Update Harga Karet Gelang Berbagai Varian (1Kg dan 1 Pack)

Meski bentuknya simpel, ternyata karet gelang punya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Karet ini biasa digunakan sebagai pengikat bungkus nasi atau . Tidak hanya itu, karet gelang juga sering dipakai untuk mengikat rambut hingga dapat dijadikan media bermain anak melalui permainan lompat tali. Hadir dalam berbagai varian warna, karet gelang 1kg dan 1 pack di pasaran dapat dikatakan sangat terjangkau.

Ilustrasi: Pohon Karet (credit: blog.ipleaders)
Ilustrasi: Pohon Karet (credit: blog.ipleaders)

Mengenal Karet

Sebelum membahas mengenai karet gelang, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit tentang karet, bahan dasar pembuatnya. Karet adalah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Sumber utama produksi karet dalam perdagangan internasional adalah para atau Hevea brasiliensis (suku Euphorbiaceae).

Bacaan Lainnya

Di tempat asalnya, yakni di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, karet dikatakan sudah dikenal sejak peradaban Mesoamerika. Ini terbukti dengan adanya permainan bola karet yang dibuat dari getah pohon Castilla Elastica. Memasuki awal abad ke-19, tepatnya pada tahun 1839, seorang berkebangsaan Amerika bernama Charles Goodyear berhasil menemukan proses vulkanisasi karet, yang merupakan pengembangan yang dilakukan dengan cara memanaskan karet dan menambahkan belerang untuk meningkatkan kekenyalan dan kelenturan karet.[1]

Nah, karet yang digunakan sebagai galeng atau kebutuhan lainnya tersebut dihasilkan dari getah pohon karet. Getah tersebut kemudian diolah menjadi karet yang berbentuk lembaran. Getah pohon karet dinamakan lateks, yang umumnya memiliki warna putih susu, dihasilkan oleh tanaman yang sudah berumur tujuh tahun ke atas.[2]

Sejak dekade 1980-an hingga sekarang, peningkatan konsumsi karet dunia diklaim telah melampaui jumlah produksinya, antara lain disebabkan meningkatnya pemakaian karet untuk kebutuhan sehari-hari bagi industri barang yang menggunakan bahan baku dari karet. Tidak hanya itu, permintaan karet alam terus tumbuh lantaran harga minyak mentah dunia yang kerap naik, sehingga membuat biaya produksi karet sintetis sebagai substitusi karet alam menjadi mahal.[3]

Di Indonesia sendiri, karet adalah salah satu terbesar setelah minyak kelapa sawit. Sebagai produsen karet terbesar kedua di dunia, jumlah suplai karet Indonesia penting untuk pasar global. Sejak tahun 1980-an, industri karet Indonesia telah mengalami produksi yang stabil. Kebanyakan hasil produksi karet negara ini kira-kira 80 persen, diproduksi oleh para petani kecil. Karena itu, perkebunan pemerintah dan swasta memiliki peran yang relatif kecil dalam industri karet domestik.

Manfaat Karet

Karet adalah bahan utama pembuatan ban, beberapa alat , serta alat-alat yang memerlukan kelenturan dan tahan goncangan. Di beberapa tempat, salah satunya perkebunan karet di , biji karet konon bisa dijadikan camilan dengan proses tertentu. Produk ini punya rasa yang diklaim gurih, tetapi bila berlebihan kadang membuat kepala pusing.

Karet gelang
Karet gelang

Manfaat lainnya adalah dibuat karet gelang (atau biasa juga disebut gelang karet). Ini adalah potongan karet berbentuk gelang yang dibuat untuk mengikat barang. Karet gelang terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai yang besar hingga yang kecil, dari yang hingga yang . Bahan baku karet gelang adalah karet alami, sehingga berwarna kuning. Sementara itu, untuk warna-warna lainnya, dihasilkan dengan menambahkan bahan pewarna. Produsen juga ada yang membuat karet gelang tahan minyak dan tahan segala cuaca.

Dilansir dari Wikipedia, prinsip pembuatan karet gelang sangat sederhana. Karet berbentuk silinder (tabung) panjang dipotong-potong menjadi karet gelang sesuai ukuran. Di beberapa negara, ukuran karet gelang diatur sesuai standar yang berlaku di negara tersebut. Panjang karet gelang biasanya setengah dari garis keliling. Sementara itu, tinggi karet gelang merupakan jarak dari garis dalam hingga garis luar, sedangkan lebar karet gelang adalah ketebalan karet gelang sewaktu dipotong-potong dari silinder karet yang panjang.

Manfaat Karet Gelang

Karet gelang banyak digunakan sebagai pengikat karena tidak mudah patah meskipun dilipat dan dibengkokkan. Bahan ini kerap digunakan untuk mengikat bungkusan nasi bungkus, gado-gado, atau makanan lain yang dibungkus dengan kertas atau daun pisang. Karet gelang juga bisa dipakai untuk mengikat atau menguncir rambut, diikatkan di ujung pensil yang berguna sebagai penghapus, serta penggerak pada baling-baling pesawat terbang model atau mainan mekanis lainnya.

Untuk mereka yang masih anak-anak, karet gelang juga dapat dipakai sebagai media permainan yang mengasyikkan. Karet gelang dapat dilontarkan dengan pistol-pistolan buatan sendiri dari kayu bekas yang ringan atau sumpit sekali pakai. Sementara untuk anak-anak perempuan, karet gelang dapat dirangkai menjadi tali karet dan digunakan untuk bermain loncat tali. Dua anak memegang kedua ujung tali dan meregangkan atau mengayunkan tali, sedangkan anak yang lain berusaha meloncatinya.

Dengan segala manfaatnya tersebut, tidak salah jika karet gelang menjadi salah satu barang yang paling diburu. Untung saja, saat ini bahan tersebut sudah dijual bebas, baik di pasar tradisional, toko kelontong, hingga situs jual beli online. Biasanya dijual satuan, per 1 kg, atau 1 pak, harga karet gelang pun sangat terjangkau. Jika tidak percaya, Anda bisa menyimak tabel berikut.

Harga Karet Gelang 1Kg dan 1 Pack

Karet gelang (sumber: liputan6)
Karet gelang (sumber: liputan6)
Varian Karet GelangHarga
Karet Gelang silikon warna warni 1 pcsRp100 – Rp350
Karet Gelang warna warni 1 pcsRp200
Karet Gelang besar 1 pcsRp500
Karet Gelang super jumbo 1 pcsRp999
Karet Gelang ikat rambut fashion 10 grRp2.500
Karet Gelang kecil 40 gr (kuning dan hijau)Rp3.500
Karet Gelang warna hitam polos 100 gramRp5.000
Karet Gelang warna kuning cap Sakura 100 gramRp6.930
Karet Gelang warna kuning ASM 100 gramRp8.495
Karet Gelang warna merah tebal dan kilap 10 grRp8.000
Karet Gelang kecil warna warni 500 pcsRp10.500
Karet Gelang warna hitam ikat kepala 1 lusinRp12.000
Karet Gelang tebal 5 mm isi 100 grRp15.000 – Rp20.000
Karet Gelang warna hijau 2 onsRp22.000
Karet Gelang warna kuning Peony 500 grRp28.000
Karet Gelang besar warna hijau 5 onsRp32.500
Karet Gelang warna kuning Liberty lingkar besar 500 grRp23.000
Karet Gelang Duck Two Premium 500 grRp35.000
Karet Gelang warna hijau merk Surya Makmur 500 grRp32.000
Karet Gelang warna merah cap Sakura 500 grRp35.000
Karet Gelang warna kuning Tiga Sembilan biasa 500 grRp55.000
Karet Gelang warna hijau super besar 1 kgRp80.000
Karet Gelang tebal 5 mm 1 kgRp135.000

Harga karet gelang 1kg dan 1 pack di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020, harganya tahun 2021 dan 2022 ada yang naik dan ada yang turun. Karet gelang warna kuning Liberty lingkar besar 500 gr misalnya, awalnya dijual Rp54 ribu kemudian turun drastis menjadi Rp26 ribuan pada 2021, dan sekarang turun lagi jadi Rp23 ribu. Sementara itu, harga karet gelang warna kuning ASM 100 gram yang semula ditawarkan Rp5.000, naik menjadi Rp8.000, dan tahun 2022 sedikit naik jadi Rp8.495.

[Update: Dian]

[1] Soetopo, Gelar. 2007. Kuark – Crossbow (Alat Panah Canggih): Komik Sains Kuark Tahun 4 Edisi 04. Jakarta: PT Kuark Internasional, hlm. 40.

[2] Ningsih, Nina Khumia. 2006. Buku Aktivitas Siswa: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) VI A  Jakarta: PT Kompas Ilmu, hlm. 84.

[3] Iskandar. 2018. Analisis Produksi Tanaman Karet di Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 2(1): 85-95.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *