Update Harga Lampu Neon LED Model Panjang

Apakah Anda sudah familiar dengan lampu TL? Lalu, bagaimana dengan lampu neon? Meski punya istilah yang berbeda, namun keduanya adalah jenis yang sama, yakni sebuah lampu yang umumnya berbentuk tabung memanjang dan diklaim lebih hemat dibandingkan model lampu pijar. Saat ini, bahkan sudah beredar lampu neon yang memakai teknologi LED dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Lampu neon LED (sumber: lazada)
Lampu neon LED (sumber: lazada)

Pengertian dan Kelebihan Lampu Neon

Disalin dari Wikipedia, lampu neon atau lampu TL adalah salah satu varian dari lampu pendar. Lampu pendar sendiri adalah salah satu jenis lampu lucutan yang menggunakan daya listrik untuk mengeksitasi raksa. Uap raksa yang tereksitasi itu menghasilkan gelombang cahaya ultraungu yang pada gilirannya menyebabkan lapisan fosfor berpendar dan menghasilkan cahaya kasatmata. Lampu pendar dikatakan mampu menghasilkan cahaya secara lebih efisien daripada lampu pijar.

Bacaan Lainnya

Kembali lagi ke lampu TL atau lampu neon, lampu ini tersusun dari mulia seperti argon atau neon, dan juga sedikit air raksa. Pada bagian dalam tabung tersebut, juga diberi lapisan putih yang terbentuk dari bahan kimia, umumnya kalsium. Pada kedua ujung tabung, terdapat filamen yang jika dipanaskan akan memancarkan elektron. Elektron ini mengalir lewat tabung ke ujung satunya. Selama melewati tabung, elektron akan bertumbukan dengan atom air raksa yang sudah menguap karena panas. Nah, tumbukan ini akan menghasilkan energi yang kemudian diserap oleh atom air raksa.

Energi tersebut kemudian dipancarkan kembali dalam bentuk ultraviolet. Lapisan putih pada tabung kemudian menyerap energi ultraviolet ini dan memancarkan secara sebagian, yang mengakibatkan lampu berpendar. Inilah yang kita lihat sebagai cahaya lampu. Lampu ini dikatakan lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu pijar karena panas yang diperlukan untuk memanaskan filamen agar memancarkan elektron tidak terlalu besar. Selain itu, proses berpendarnya lampu juga tidak memerlukan energi panas.

Jika dibandingkan dengan lampu bohlam, lampu neon ini diklaim mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang. Selain itu, juga dikatakan lebih tahan lama, pemakaian listrik yang lebih hemat, serta punya bentuk tabung yang dapat divariasikan menjadi tulisan atau gambar.  Namun, lampu ini umumnya punya harga yang cukup mahal daripada lampu bohlam serta instalasi yang lebih rumit.

Selain digunakan untuk penerangan di dalam rumah, taman, maupun jalanan, lampu neon juga kerap dimanfaatkan untuk proses pertumbuhan tanaman. Menurut sebuah studi,[1] penggunaan lampu neon berwarna putih menunjukkan pertumbuhan dan hasil panen tanaman kalian yang lebih baik daripada lampu neon berwarna kuning, biru, atau merah. Riset yang lain menyebutkan,[2] perlakuan lampu neon 2 x 40 Watt memberikan hasil yang cukup baik pada proses pertumbuhan tanaman Pak Choi.

Selain model besar, tersedia juga lampu neon kompak atau istilah dalam Bahasa Inggrisnya disebut Compact Fluorescent Lights (CFL). Lampu neon kompak memiliki ciri yang hampir sama dengan lampu pijar, mulai bentuk, ukuran, serta pancaran cahayanya. Namun, berbeda dengan lampu pijar yang memanfaatkan energi panas, lampu neon kompak membutuhkan tenaga untuk menyalakannya. Selain itu, lampu jenis ini bisa bertahan hingga tujuh kali lebih lama dari lampu pijar.

Banyak yang menyebutkan bahwa lampu neon kompak adalah versi kecil dari lampu neon. Lampu ini dapat digunakan sebagai sumber cahaya untuk keperluan tangga seperti dapur, ruang makan, atau taman. Sayangnya, lampu neon kompak mengandung sedikit merkuri. Sehingga, penggunaannya diimbau agar tetap dibatasi.

Neon LED Panjang (credit: Alibaba)

Kelebihan Lampu Neon LED

Seiring kemajuan teknologi, sekarang berkembang jenis lampu LED atau Light Emitted Diode. Ini bisa dikatakan sebagai produk diode pancaran cahaya yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED ini memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih baik dibandingkan lampu pijar dan juga tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon.

Tidak seperti lampu pijar dan lampu neon, lampu LED akan menghasilkan terang sepenuhnya tanpa perlu waktu pemanasan atau warm-up. Lampu LED ini diklaim hanya butuh energi sebesar 10 persen dari energi yang dibutuhkan lampu pijar. Sementara itu, usia pakai lampu neon juga berkurang jika pengguna sering menyalakan dan mematikan lampu ini. Meski biaya awal lampu LED umumnya lebih mahal, namun pasar lampu LED ini diperkirakan akan meningkat hingga 12 kali lipat dalam kurun waktu satu dekade ke depan, dari 2 miliar dolar AS di awal tahun 2014 menjadi sebesar 25 miliar dolar AS pada tahun 2023.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, LED mulai dilirik untuk keperluan penerangan, terutama untuk -rumah di kawasan terpencil yang menggunakan listrik dari energi terbarukan (surya, angin, hydropower, dan lain-lain). Alasannya sederhana, konsumsi listrik LED yang kecil sesuai dengan kemampuan sistem pembangkit energi terbarukan yang juga kecil. Riset-riset mutakhir menunjukkan hasil menggembirakan. Kini, LED diklaim mampu menghasilkan cahaya besar dengan konsumsi energi listrik (tetap) kecil.[3]

Jenis lampu LED juga dikatakan memiliki efektivitas paling baik dibandingkan jenis lampu fluorescent dan lampu pijar, karena memiliki tingkat pembuangan energi yang paling kecil dengan efisiensi rata-rata 32 persen dan menghasilkan Intensitas pencahayaan yang besar dengan rata-rata 30 lux.[4] Lampu dengan bentuk spiral memiliki rata-rata intensitas pencahayaan lebih besar dibandingkan dengan bentuk lain karena dirancang saling memantulkan pendaran gas.

Walau bentuk spiral dikatakan lebih efektif, namun tidak ada salahnya jika Anda menjatuhkan pilihan ke lampu LED model neon atau panjang. Pasalnya, jenis ini juga punya cahaya yang terang dan hemat energi dibandingkan lampu neon biasa. Selain itu, harga lampu neon LED pun relatif ramah di kantong. Jika penasaran, berikut kisaran harga lampu neon panjang LED di pasaran dalam negeri pada 2021 dan 2022.

Instalasi: Lampu Neon LED (credit: led-wereld)

Harga Lampu Neon Panjang LED

/Ukuran Lampu Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Lampu Neon LED USB 32 cm 5 W Rp20.000 Rp21.000
Lampu Neon LED T8 60 cm 8 W Rp20.500 Rp21.000
Lampu Neon LED USB 37 cm Rp25.480 Rp25.490
Philips Lampu Neon LED Ecofit 8 W Rp40.500 Rp45.500
Philips Lampu Neon LED T8 18 W Rp45.000 Rp48.500
Lampu Neon LED T8 120cm 18 W Rp55.000 Rp56.900
Philips Lampu Neon LED 16 W Rp85.000 Rp85.000
Nerolight Top Bright T8 Tube Warmwhite Neon LED 10 W Rp144.000 Rp144.000
Toshiba LED T8 Neon 18 W Rp150.000 Rp150.000
Nerolight Top Bright T8 Tube Coolwhite Neon LED 18 W Rp228.000 Rp228.000
Nerolight Top Bright T8 Tube Warmwhite Neon LED 18 W Rp228.000 Rp228.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga lampu neon panjang LED tahun 2021 terpaut lebih murah, meski ada juga beberapa produk yang harganya stabil maupun mengalami kenaikan. Tahun 2020, harga lampu neon panjang LED berkisar dari Rp21 ribu sampai Rp228 ribu. Kemudian, tahun 2022 rupanya harga lampu neon panjang LED mengalami kenaikan seperti yang tertera pada tabel di atas.

Harga lampu neon LED model panjang dalam berbagai merek di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan elektronik dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga lampu neon LED tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko perkakas elektronik terdekat di sekitar Anda.

[Update: Dian]

[1]Alhadi, Dea Gusti Dini, dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Beberapa Warna Lampu Neon terhadap Pertumbuhan Tanaman Kailan (Brassica oleraceae) pada Sistem Hidroponik Indoor. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Vol. 5(1): 13-24.

[2]Setiasih, Ning Hartati, dkk. 2016. Pengaruh Daya Lampu Neon terhadap Pertumbuhan Tanaman Pak Choi (Brassica rapa L.) pada Sistem Hidroponik Indoor. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Vol. 5(2): 93-100.

[3]Faridha, Moethia dan M. Dahlan Yusuf Saputra. 2016. Analisa Pemakaian Daya Lampu LED pada Tipe 36. Jurnal Teknologi Elektro Universitas Mercu Buana, Vol. 7(3): 193-198.

[4]Agam, Bima Brilliando, dkk. 2015. Pengaruh Jenis dan Bentuk Lampu terhadap Intensitas Pencahayaan dan Energi Buangan Melalui Perhitungan Nilai Efikasi Luminus. Jurnal Pendidikan Fisika UNEJ, Vol. 3(4): 384-389.

Pos terkait