum dari resmi Bank Sampah Kabupaten Bantul. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya sejauh ini masih belum berubah. Namun, perlu Anda catat bahwa harga di masing-masing bank sampah bisa saja berbeda. Di Bank Sampah Malang misalnya, sampah kresek dihargai mulai Rp250 per kg.

[Update: Panca]

[1] Wahyudi, Jatmiko, Hermain Teguh Prayitno, Arieyanti Dwi Astuti. 2018. Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Bahan Baku Pembuatan Alternatif. Jurnal Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pati, Vol. XIV(1): 58-67.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *