Harga Gypsum Elephant per Lembar (9mm dam 12mm)

Papan gypsum atau gypsum board saat ini memang menjadi favorit banyak orang untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai bahan pembuat tembok sekat, konstruksi plafon, hingga membuat sejumlah ornamen dan hiasan. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk gypsum yang dapat Anda pilih, salah satunya Elephant produksi Siam-Indo. Tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan, seperti 9 mm dan 12 mm, harga produk ini ternyata dapat dikatakan cukup terjangkau.

Instalasi gypsum pada langit-langit bangunan (sumber: archify)
Instalasi gypsum pada langit-langit bangunan (sumber: archify)

Apa Itu Gypsum Board?

Bagi Anda yang sering bergelut dengan material bangunan atau konstruksi, pasti sudah tidak asing lagi dengan gypsum board. Papan gypsum adalah satu produk panel atau papan komposit dan merupakan sedikit dari bahan bangunan yang diminati banyak orang karena punya tampilan yang dekoratif dalam menghiasi dan memperindah ruangan.[1] Gypsum board cocok untuk pemakaian di bawah atap dan tidak selalu berhubungan dengan kelembapan tinggi.[2]

Bacaan Lainnya

Saat ini, permintaan produk papan gypsum dengan berbagai bentuk seperti persegi, oval, cekung, dan cembung dengan desain beragam semakin meningkat, terutama untuk kebutuhan properti. Papan atau panel gypsum ini umumnya digunakan sebagai bahan bangunan dan aksesori interior seperti pelapis atau dinding dan plafon atau langit-langit pada bangunan rumah atau gedung.[3]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Ada beragam keunggulan yang bisa diperoleh ketika Anda mengaplikasikan gypsum untuk interior rumah. Pemasangan papan gypsum untuk dinding interior terbilang mudah, dengan proses pengerjaan yang relatif cepat. Anda cukup menyiapkan rangka dinding, lalu papan gypsum bisa langsung ditempel. Kelebihan lainnya adalah material ini jauh lebih dibandingkan dinding beton, serta perawatannya yang tergolong simpel.

Tidak sulit menemukan material ini, karena sudah ada banyak merk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, dan salah satu brand yang cukup populer adalah Elephant. Merupakan produk dari Siam-Indo, sebuah perusahaan yang telah punya pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang konstruksi dan bangunan, gypsum board Elephant terbagi menjadi beberapa jenis.

Tipe Gypsum Elephant

  • Gypsum Elephant Standard, dikatakan terbuat dar 100 persen batuan gypsum alami sehingga memiliki karakter terbaik papan gypsum seperti ketahanan terhadap , mereduksi panas, serta meredam suara.
  • Gypsum Elephant Premium, mengusung sag resistant technology, yakni teknologi anti lendut dan mold-inhibitor, anti terhadap jamur grade 1 ASTM G 21.
  • Gypsum Elephant E’Board, memiliki kualitas yang ideal digunakan untuk plafon dan dinding partisi hunian Anda.
  • Gypsum Elephant Fire Resistant, diformulasikan dengan inovasi sehingga disebutkan mampu meningkatkan performa ketahanan papan terhadap api.
  • Gypsum Elephant Moisture Resistant, telah dilengkapi dengan teknologi khusus sehingga memiliki performa anti lendut di area dengan kelembapan tinggi.
  • Gypsum Elephant Mold Resistant, diformulasikan dengan Mold Inhibitor sesuai ASTM G21 untuk mengurangi pertumbuhan jamur di papan gypsum.
  • Gypsum Elephant Echoblock, dikatakan mampu meningkatkan performa akustik pada ruangan dengan meredam gaung dan gema.
  • Gypsum Elephant Gyptile, didesain khusus untuk instalasi dengan sistem rangka T-bar sehingga disebut memudahkan dan mempercepat proses pemasangan.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Gypsum Elephant lembaran (sumber: tepcon.com)
Gypsum Elephant lembaran (sumber: tepcon.com)

Apabila Anda tertarik dengan keunggulan yang ditawarkan gypsum Elephant, tidak sulit menemukan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan terdekat di daerah Anda. Jika masih kesulitan, sudah banyak toko yang menjualnya lewat berbagai platform jual beli online. Lalu, berapa harga papan gypsum Elephant saat ini?

Harga Gypsum Elephant

Varian Gypsum Elephant Harga
Gypsum Elephant E’Board 9 mm Rp44.980 – Rp48.000 per lembar
Gypsum Elephant E’Board 12 mm Rp77.000 per lembar
Gypsum Elephant Standard 9 mm Rp60.000 per lembar
Gypsum Elephant Standard 12 mm Rp73.500 – Rp82.998 per lembar
Gypsum Elephant Premium 9 mm Rp60.000 per lembar
Gypsum Elephant Moisture Resistant 9 mm Rp89.500 per lembar

Informasi harga gypsum Elephant di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko material bangunan dan sejumlah platform jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga papan gypsum Elephant tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

[1] Noor, Gusti Syahrany. 2007. Pengaruh Variasi Berat Partikel terhadap Sifat Papan Gipsum. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 23(3): 266-272.

[2] Memed, R., A. Santoso, P. Sutigno. 1992. Sifat Papan Gipsum dari Kayu Sengon. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 10(4): 110-112.

[3] Purwanto, Djoko. 2013. Papan Gypsum dari Serbuk Kayu dan Senyawa Bor terhadap Sifat Mekanik dan Uji Bakar. Jurnal Riset Industri Hasil Hutan, Vol. 5(2): 1-8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *