Harga Speaker Fabulous 10 Inch Buatan ACR

No comment 35 views

Untuk kebutuhan audio di dalam ruangan, misalnya untuk CPU, speaker dengan ukuran 10 inch bisa menjadi alternatif yang menarik. Memiliki diameter yang tidak terlalu besar, speaker ini masih bisa mengeluarkan audio yang cukup oke. Di sendiri, sudah banyak yang merilis speaker 10 inch, salah satunya Fabulous Series buatan ACR, dengan harga berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Speaker, harga, jenis, subwoofer, ACR, Fabulous, series, ukuran, audio, diameter, tipe, model, frekuensi, suara, CPU, DVD, amplifier, nada

Speaker ACR Fabulous 10 inci (sumber: Bukalapak)

Sebelum membahas mengenai Fabulous Series buatan ACR, kita kulik sedikit mengenai speaker. Dilansir dari berbagai sumber, speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan perangkat atau analog berupa audio atau suara. Di samping itu, speaker juga bisa dikatakan sebagai alat bantu keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat seperti MP3 Player, DVD Player, dan lain sebagainya seperti CPU.

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penerjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker menangkap sinyal elektrik dan diubahnya kembali menjadi getaran untuk menggetarkan udara guna membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan getaran yang diterima oleh mikrofon, yang direkam dan dikodekan pada pita magnetik (tape), kepingan CD, LP, dan lain-lain.

Bagian-bagian yang ada di speaker antara lain casing yang berfungsi melindungi seluruh bagian speaker, kumparan yang berfungsi mengalirkan energi gerak menuju sekat rongga, sekat rongga yang berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan gerakan udara di sekitar dari pergerakan kumparan, magnet yang berfungsi melakukan induksi terhadap membran, dan membran yang berfungsi menerima proses induksi magnet yang kemudian menghasilkan bunyi.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Speaker Black Spider 18 Inch (Semua Tipe)

Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang terdapat di penguat audio/suara, kemudian dialirkan ke dalam kumparan. Dalam kumparan ini, terjadi pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik dan menimbulkan getaran pada membran. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.

Dalam sebuah speaker komputer, terdapat bagian-bagian yang berjalan sesuai fungsinya. Berikut adalah bagian-bagian tersebut beserta fungsinya.

  • Cronus (sekat rongga). Bagian ini berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang disebabkan oleh gerakan udara di sekitarnya dari pergerakan kumparan. Gelombang tekanan itulah yang sehari-hari Anda dengarkan sebagai suara.
  • Membran, yang memiliki fungsi untuk menerima proses induksi dari magnet yang kemudian menghasilkan bunyi yang diakibatkan oleh getarannya (induksi).
  • Magnet, berfungsi untuk melakukan induksi terhadap membran dan juga untuk menghasilkan sebuah medan magnet.
  • Kumparan, fungsinya adalah mengalirkan energi gerak menuju ke cronus atau sekat rongga. Perubahan yang terjadi dalam medan magnet speaker menyebabkan geraknya kumparan yang diakibatkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet.
  • Casing. ini berfungsi sebagai pelindung seluruh bagian dalam speaker. casing speaker cukup beragam, seperti berbahan kertas, plastik, logam, maupun bahan campuran yang disebut dengan composite.
Baca juga  Update Harga Cartridge Canon PIXMA iP2870 (Black dan Warna)

Jenis-jenis Speaker

Speaker sendiri dapat dibagi menjadi beberapa tipe. Berdasarkan frekuensi yang dihasilkan, perangkat ini dapat dibagi menjadi subwoofer dan woofer. Subwoofer adalah speaker yang memiliki kemampuan suara dari 20 hingga 200 Hz, yang memungkinkan kita mendengarkan suara atau nada yang rendah (full bass) dengan jelas. Sementara, woofer adalah speaker yang memiliki kemampuan menghasilkan suara cukup rendah, yakni berkisar 40 sampai 1.000 H, sehingga suara yang dihasilkan lebih nge-bass.

Speaker, harga, jenis, subwoofer, ACR, Fabulous, series, ukuran, audio, diameter, tipe, model, frekuensi, suara, CPU, DVD, amplifier, nada

Ilustrasi: beraneka jenis speaker (sumber: audiohigh.com)

Selain itu, dikenal pula speaker 3 way, yakni speaker yang memiliki tiga jenis frekuensi, yaitu rendah, menengah, dan tinggi. Speaker yang memiliki kemampuan frekuensi audio menengah dengan rata-rata 500 sampai 5.000 Hz disebut dengan midrange, speaker dengan frekuensi tinggi (5.000 sampai 20.000 Hz) disebut dengan tweeter, dan speaker dengan kemampuan frekuensi tiga arah disebut dengan full range.

Sementara, untuk kegunaan sound system entertainment, speaker pada umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu speaker aktif dan speaker pasif. Speaker aktif adalah speaker yang memiliki amplifier (penguat suara) di dalamnya dan memerlukan kabel listrik tambahan untuk menghidupkan amplifier yang terdapat di dalamnya. Untuk speaker pasif, adalah speaker yang tidak memiliki amplifier (penguat suara) di dalamnya, sehingga memerlukan amplifier tambahan untuk dapat menggerakkannya.

Spesifikasi Fabulous Series ACR

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merek speaker, salah satunya ACR. Tipe ACR 610 berukuran 6,5 inch dikatakan memiliki karakter suara woofer mendekati full range, dengan suara yang bening. Sementara, tipe ACR 1230 Black Series menjadi salah satu andalan ACR karena punya karakter audio mendekati full range sempurna, sehingga pengguna tidak memerlukan lagi tweeter.

Baca juga  Update Harga Speaker 18 Inch Murah

Nah, lalu bagaimana dengan Fabulous Series milik ACR? Untuk speaker berukuran 12 inch, model ini dikatakan memiliki suara berkarakter mid, sedangkan model berukuran 15 inch atau tipe 1515, punya suara berkarakter woofer, sesuai ukuran box. Spektrum frekuensi bass relatif datar di zona bass. Sementara, untuk ukuran 18 inch tipe tertentu, menjadi andalan ACR di nada subwoofer.

Selain tipe-tipe tersebut, ada juga Fabulous Series yang memiliki ukuran 10 inch. Produk dengan tipe 2560 ini dikatakan punya impedansi 8, maksimum 400 Watt, lebar daerah frekuensi 68 Hz, diameter cone efektif 216 mm, medan magnet 1,23 T, berat magnet 1,98 kg, diameter voice coil 60,55 mm, voice coil till.

Harga Speaker Fabulous 10 Inch

Tipe Speaker Fabulous 10 Inch Harga
ACR 10 Fabulous 2560M Rp500.000 – Rp1.500.000
ACR 10 Fabulous 6510M Rp1.114.000 – Rp1.340.000

Harga speaker Fabulous 10 inch buatan ACR di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan dan situs jual beli online. Harga speaker Fabulous 10 inch tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi tambahan, Anda harus teliti dalam membeli jika menginginkan speaker Fabulous 10 inch yang asli atau original.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Speaker Fabulous 10 Inch Buatan ACR"