Info Terbaru Harga Gulai dan Sate di Gultik Blok M

Blok M menjadi salah satu tempat kuliner di Jakarta yang populer di kalangan mahasiswa maupun pekerja kantoran. Pasalnya, di daerah tersebut, terdapat sejumlah kedai makanan yang lezat dan terkadang sedikit nyeleneh, termasuk Gultik (gulai tikungan). Harga seporsi gulai daging yang lezat di Gultik ini tergolong terjangkau.

Gulai Tikungan (credit Liandro N. I. Siringoringo)
Gulai Tikungan (credit Liandro N. I. Siringoringo)

Lokasi dan Menu Gultik Blok M

Lokasi Gultik Blok M berada di Bulungan, tepatnya di Jl. Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasi yang strategis dan berada di pinggir jalan membuat warung ini mudah ditemukan. Jika Anda masih bingung, Anda bisa menuju ke Mall Blok M Plaza dan Anda akan menjumpai warung Gultik di belakang pusat perbelanjaan tersebut. Letaknya berada di dekat pintu masuk parkir mobil dan motor Mall Blok M Plaza.

Bacaan Lainnya

Gulai Tikungan merupakan sebuah usaha ekonomi kreatif kuliner yang sudah ada sejak tahun 1980-an dengan porsi makanan yang tidak terlalu banyak. Porsi tersebut akan membuat para konsumen memesan lebih dari satu porsi. Ini juga salah satu trik agar makanan yang disajikan dapat laku keras.

Makanan yang disajikan warung Gultik adalah gulai dengan bahan dasar daging sapi pilah. Meskipun bahan bakunya terbilang cukup mewah, makanan ini dijual dengan harga cukup terjangkau. Tak heran jika Gultik bisa dinikmati semua orang, mulai dari kalangan mahasiswa hingga orang kantoran.

Gultik mulai beroperasi pada pukul 17.00 sore hingga jam 4 pagi. Warung ini biasanya akan lebih ramai menjelang malam. Pada pukul 5 sore, biasanya pengunjungnya datang dari kalangan pekerja, anak sekolah, dan rombongan keluarga. Sementara itu, saat menjelang pukul 22.00, biasanya yang datang adalah para pencinta kuliner malam atau orang-orang yang hobi nongkrong.

Menurut penelitian, setiap berwirausaha pasti tidak akan lepas dari kendala, termasuk Gultik ini. Apabila musim hujan tiba, kursi-kursi plastik di warung Gultik akan basah, membuat para pengunjung enggan untuk makan di kedai. Sebagai solusi, pedagang Gultik memasarkan dagangannya melalui jasa atau pesan antar makanan, meski kadang membuat mereka kerepotan melayani pembeli.[1]

Gulai Tikungan (credit: Pergikuliner)

Menurut review para pengunjung Gultik, membeli gulai lewat terkadang membuat kantong mereka jebol, karena ongkir yang mahal, sehingga jika musim hujan tiba, mau tak mau mereka akan menunggu hujan reda untuk membeli Gultik. Meskipun begitu, ada juga orang yang suka memesan makanan dari Gultik melalui ojek online karena praktis dan tidak perlu repot datang ke lokasi.

Untuk menjaga makanan yang dipesan para pembeli tetap hangat dan sedap lewat atau pesan antar, gulai dibungkus dengan plastik tebal dan styrofoam. Selain untuk menjaga rasa dan suhu makanan, kemasan seperti ini juga terbilang praktis. Karena, pengantar makanan tidak perlu takut makanan basah terkena hujan atau tumpah di tengah jalan.

Para konsumen juga mengatakan, harga Gultik yang murah tidak membuat gulai yang disediakan menjadi murahan. Ini karena rasa gulai sapi yang lezat dengan kuah yang kental dan legit. Sebagai topping, gulai sapi tersebut dilengkapi dengan sambal, emping, atau kerupuk udang yang krispi.

Kedai Gultik tidak hanya menyediakan seporsi gulai sapi. Anda bisa memesan topping tambahan berupa sate telur puyuh, sate usus, dan sate kulit ayam yang manis dan gurih. Sate tersebut biasanya disediakan oleh penjual di setiap meja makan. Anda hanya perlu memilih jenis sate kesukaan Anda.

Sebagai pelengkap, Anda bisa memesan minuman yang disediakan oleh penjual Gultik. Ada beberapa menu minuman favorit, di antaranya es teh, teh hangat, es jeruk, jeruk hangat, dan kopi. Untuk jenis kopinya sendiri, ada kopi hitam dan kopi susu dengan varian dingin atau panas.

Ilustrasi: Lokasi Gultik Blok M (credit: localguidesconnect)

Harga Gultik Blok M

Dikutip dari detikfood, tahun 2022, seporsi gultik dijual Rp10.000 untuk porsi nasi campur gulai, harganya lebih murah daripada nasi dan gulai terpisah, yakni Rp20.000. Sementara itu, untuk toppingnya seperti satai usus, satai telur puyuh dan sate kulit dibanderol mulai Rp5 ribuan per tusuk.

Harga Gultik Blok M ini tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Dilansir dari Tribuntravel.com tahun 2021, seporsi gulai sapi di Gultik Blok M dihargai mulai Rp10.000. Sebagai perbandingan, tahun 2020 gulai di Gultik Blok M dijual dengan harga Rp10.000 hingga Rp18.000 per porsi. Untuk tambahan sate usus, telur puyuh, dan kulit, harganya mulai Rp5 ribuan di tahun 2020 hingga 2021.

[Update: Almas]

[1] Fajarina, Dewi Endah. 2019. Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Wisata Kuliner Malam Gultik (Gulai Tikungan) Blok M Jakarta Selatan. Ekono Insentif, Vol. 13(1): 1-15.

Pos terkait