Harga Kapur Dolomit Semua Kemasan (250 gr, 500 gr, per Kg, per Karung)

Tanah yang tidak subur memang menjadi permasalahan yang sering dikeluhkan para atau mereka yang ingin bercocok tanam. Nah, jika kebetulan Anda memiliki masalah yan sama, mungkin bisa mencoba menggunakan kapur dolomit. Produk ini sendiri sudah tersedia dalam beragam dan merk, serta dijual dengan mulai ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Sebelum membahas mengenai kapur dolomit, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai kesuburan tanah. Tanah yang subur, menurut Sutedjo (2002), adalah tanah yang mempunyai profil yang dalam (kedalaman yang sangat dalam melebihi 150 cm), strukturnya gembur, tingkat pH 6,0 hingga 6,5; kandungan unsur haranya yang tersedia bagi tanaman adalah cukup, dan tidak terdapat faktor pembatas dalam tanah untuk pertumbuhan tanaman.

Kapur Dolomit - www.bukalapak.com

Kapur Dolomit - www.bukalapak.com

Kesuburan tanah sendiri adalah kemampuan suatu tanah untuk menghasilkan produk tanaman yang diinginkan pada lingkungan tempat tanah itu berada. Produk tanaman tersebut dapat berupa buah, biji, daun, bunga, umbi, getah, eksudat, akar, trubus, batang, biomassa, naungan, atau penampilan. Tanah memiliki kesuburan yang berbeda-beda, tergantung faktor pembentuk tanah (bahan induk, relief, organisme. dan waktu) yang mendominasi di lokasi tersebut. Tanah merupakan fokus utama dalam pembahasan kesuburan tanah, sedangkan tanaman merupakan indikator utama mutu kesuburan tanah (Yuwono, 2007).

Ciri Tanah Subur

  • Salah satu ciri tanah subur ditandai dengan adanya lapisan humus, ketebalan lapisan humus dalam tanah menandakan tingkat kesuburan tanah tersebut. Dalam lapisan humus, kaya akan bahan organik dan unsur hara. Unsur hara sangat diperlukan oleh tanaman sebagai bahan baku proses fotosintesis. Lapisan humus yang berongga memungkinkan untuk menyerap dengan baik, sehingga kebutuhan tanaman akan bisa tercukupi. Humus ini biasanya berwarna hitam kecoklatan dan memiliki tekstur yang gembur.
  • pH tanah normal atau netral pada kisaran 6 hingga 8, dan ideal pada kisaran 6,5 hingga 7,5 . Jika pH tanah normal atau bahkan ideal, maka akan sangat membantu tanaman dalam menyerap ion-ion unsur hara dan mikroorganisme akan terjaga dengan baik. Karena, ph yang netral menjamin kelangsungan dan perkembangan mikroorganisme tanah dengan baik.
  • Tekstur lempung adalah salah satu ciri lainnya tanah terbilang subur, karena tekstur tanah lempung bisa untuk mengikat berbagai mineral yang dibutuhkan agar tidak mudah hanyut atau terkikis terbawa air. Meski demikian, kadar lempung harusnya normal dan biasanya terletak pada lapisan yang ada di tengah, Selain itu, kandungan pasir juga harus mencukupi, yang berfungsi untuk menangkap air dan dapat diserap oleh tanah dengan baik.
  • Biota tanah, selain bisa menyuburkan tanah, juga berfungsi sebagai indikator atau parameter yang menunjukkan bahwa tanah tersebut subur. Biota tanah tersebut bisa hidup dalam kadar pH tanah yang tidak ekstrem. Tanah yang dihuni oleh biota tanah juga menunjukkan bahwa di dalam tanah tersebut tersedia berbagai bahan organik yang dibutuhkan biota tanah termasuk, mikroorganisme dan mikroflora untuk menunjang kehidupannya. Ketika biota tanah tersebut ditemukan dalam tanah, maka bisa dikatakan tanah tersebut termasuk tanah yang subur. 
  • Ketika kita menemukan banyak jenis tanaman yang tumbuh di suatu tempat, maka bisa dikatakan bahwa tanah itu subur. Pasalnya, banyaknya jenis tanaman di suatu tempat menandakan bahwa tanahnya subur. Semakin banyak dan beragam tanaman yang tumbuh, maka semakin baik kesuburan tanah tersebut.

dan Kapur Dolomit

Apabila tanah yang Anda miliki tidak begitu subur, terutama karena terlalu asam, salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah memberikan kapur dolomit. Ini adalah mineral yang mengandung unsur hara kalsium oksida (CaO) dan juga magnesium oksida (MgO) dengan kadar yang cukup tinggi sehingga dapat menetralkan pH tanah. Jika tanah kekurangan hara kalsium dan magnesium, maka otomatis tanaman menjadi kurang maksimal dalam berproduksi.

Pemberian kapur dolomit untuk tanaman diklaim dapat sangat membantu produktivitas tanaman tersebut, dan inilah yang diharapkan oleh semua petani. Sayangnya, terkadang banyak di antara para petani yang tidak tahu apa fungsi dari kapur dolomit ini. Banyak di antara mereka yang hanya mengetahui kalau kapur dolomit ini untuk menetralkan pH tanah saja, padahal masih banyak lagi kegunaan dari kapur dolomit ini.

Selain dapat membantu menetralkan pH, kapur dolomit juga dikatakan bisa memberikan nutrisi yang berharga bagi tanaman, menetralkan kejenuhan zat-zat yang berlebihan dan bisa meracuni tanah dan tanaman, meningkatkan efektivitas dan efisiensi tanah terhadap zat-zat hara di dalamnya, menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah, merangsang pembentukan zat lemak dan karbohidrat, hingga membantu unsur pembentuk warna daun menjadi lebih baik.

Tidak sulit menemukan kapur dolomit, karena Anda bisa membeli bahan ini di berbagai pertanian maupun situs jual beli online. Harga kapur dolomit sendiri bervariasi, mulai ribuan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung merk dan kemasan. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga kapur dolomit di .

Pemberian Kapur Dolomit di Ladang - kaumpetani.blogspot.com

Pemberian Kapur Dolomit di Ladang - kaumpetani.blogspot.com

Harga Kapur Dolomit

Merk dan Kemasan Kapur DolomitHarga
Kapur Dolomit Ecer 500 grRp1.000
Kapur Dolomit Pupuk Alam Repack 1 kgRp2.500
Kapur Dolomit Eceran 1 kgRp3.900
Kapur Dolomit Petrokimia Gresik 250 grRp11.000
Kapur Dolomit Trubus Mitra Swadaya 2 kgRp14.000
Kapur Dolomit Super 2 kgRp15.000
Kapur Dolomit 8 Daun 15 kgRp35.000
Dolomit Cair Mikro & Makro 500 mlRp47.500
Kapur Dolomit Petrokimia Gresik 5 kgRp65.000
Kapur Dolomit Super 50 kgRp195.500
Kapur Dolomit Petrokimia Gresik 50 kgRp200.000
Kapur Dolomit Premium 100 50 kgRp250.000

Harga kapur dolomit di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan pertanian dan situs jual beli online. Harga kapur dolomit tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko pertanian terdekat di daerah Anda.

Referensi:

Sutedjo, M. M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta: Rineka Cipta. 

Yuwono, D. 2007. Kompos. Jakarta: Penebar Swadaya.

Baca juga  Update Harga Bola Plastik Kecil Warna-Warni untuk Kolam Mandi Bola
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kapur Dolomit Semua Kemasan (250 gr, 500 gr, per Kg, per Karung)"