Info Harga Jamur Merang Segar & Kalengan

Jamur merang termasuk jenis jamur yang aman dikonsumsi. Jamur yang tak kalah populer dari jamur tiram dan kancing ini biasanya sering diolah jadi aneka masakan yang menggugah selera. Selain harga banderolnya murah, jamur merang mudah didapatkan di mana saja, baik di pasar maupun supermarket. Jamur merang umumnya dijual dalam wujud segar atau bahkan dikemas dalam kaleng. Anda bisa membeli jamur merang di pasaran sesuai dengan kebutuhan.

Jamur merang (sumber: adobestock)
Jamur merang (sumber: adobestock)

Tentang Jamur Merang

Jamur merang (Volvariellavolvacea, sinonim: Volvariavolvacea, Agaricusvolvaceus, Amanita virgata atau Vaginatavirgata) adalah spesies jamur pangan yang biasa tumbuh di Asia Timur dan Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis.

Bacaan Lainnya

Jamur merang (Volvariellavolvaceae) memiliki volva atau tudung buah berwarna cokelat muda. Jamur yang memiliki volva biasanya tergolong ke dalam jamur beracun, tetapi pengecualian pada jamur merang. Jenis jamur ini sangat aman untuk dikonsumsi. Berdasarkan stadium pertumbuhannya, jamur merang mengalami enam tahap pertumbuhan, yakni jarum pentul (pinhead), kancing kecil (tiny button), kancing (button), telur (egg), pemanjangan (elongation), dan dewasa (mature).[1]

Jamur merang dapat tumbuh pada suhu 28-33°C dengan kelembapan 87-90%. Kemampuan hidup jamur merang di lokasi yang bersuhu relatif hangat menyebabkan jamur merang tergolong jamur hangat (warm mushroom). Berdasarkan tahap pertumbuhannya, jamur merang membutuhkan suhu 30-33°C pada masa pembentukan miselium. Sementara itu, jamur merang memerlukan suhu 28-30°C pada masa pembentukan buah.[2]

Jamur merang biasanya diolah menjadi masakan seperti tumis, sup, pepes, dan aneka campuran lainnya. Jamur merang ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga kaya manfaat yang baik bagi kesehatan.[3]

Manfaat Jamur Merang

  • Jamur merang mengandung yang berguna untuk mencegah anemia, kanker, hepatitis kronis, dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Jamur merang dapat berperan sebagai antioksidan alami karena adanya kandungan polifenol. Antioksidan mampu menetralisasi radikal bebas yang dapat merusak sel.
  • Jamur merang mengandung senyawa volvatoksin dan flamutoksin. Senyawa ini dapat memacu kerja jantung (cardiac tonic) sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan fungsi jantung.
  • Jamur merang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kandungan polifenol mudah diserap oleh usus dan diekskresikan kembali melalui urine. Selain itu, senyawa polifenol bermanfaat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.
  • Jamur merang dapat mengubah selulosa menjadi polisakarida sehingga bermanfaat untuk menghindari risiko serangan stroke.
  • Jamur merang dapat menjadi makanan alternatif pengganti daging bagi vegetarian.[4]

Kandungan Nutrisi Jamur Merang

Jamur merang (sumber: aradbranding.com)
Jamur merang (sumber: aradbranding.com)

Jamur merang memiliki Kandungan nutrisi yang terdiri dari 90% air, protein 25,9%, serat,vitamin, lemak 5,7%, karbohidrat 56,8%, asam amino, asam lemak tak jenuh, mineral, dan memiliki kalori yang rendah.Kandungan nutrisi yang terdapat didalam jamur merang yang banyak sehingga jamur merang (Volvariellavolvaceae) merupakan komoditas yang bagus untuk dikembangkan karena permintaan jamur merang yang semakin tinggi dikalangan bawah, menengah, maupun atas dalam masyarakat.[5]

Harga Jamur Merang

Varian & Kuantitas Jamur MerangHarga (Rp)
Jamur merang segar 100 gram (1 ons)7.200 – 8.500
Jamur merang segar 250 gram13.500 – 23.750
Jamur merang kaleng Red Boat Brand 425 gr17.000
Jamur merang kaleng Herring Straw 425gr18.000
Jamur merang kaleng TTS 425 gr18.000
Jamur merang kaleng Cantine Straw 425 gr19.000
Jamur merang segar 1/2 kg (500 gr)27.853
Jamur merang segar 1 kg48.000 – 54.495

Informasi harga jamur merang segar dan kalengan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa harga jamur merang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga jamur merang yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[1]Saputra, W. 2014. Budi Daya Jamur Merang: Dua Kali Panen Setiap Hari. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 10.

[2]Ibid., hlm 11.

[3]Ibid., hlm 12.

[4]Ibid., hlm 13.

[5]Asyarita, S & Ani L. 2021. Uji Produktivitas Jamur Merang (Volvariellavolvaceae) Bibit F4 Asal Cilamaya Dengan Berbagai Konsentrasi Media Tanam Substitusi Tongkol Jagung. Agrotekma. 5(2): 122-131.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *