Info Cara Pakai & Harga Interlac Sachet

Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) bisa dialami oleh dewasa maupun anak-anak. Kekurangan serat menjadi salah satu alasan mengapa permasalahan pencernaan ini bisa menyerang. Bagi anak-anak, salah satu obat atau suplemen yang telah banyak digunakan untuk mengatasi persoalan konstipasi adalah Interlac. Interlac hadir dalam sediaan tablet kunyah, oral drop, dan sachet (berisi serbuk probiotik) dengan harga yang relatif terjangkau di apotik.

Interlac sachet (sumber: shopee)
Interlac sachet (sumber: shopee)

Interlac menjadi salah satu obat yang banyak direkomendasikan untuk mengatasi sembelit pada anak-anak atau obat anti-diare. Suplemen produksi Interbat satu ini mengandung bakteri lactobacillus reuteriprotectis, minyak bunga matahari, medium chain triglyceride oil, dan anti caking agent (silicon dioxide).

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, penyakit diare adalah salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian anak di negara-negara berkembang. Sekitar 100 juta kasus terjadi setiap tahun pada balita dengan sekitar 5 juta kematian setiap tahunnya. Penyakit diare merupakan penyakit endemis potensial Kejadian Luar Biasa (KLB) yang sering disertai dengan kematian di Indonesia.

Diare merupakan suatu kondisi di mana individu mengalami buang air dengan frekuensi sebanyak 3 atau lebih per hari dengan konsistensi tinja dalam bentuk cair. Ini biasanya merupakan gejala infeksi saluran pencernaan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai bakteri, virus dan parasit. Infeksi menyebar melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi. Selain itu, dapat terjadi dari orang ke orang sebagai akibat buruknya kebersihan diri (personal hygiene) dan lingkungan (sanitasi).[1]

Nah, Interlac diklaim dapat memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan ketika mengalami kondisi diare, konstipasi dan penggunaan antibiotika jangka panjang khususnya pada bayi. Kandunganprobiotik atau bakteri baik yaitu Lactobacillus reuteriProtectisdalam Interlac bekerja dengancara melawan pertumbuhan bakteri jahat supaya sistem pencernaan selalu sehat. Dikombinasikan dengan minyak biji bunga matahari sebagai sumber omega-6 yaitu asam lemak tak jenuh yang bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan.

Indikasi Interlac

  • Mengatasi gangguan pencernaan bayi prematur.
  • Mengurangi angka kematian akibat kerusakan lapisan usus (kejadian NEC) pada bayi prematur.
  • Menurunkan angka kejadian feeding intolerance pada bayi prematur.
  • Mengurangi kolik pada bayi.
  • Mempercepat penyembuhan diare pada bayi, anak-anak, maupun dewasa.
  • Mengatasi konstipasi pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa.
  • Meningkatkan sistem imun pada bayi prematur, bayi, anak-anak, hingga dewasa.
  • Mengurangi efek samping pemberian antibiotik pada anak-anak dan dewasa.

Dosis Interlac

Interlac (sumber: naturesmarket.id)
  • Usia> 2 tahun: 2-3 sachetInterlac per hari.
  • Usia< 2 tahun: sesuai anjuran dokter.

Cara Minum Interlac

Interlac dapat diberikan langsung atau dicampur dengan makanan bayi, aduk hingga rata. Selain itu, Interlac juga bisa dicampurkan dengan susu atau air. Segera berikan setelah kemasan Interlac sachet dibuka.

Peringatan & Perhatian Penggunaan Interlac

  • Jangan digunakan melebihi aturan pakai yang dianjurkan.
  • Produk Interlac tidak boleh digunakan sebagai pengganti diet bervariasi.
  • Simpan Interlac di bawah suhu 25 derajat Celsius.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Simpan Interlac dalam ruangan yang terlindung dari cahaya matahari.
  • Interlac harus langsung dikonsumsi setelah kemasan dibuka.
  • Penggunaan pada anak dibawah umur 2 tahun, sebaiknya ikuti anjuran dari dokter.

Harga Interlac

Interlac kemasan sachet isi 1 gram biasanya dijual di apotik dengan harga sekitar Rp14 ribuan per sachet.Sedangkan harga Interlac Sachet 1 box isi 30 sachet dijual kisaran Rp299 ribu sampai Rp365 ribu per dus.Harga Interlac Sachet dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Interlac Sachet yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda

Konsumsi suplemen Interlac sachet umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan diklaim tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun demikian, apabila mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal, ruam pada kulit, pembengkakan (pada bibir, wajah, atau mata), atau sesak napas, sebaiknya hentikan pemakaian produk dan segera periksakan ke dokter.

[1]Widodo, S dkk. 2020. Evaluasi Penggunaan Obat Pada Penderita Diare Akut Pasien Pediatri Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Advent Bandar Lampung Periode Juli – Desember 2019. Jurnal Farmasi Lampung. 9(1): 56-68.

Pos terkait