Info Terbaru Lampu Bohlam LED Berbagai Merek, Tipe, dan Daya

LED (Light Emitting Diode) yang semula kerap digunakan sebagai indikator pada perangkat elektronik kini terus dikembangkan sebagai penerangan, hingga muncullah lampu LED sebagai opsi penerangan terbaru yang diklaim lebih , lebih tahan lama, dan tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan lampu-lampu konvensional yang menggunakan teknologi lama.

Keunggulan yang paling mencolok dari lampu LED ini adalah usia pemakaiannya yang tergolong sangat panjang, bahkan beberapa brand seperti Philips mengklaim bohlam LED produksinya mampu bertahan hingga 15 tahun. Selain Philip, terdapat pula beberapa lampu LED yang beredar di pasaran, seperti Centralite, Cmos, Eagle, Megamen, Osram, dan Panasonic.

Lampu Bohlam LED - (Sumber: tokopedia.com)

Lampu Bohlam LED - (Sumber: tokopedia.com)

Jika dibandingkan dengan jenis lampu biasa, lampu LED dianggap jauh lebih awet. Jika lampu pijar rata-rata hanya bisa bertahan 1000 jam pemakaian, lain hal nya dengan lampu LED yang bisa bertahan 50.000 jam atau jika digunakan 10 jam per hari, berarti dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya. Secara otomatis daya tahan lampu LED juga akan berpengaruh terhadap kantong konsumennya. Coba bayangkan jika Anda menggunakan lampu biasa yang setiap tahun harus diganti, tetapi dengan menggunakan lampu LED maka tidak perlu melakukannya lagi.

Apabila dilihat dari besar dayanya, lampu LED mungkin memang dinilai cukup mahal. lampu bohlam LED ini juga akan semakin mahal jika jumlah watt yang tertera semakin besar. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena kemampuan penerangan lampu bohlam LED dirasa cukup bisa diandalkan. Dalam satu buah bohlam LED berdaya 7 watt bisa memiliki sorotan cahaya yang setara dengan daya 60 watt.

Apabila Anda tertarik untuk mulai menggunakan lampu bohlam LED, berikut adalah daftar harganya:

Merek dan Daya Harga
Centralite Lamp LED 3 Watt 16.000
Centralite Lamp LED 5 Watt 24.000
Centralite Lamp LED 8 Watt 28.500
Centralite Lamp LED 10 Watt 33.000
Centralite LED Ceiling Lamp 12 Watt 180.000
Centralite LED Ceiling Lamp 24 Watt 330.000
Centralite Lamp LED 13 Watt 50.500
Philips Lampu LED 3 Watt 24.900
Philips Lampu LED 4 Watt 29.900
Philips Lampu LED 6 Watt 35.000
Philips Lampu LED Cool Day 7 Watt 44.900
Philips Lampu LED 9 Watt 46.000
Philips Lampu LED 10.5 Watt 74.900
Philips Lampu LED 13 Watt 94.900
Philips Vision LED 4 Watt 165.000
Philips Vision LED 5 Watt 209.000
Gunilamp Smart Luminare Calalilly with Battery 1.500.000
Gunilamp Smart Luminare Lantern Bulb 7 Watt 450.000
Gunilamp Smart Luminare Freedom No Battery 990.000
Gunilamp Smart Luminare Balloon Light 9 Watt 600.000
Gunilamp Smart Luminare Calalilly No Battery 1.200.000
Gunilamp Smart Luminare Freedom with Battery 1.250.000
Panasonic Light Capsule Echo 14 Watt 53.000
Megamen LED Bohlam 3 Watt 165.000
Megamen LED Bohlam 11 Watt 285.000
Osram LED Bohlam A25 5,4 Watt 110.000
Osram LED Bohlam A25 7,5 Watt 135.000
Eagle Bulb LED Ball E14 3 Watt 128.000
Eagle Bulb LED Ball E27 3 Watt 155.000
Hinoki Lampu Bohlam LED 6 pcs 9 Watt 65.000

Sebenarnya lampu LED adalah lampu indikator yang umumnya terletak di sebuah perangkat elektronik seperti di komputer misalnya, di mana lampu indikator ini akan hidup ataupun berkedip ketika ada tegangan maju. Hingga saat ini teknologi LED terus dikembangkan dan muncullah istilah lampu LED. Selain dianggap memiliki daya tahan yang panjang, penggunaan lampu LED juga menghadirkan keuntungan lain, diantaranya:

Hemat energi

Lampu LED Osram - (Sumber: youtube.com)

Lampu LED Osram - (Sumber: youtube.com)

Salah satu keuntungan dari menggunakan lampu LED adalah dari segi konsumsi energinya yang cenderung lebih rendah sehingga mampu menghemat energi. Hal ini dapat mengurangi biaya tagihan listrik yang bisa saja membengkak. Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk beralih menggunakan lampu berjenis LED. Sebab, lampu jenis ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil, dengan Watt yang cenderung rendah, pastinya akan membuat tagihan listrik menjadi lebih terjangkau tiap bulannya. Oleh karena itu banyak yang menyebut jika dengan memakai lampu LED disebut-sebut dapat menghemat pemakaian energi listrik lingga 90 persen.

Ramah Lingkungan

Lampu LED tidak menghasilkan sinar UV sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia. Selain itu lampu ini juga hemat energi listrik sehingga menghemat pemakaian sumber daya alam untuk menghasilkan lebih banyak listrik.

Selain bebas sinar UV, lampu LED tidak mengandung mercury. Adanya zat mercury tersebut dianggap dapat merusak lapisan ozon dan mengganggu kesehatan manusia. Jika Anda menggunakan lampu hemat energi biasa dan pecah, maka kandungan mercury di dalamnya dapat terhirup oleh manusia. Racun mercury tersebut dapat mengganggu pernapasan serta kesehatan. Nah, hal tersebut tidak akan terjadi jika kita menggunakan lampu LED.

Baca juga  Update Tarif Berlangganan Orange TV (Semua Paket)

Cahaya yang Tidak Panas

lain dari penggunaan lampu jenis ini adalah cahaya yang dihasilkan tidak panas. Itu artinya lampu LED tidak akan membuat ruangan rumah anda menjadi lebih panas lagi. Tentu ini sangat berbeda dengan lampu pijar neon biasa, yang cahayanya relatif panas.

Namun apabila dibuat perbandingan harga antara lampu LED dengan jenis lampu lainnya maka bisa dilihat jika lampu LED memiliki harga yang lebih mahal. Sebenarnya lampu LED sudah lama ditemukan tetapi baru-baru ini saja bisa diproduksi massal dengan harga yang lebih murah tanpa mengurangi manfaatnya.

Perkembangan zaman yang semakin maju mungkin bisa menjadi pintu untuk membuat harga dari lampu jenis ini semakin akrab dengan kantong masyarakat. Walau pun harga lampu LED terbilang lebih mahal dibanding harga lampu biasa, tetapi jika dihitung secara keuntungan jangka panjang, lampu LED akan memberi lebih banyak keuntungan untuk penggunanya.

 

Baca juga  Daftar Harga Speaker Peavey 18 Inch di Pasaran
loading...

Leave a reply "Info Terbaru Lampu Bohlam LED Berbagai Merek, Tipe, dan Daya"