Harga Honda Civic Wonder 2 Pintu (1984, 1985, 1986, 1987)

Jika Anda merupakan salah satu penikmat -mobil lama, pasti sudah tidak asing lagi dengan Civic Wonder. Kendaraan ini merupakan generasi ketiga dari keluarga Civic yang pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 1984 silam. Meski sudah tidak lagi diproduksi, namun model bekas Civic Wonder masih banyak diburu konsumen Tanah Air, karena harganya yang relatif bersaing, termasuk varian dengan 2 pintu.

Secara umum, Honda Civic Wonder yang beredar di pasaran global terbagi menjadi dua , yaitu sedan dan hatchback. Di Indonesia sendiri, kendaraan tersebut dipasarkan hingga tahun 1987 sebelum akhirnya posisinya digantikan oleh Honda Grand Civic. Honda Civic Wonder sedan lebih laris di pasar dengan menawarkan interior dan bagasi yang luas. Sementara, varian hatchback, meski dulunya kurang populer, tetapi kini menjadi incaran kolektor karena memiliki kontur bodi yang unik, selain  karena kendaraannya sendiri sudah langka.

Honda Civic Wonder 2 Pintu - www.olx.co.id

Honda Civic Wonder 2 Pintu - www.olx.co.id

Spesifikasi Honda Civic Wonder 2 Pintu

Secara tampilan, Honda Civic Wonder bisa dikatakan mengusung desain eksterior yang terdepan di era itu. Mobil ini memang hadir dengan style kotak, yang sesuai dengan aliran gaya pada masa itu, namun sedikit lebih modern dibandingkan para kompetitor. Karena desain ini, Honda Civic Wonder termasuk nominasi yang memiliki harga bertahan dan paling tinggi dari generasi tahun 1980-an.

Fascia depan Honda Civic Wonder mengusung headlamp berbentuk trapesium yang diakhiri dengan sudut meruncing. Sementara, di bagian bawah tepat di area bumper, terdapat sepasang lampu sein yang sangat berguna ketika lampu sein yang terletak di sebelah headlamp tidak berfungsi dengan baik.  Di bagian bawah tengah bumper depan juga diisi lubang asupan udara, yang bertujuan sebagai bendungan udara menuju radiator agar proses pendinginan berjalan maksimal.

Selain bagian eksterior, sektor interior Honda Civic Wonder juga bisa dikatakan yang terbaik di era tahun 1980-an. Pendinginan kabin dapat bekerja secara maksimal berkat posisi kisi-kisi AC yang diletakkan pada bagian atas dashboard. Sementara, di depan kisi-kisi tersebut, terdapat dua bagian peletakan barang atau sering disebut dengan burger-tray. Namun, jika Anda meletakkan terlalu banyak barang di tempat ini, otomatis akan mengganggu sirkulasi AC karena kisi-kisi menjadi terhalang.

Masih di bagian dashboard, tepatnya di bagian kiri di depan kursi penumpang, telah dilengkapi dengan sebuah laci yang berfungsi untuk menyimpan surat-surat penting selama perjalanan. Dengan tempat ini, surat-surat rahasia atau dompet Anda dapat disimpan dengn aman. Secara keseluruhan, desain dashboard mobil ini sendiri terlihat klasik namun menarik. Anda bisa melihat bagian instrumen klaster bagian pengemudi plus roda setir 3 spoke yang benar-benar berbeda dengan model roda kemudi mobil zaman sekarang.

Seperti diutarakan sebelumnya, Civic Wonder kala itu hadir dalam dua varian, salah satunya model hatchback. Mengusung kode SB3 (varian sedan membawa kode SB4), kendaraan ini sering disebut sebagai Civic Wonder 2 pintu meski kenyataannya membawa tiga pintu (satu di bagian belakang). Seperti varian sedan, Civic Wonder hatchback 2 pintu juga kerap mengalami revisi (facelift) selama diproduksi mulai tahun 1984 hingga 1987.

  • Pada tahun 1984, eksterior Civic Wonder 2 pintu memiliki garnish warna hitam dengan lampu sein yang terletak di dekat fender.
  • Pada tahun 1985, eksterior Civic Wonder 2 pintu kini memiliki garnish warna merah dengan lampu sein yang masih berada di dekat fender.
  • Pada tahun 1986, bagian luar Civic Wonder 2 pintu kembali mengusung garnish berwarna hitam, namun dengan lampu sein dan headlamp yang dibuat menyatu.
  • Pada tahun 1987, lagi-lagi bagian eksterior Civic Wonder 2 pintu mengusung garnish berwarna merah, dengan desain lampu sein dan lampu utama yang menyatu seperti versi sebelumnya, selain ada penambahan power window.

Beralih ke bagian jantung pacu, perusahaan otomotif asal Negeri Sakura membekali Civic Wonder 2 pintu dengan mesin berkode D13, SOHC, empat silinder segaris, 16 katup, dengan kapasitas 1.300cc. Dengan modal tersebut, kendaraan ini di atas kertas mampu meletupkan tenaga maksimal 71 HP pada putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 105 Nm pada putaran 3.500 rpm. Selain itu, Civic Wonder 2 pintu juga diklaim mampu meraih top speed hingga 160 km per jam. Berikut spesifikasi teknis Honda Civic Wonder 2 pintu.

Honda Civic Wonder 2 Pintu - www.flickr.com

Honda Civic Wonder 2 Pintu - www.flickr.com

Kode dan Jenis KendaraanSB3 hatchback
Tipe MesinD13, 4 silinder segaris, 16 katup
Kapasitas Mesin1.300cc
Diameter x Langkah74 x 78 mm
Rasio Kompresi1:8,7
Daya Maksimum71 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum105 Nm @ 3.500 rpm
Kecepatan Maksimum160 km/jam
Suplai Karburator
Suspensi DepanMcPherson Strut
Suspensi BelakangTorsion Beam
BBM13 km/liter untuk dalam kota; 15-17 km/liter untuk luar kota

Harga Honda Civic Wonder 2 Pintu Bekas

Tahun ProduksiHarga Bekas (Rp)
198418.500.000 – 28.000.000
198518.000.000 – 20.000.000
198625.000.000 – 35.000.000
198725.000.000 – 31.000.000

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Wonder

Layaknya produk otomotif lainnya, Honda Civic Wonder juga memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan mobil ini salah satunya dalah memiliki mesin atau dapur pacu yang sangat tangguh, dengan akselerasi yang tergolong cepat di eranya. Kelebihan lainnya Honda Civic Wonder adalah menggunakan suspensi yang sangat empuk dan nyaman. Di samping itu, kendaraan ini juga memiliki AC yang sangat baik, desain atau tampilan bodi yang masih terlihat menarik, bodi mobil yang kokoh, dan kemudahan pengguna dalam memodifikasi mobil.

Sementara, kelemahan yang terdapat pada Honda Civic Wonder di antaranya pengereman yang kurang bagus, minim fitur elektrik, dan beberapa part interior yang kini sudah mulai langka. Di samping itu, kendaraan ini juga rentan terkena korosi dan karat, salah satunya karena Honda Civic Wonder termasuk kendaraan klasik.

Baca juga  Info Daftar Harga Berbagai Tipe Truk Hino 500
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Honda Civic Wonder 2 Pintu (1984, 1985, 1986, 1987)"