Harga Hamster Anggora (Anakan, Dewasa, Jantan, Betina) Terkini

Selain kucing dan anjing, hamster adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang terbilang populer di semua kalangan. Bentuk fisiknya yang imut dan lucu, menjadi alasan banyak orang membelinya. Ada banyak jenis hamster yang bisa Anda jumpai, salah satunya adalah hamster anggora atau peranakan hamster Syrian dengan harga yang sayangnya tergolong tidak murah.

Hamster anggora (sumber: pinterest)
Hamster anggora (sumber: pinterest)

Karakteristik dan Cara Hamster Anggora

Secara taksonomi, hamster adalah hewan pengerat yang berasal dari ordo Rodentia dan termasuk golongan hewan mamalia.[1] Meskipun sekilas bentuknya hampir sama dengan tikus, hewan ini bukan golongan dari tikus. Hamster memiliki banyak jenis dan yang terbilang cukup populer adalah jenis anggora.

Bacaan Lainnya

Hamster anggora merupakan salah satu jenis hamster peranakan dari hamster Syrian yang memiliki bulu lebat dan panjang. Jika dibandingkan dengan jenis hamster lainnya, hamster anggora memiliki bulu paling panjang dan mirip dengan kucing anggora. Ini adalah alasan mengapa hewan tersebut memiliki nama yang mirip dengan salah satu spesies kucing.

Bulu hewan pengerat ini juga tidak kasar dan terbilang halus serta lembut. Dengan bulunya yang panjang dan berpola membulat, mamalia mungil ini tampak seperti bola bulu atau pompom berukuran sedang saat meringkuk. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pencinta hewan lucu.

Hamster anggora bisa bertahan hidup mulai 2 hingga 4 . Meskipun begitu, ada juga yang bisa bertahan hingga lebih dari 4 tahun. Agar peliharaan Anda bisa bertahan lebih lama, pastikan untuk merawat mamalia ini dengan tepat. Cara merawat hewan pengerat yang kurang tepat dapat membuatnya stres dan terkena penyakit, sehingga kualitas hidupnya berkurang dan mudah mati.

Sebetulnya, cara merawat hewan pengerat ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu memeliharanya seperti ketika Anda memelihara hewan berbulu tebal lainnya. Anda harus rajin membersihkan kandang. Pastikan setiap hari Anda mengelap bagian bawah kandang untuk menghilangkan bakteri dan kotoran.

Selain itu, Anda harus rajin mengganti alas kandang berupa serbuk maksimal 3 hari sekali. Serbuk kayu yang dibiarkan terlalu lama berada di kandang, bisa menyebabkan penumpukan virus dan bakteri. Selain itu, serbuk kayu yang lembap akibat kotoran hamster, bisa menimbulkan penyakit pada hewan peliharaan dan aroma tidak sedap. Jika kandang terus dibiarkan seperti ini, hamster mudah stres.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan hamster. Anda bisa membersihkan bulu hamster dengan caramenyisirnya menggunakan sikat khusus. Ini akan membantu hewan tersebut terbebas dari bulu-bulu yang mati serta remah makanan yang menempel. Jauhkan hamster dari air dan jangan memandikannya. Hewan pengerat tersebut anti air, karena air bisa membuat bulunya menjadi sarang bakteri dan virus.

Selama memelihara hamster anggora, Anda harus selalu memperhatikan makanannya. Sama seperti hewan pengerat sejenis, hamster tersebut suka makan biji-bijian dan buah. Sesekali, Anda juga bisa memberinya sayur yang masih segar dan sudah dipotong-potong kecil. Makanan basah seperti ini memang penting bagi hamster, untuk menjaga asupan nutrisi dan mineralnya, namun Anda juga perlu mengimbanginya dengan pakan kering.

Kebanyakan orang lebih suka memberikan milet merah, milet putih, beras merah, ketan hitam, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah kupas, biji sawi, biji gandum, dan jewawut sebagai pakan kering. Tidak sulit menemukan pakan hamster seperti ini. Anda bisa mengunjungi toko hewan terdekat atau membelinya secara online.

Hamster anggora (sumber: agentpet.com)
Hamster anggora (sumber: agentpet.com)

Pakan harus diberikan secara rutin dan di jam yang sama, sehingga hamster tidak akan menunggu lama serta jam biologisnya tidak terganggu. Selain pakan, Anda juga perlu memperhatikan minum. Mamalia tersebut tidak memerlukan banyak minum. Anda hanya perlu memberikan minum jika Anda tidak memberikan pakan basah dan jangan lupa untuk mengganti minumannya setiap hari.

Harga Hamster Anggora

Jenis Hamster Anggora Harga per Ekor Sebelumnya Harga per Ekor Sekarang
Hamster Anggora Anakan Jantan/ Rp25.000 – Rp28.000 Rp20.000 – Rp26.000
Hamster Anggora Dewasa Jantan/Betina Rp50.000 – Rp60.000 Rp51.000 – Rp60.000

Harga hamster anggora di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online pada tahun 2021 dan 2022. Harga hamster tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, harga hamster anggora saat ini mengalami sedikit perubahan.

Tahun 2020 lalu, hamster anggora anakan jantan/betina dijual dengan harga Rp56 ribuan, turun menjadi Rp25 ribu hingga Rp28 ribu per ekor pada 2021, dan turun lagi jadi Rp20 ribu sampai Rp26 ribuan pada 2022. Sementara itu, hamster anggora dewasa jantan/betina yang awalnya dibanderol Rp80 ribu, turun menjadi Rp51 ribu hingga Rp60 ribu per ekor pada 2022.

[Update: Dian]

[1]Sadgala, Yulindra. 2010. Merawat Hamster: Si Imut yang Menggemaskan. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *