Update Harga Keratin Hair Treatment di Salon dan Efek Sampingnya

Setiap orang, baik wanita maupun, pria tentu menginginkan rambut yang sehat, tebal, dan berkilau. Namun banyak yang tak menyadari ada hal-hal yang sering dilakukan justru membuat rambut rusak. Ada ritual tertentu yang dilakukan tanpa mempertimbangkan efeknya terhadap kesehatan rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut ini, Anda dapat menjalankan keratin hair treatment di salon terdekat dengan harga bervariasi.

Ilustrasi: rambut sehat terawat (sumber: stylist.co.uk)
Ilustrasi: rambut sehat terawat (sumber: stylist.co.uk)

Rambut berguna untuk melindungi kepala dari yang luar biasa atau panas yang menyengat. Rambut terbuat dari keratin, sejenis protein yang sama seperti pada kuku. Komposisi kimiawi rambut terdiri dari 50% karbon, 20% oksigen, 20% nitrogen, 5% sulfur, dan 5% hidrogen.[1]

Bacaan Lainnya

Penting untuk Anda ketahui bahwa rambut terdiri dari sel-sel mati seperti halnya dengan kuku. Hal ini berarti bahwa rambut tidak dapat memproduksi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan, tetapi menyerapnya dari zat eksternal seperti minyak alami dari kepala atau nutrisi yang didapatkan dari alam dan produk kecantikan. Teksturnya yang penuh pori-pori tak hanya dengan mudah dapat menyerap zat eksternal atau nutrisi dari produk kecantikan, tetapi juga menyerap hal negatif seperti polusi, sinar UV, zat kimia, dan garam.

Tentunya tidak ada orang yang terlahir dengan rambut rusak. Jika Anda terlahir dengan rambut lurus dan halus yang alami, bisa dipastikan pola hidup dan kebiasaan Anda yang membuat rambut menjadi kering dan kusam. Rambut yang ‘stres’ besar kemungkinannya akan lebih rapuh dan mudah tumbang dibandingkan rambut yang dirawat dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan rambut, Anda bisa keramas karena shampoo yang beredar di pasaran diformulasikan untuk mampu membersihkan kulit kepala hingga batang rambut. Selain itu, tips rambut sehat yang tak kalah penting lainnya adalah batasi dengan ketat penggunaan air hangat saat keramas. Sebab, air hangat dapat menghilangkan kelembapan alami rambut Anda. Disarankan untuk keramas dua hari sekali agar rambut terhindar dari kekeringan atau kebalikannya, menjadi lebih berminyak.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan perlindungan ekstra bagi rambut saat Anda sering berpanas-panasan di luar. Meskipun produk rambut bisa juga memiliki manfaat untuk melindungi rambut dari faktor cuaca dan polusi, terkadang kotoran dan polutan bisa dengan mudah dicegah dengan memakai pelindung kepala, seperti topi atau scarf.

Saat ini, juga telah banyak hadir sejumlah perawatan atau hair treatment untuk menjaga kesehatan rambut atau mengatasi kerusakan pada rambut. Nah, salah satu perawatan yang bisa dilakukan di salon adalah keratin rambut atau keratin hair treatment.

Keratin ini dianggap berperan dalam menjaga rambut Anda agar tetap sehat dan berkilau. Pertambahan usia dan gaya hidup, dapat mengakibatkan produksi keratin dalam tubuh menurun. Akibatnya rambut menjadi kusam, rusak, dan sulit diatur. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang mencoba melakukan perawatan keratin rambut. Perawatan tersebut dapat membuat rambut Anda lebih halus dan mudah diatur.

Ilustrasi: Keratin Hair Treatment di Salon (sumber: verywellhealth.com)
Ilustrasi: Keratin Hair Treatment di Salon (sumber: verywellhealth.com)

Pengertian dan Fungsi Keratin Hair Treatment

Keratin adalah protein alami yang terdapat pada rambut. Tidak hanya di rambut, keratin juga terdapat di gigi dan kuku. Keratin inilah yang berperan untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Namun, seiring bertambahnya usia dan seringnya rambut Anda terpapar styling tools juga zat kimia, maka jumlah keratin pada rambut akan berkurang. Bahkan bisa hilang seutuhnya apabila rambut sudah pernah di-bleaching. Perawatan keratin rambut ini memiliki fungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak dan membuat rambut tampak lebih berkilau serta mudah untuk diatur.

Proses Keratin Hair Treatment di Salon

Perawatan keratin rambut dilakukan dengan mengaplikasikan cairan keratin mulai dari kulit kepala hingga batang rambut. Tentunya sebelum melakukan perawatan ini, rambut dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, biarkan cairan keratin meresap di rambut Anda sekitar 20 menit. Rambut kemudian dikeringkan dan dilakukan proses pelurusan rambut dengan menggunakan alat pemanas besi.

Perawatan ini memerlukan waktu sekitar 90 menit atau disesuaikan dengan seberapa panjang rambut Anda. Setelah selesai melakukan perawatan ini, Anda tidak diperbolehkan mencuci rambut selama tiga sampai empat hari. Sebab hal ini dapat mencegah keratin untuk menyerap dan bekerja optimal. Sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan ahlinya sebelum Anda mencoba melakukan perawatan ini.

Hampir semua jenis rambut bisa melakukan perawatan ini. Namun, jika Anda memiliki helaian rambut yang tipis dan halus, sebaiknya menghindari perawatan ini karena akan membuat rambut Anda terlihat lepek. Perawatan keratin rambut akan bertahan sekitar dua setengah bulan. Memang lebih singkat dibandingkan proses pelurusan rambut berbahan kimia lainnya, tetapi perawatan keratin rambut ini dianggap lebih aman untuk rambut Anda.

Biaya Keratin Hair Treatment

Nama Salon Biaya Keratin Hair Treatment
Shanata Hair Treatment Malang Pendek: Rp300.000 – Rp400.000
Sedang: Rp450.000 – Rp550.000
Panjang: Mulai Rp600.000
Fayola Salon Spa, Kebon Jeruk Rp405.000
RDM Beauty Salon, Tangerang

 

Pendek: Rp450.000
Panjang: Rp550.000
Aurel Hair & Beauty, Menteng Rp550.000
Salon Anata Bandung

 

 

 

 

 

Pendek: Rp550.000
Sedang: Rp600.000
Sebahu: Rp700.000
Panjang: Rp850.000
Ekstra panjang: Rp950.000
Double ekstra: Rp1.050.000
Double R Studio, Central Park Rp899.000

Informasi harga keratin hair treatment dirangkum dari berbagai sumber, termasuk sosial media salon bersangkutan. Hingga saat ini, tarif keratin hair treatment di salon Anata Bandung dan Double R Studio relatif stabil. Berbeda dengan biaya keratin hair treatment di Aurel Hair & Beauty, Menteng 488 yang naik dari Rp488 ribu menjadi Rp550 ribu. Tarif tersebut tidak terikat karena dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Tak hanya bisa dilakukan di salon, Anda juga bisa mendapatkan perawatan keratin rambut yang lebih praktis di rumah. Untuk keramas sehari-hari, Anda bisa menggunakan produk shampo atau kondisioner yang mengandung bahan keratin. Pada 2021, Keratin Complex Ellips Hair Vitamin Pro 50 Capsules dijual dengan harga Rp67 ribu dan  LaeSaLuay keratin hair treatment seharga Rp124 ribuan. Kemudian pada 2022 lalu, harga Keratin Complex Ellips Hair Vitamin Pro 50 Capsules naik menjadi Rp150 ribuan, sedangkan harga LaeSaLuay keratin hair treatment  turun menjadi Rp115 ribuan. Berikut informasi perbandingan harga produk keratin hair treatment antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Produk Keratin Hair Treatment

Ilustrasi: perawatan rambut di salon (sumber: firstcry)
Ilustrasi: perawatan rambut di salon (sumber: firstcry)
Varian Produk Keratin Hair Treatment Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Keratin Complex Ellips Hair Vitamin Pro 50 Capsules Rp71.850 Rp75.000
C Keratin Touch Hair mask treatment Rp100.000 Rp125.000
Tresemme Shampoo + Conditioner Rp150.000 Rp150.000
Paket Ilvasto keratin hair treatment Rp150.000 Rp160.000
The Mugens DL Keratin Treatment Rp165.000 Rp225.000
Lae Sa Luay keratin hair treatment 250 ml 4 pcs Rp115.990 Rp230.000
Grastesse Keratin hair mask Rp248.888 Rp250.000
Alfaparf Keratin Smoothing Rp362.000 Rp370.000

Informasi harga produk keratin hair treatment di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga produk keratin hair treatment di pasaran saat ini cenderung naik. Namun perlu diingat, di setiap tempat harga tersebut bisa berbeda-beda dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Efek Samping Keratin Hair Treatment

Ilustrasi: perawatan rambut keratin (sumber: fabfitfun.com)
Ilustrasi: perawatan rambut keratin (sumber: fabfitfun.com)

 

Dilansir dari laman HaloSehat, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan ahli kulit sebelum Anda melakukan perawatan ini, jika Anda memiliki psoriasis atau dermatitis seboroik. Anda mungkin pernah mendengar tentang formaldehid di produk keratin salon. Formaldehid telah dikaitkan dengan masalah kesehatan, terutama bagi orang-orang yang rutin bekerja dengannya. Perhatian kesehatan tentang formaldehida dalam produk keratin adalah tentang pekerja salon, bukan orang yang mendapatkan perawatan rambut keratin.

Berapa banyak formaldehid yang ada dalam produk ini? Tentu berbeda-beda, tergantung jenis produknya. Dilansir dari situs kesehatan WebMD, sebagian besar yang mengeluarkan produk perawatan keratin menggunakan tingkat yang aman. Namun, bagian yang menjadi masalah adalah jika salon mencampur produk tersebut dengan lebih banyak formaldehid.

Pada prosesnya, perawatan keratin rambut menggunakan flat iron yang dijelaskan sebelumnya kerap menimbulkan masalah baru pada rambut. Obat keratin yang digunakan diduga mengandung zat yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu timbulnya kanker, meskipun sampai saat ini belum ada penelitian dan bukti valid yang membuktikan hubungan kedua hal ini.

[: Ditta]

[1] Poeradisastra, R. 2004. Perawatan Wajah & Tubuh Pria. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 46.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *