Update Tarif Bus Surabaya-Malang (Ekonomi dan Patas)

Anda sedang berlibur atau sekadar ingin singgah ke Kota Malang? Tenang saja, karena saat ini banyak armada bus yang siap mengantar Anda, apalagi jika Anda berdomisili atau sedang berada di Surabaya. Dari ibu kota Jawa Timur ke Malang, memang tidak hanya bisa ditempuh menggunakan kereta atau kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Anda pun bisa menumpang bus yang memiliki tarif murah dan sudah tersedia dalam kelas ekonomi atau patas.

Suasana di terminal Purabaya, Surabaya (sumber: jatimnow.com)
Suasana di terminal Purabaya, Surabaya (sumber: jatimnow.com)

Dalam kehidupan masyarakat modern, sarana transportasi yang memadai menjadi salah satu poin yang sangat penting. Transportasi sendiri adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat yang terpisah secara geografis.[1] Transportasi ini digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Perhitungan utama transportasi ini adalah bagaimana memindahkan orang ke ruang akhir tertentu dengan paling rendah yang dimungkinkan.[2] Untuk jarak dekat atau hanya di dalam kota, Anda mungkin bisa menggunakan becak, kota atau mikrolet, atau ojek online jika ingin menghemat biaya. Lalu, bagaimana apabila Anda ingin bepergian dengan jarak yang jauh antar-kota bahkan antar-provinsi?

Untuk menyingkat waktu, saat ini sebenarnya sudah ada maskapai penerbangan yang melayani sejumlah rute. Namun, harga tiket yang ditawarkan biasanya mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Nah, sebagai solusi yang lebih hemat, Anda dapat menggunakan layanan bus antar-kota, baik bepergian di dalam satu wilayah atau pulau atau ke pulau yang lain.

Pilihan Bus Surabaya-Malang

Bagi Anda yang ingin bepergian dari Surabaya ke Malang, sebenarnya bisa saja memakai sepeda motor. Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam hingga 3 jam perjalanan untuk tiba di Malang, tergantung kondisi lalu lintas. Sementara itu, apabila Anda memakai mobil, waktunya bisa lebih cepat, yakni 1,5 jam memanfaatkan jalan tol.

Namun, mengendarai kendaraan pribadi juga dapat membuat Anda lelah atau capek, apalagi untuk perjalanan antar-kota. Karena itu, sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan bus untuk bepergian dari Surabaya ke Malang. Waktu yang ditempuh relatif sama dengan kendaraan roda empat, tergantung kondisi dan kelihaian sopir bus yang bersangkutan.

Bus sendiri telah menjadi salah satu pilihan alat transportasi paling umum yang digunakan orang Surabaya ketika hendak bepergian ke Malang. Hal ini karena Anda tidak perlu menunggu lama. Setibanya di Terminal Bungurasih atau Purabaya, Anda bisa langsung menuju area jalur bus Surabaya-Malang. Di jalur tersebut, Anda pun bisa memilih armada bus kesukaan Anda. Anda juga bisa memilih jenis bus berdasarkan kelas dan fasilitas yang disediakan di dalam bus. Di terminal sendiri, bus setidaknya memiliki tiga kelas. Dalam tiap kelasnya, memiliki jenis armada dan fasilitas yang berbeda-beda.

Fasilitas di dalam bus (sumber: detik)

Jika Anda ingin menggunakan bus dengan harga murah dengan fasilitas standar, bus kelas ekonomi menjadi pilihan yang paling masuk akal. Saat ini, sudah ada beberapa bus ekonomi yang bisa Anda tumpangi untuk mengantarkan Anda dari Surabaya ke Malang, antara lain Tentrem, Pelita Mas, dan Menggala.

Sementara itu, apabila Anda ingin menikmati suasana yang lebih sejuk dan eksklusif, Anda bisa memilih bus patas. Bus ini umumnya telah dilengkapi dengan AC di setiap tempat duduknya. Tak jarang, bus seperti ini juga menawarkan fasilitas berupa hiburan di TV layar datar. Biasanya, hiburan berupa lagu dangdut yang sedang hits saat itu. Jenis bus berkelas patas yang dapat Anda temui di terminal Surabaya antara lain Restu Panda dan Hafana.

Selain itu, ada juga bus berkelas VIP. Ini berbeda dengan kedua kelas bus di atas. Karena, selain bisa menikmati fasilitas AC dan hiburan musik, Anda juga bisa menikmati bantal yang disediakan di dalam bus. Tidak jarang bus VIP menawarkan fasilitas ruang khusus merokok. Ini sangat penting mengingat masih saja ada orang yang merokok di dalam kendaraan umum.

Perbedaan paling mencolok dari bus patas VIP, armada ini tidak akan menurunkan atau menaikkan penumpang selama perjalanan. Jika Anda menggunakan bus VIP, Anda juga akan lebih cepat sampai ke Kota Malang. Anda bisa menikmati perjalanan dengan lebih santai tanpa harus menunggu penumpang lain untuk naik dan turun dalam perjalanan. Bus akan langsung mengantarkan Anda dari terminal Surabaya ke Terminal Arjosari di Malang.

Di bus VIP, Anda juga akan jarang menemui pengamen atau penjual asongan. Biasanya, mereka hanya akan mampir sebelum bus berangkat saja. Anda pun cuma bisa menemukan jenis bus seperti ini di terminal besar, seperti Terminal Bungurasih. Beberapa armada bus dengan kelas ini untuk rute Surabaya-Malang PP yang terkenal adalah Menggala dan Kalisari.

Lalu, berapa tarif bus rute Surabaya-Malang? Pada tahun sebelumnya, tarif bus kelas ekonomi rute Surabaya-Malang seperti Tentrem, Pelita Mas, dan Menggala dipatok mulai Rp15 ribuan sekali perjalanan. Sementara itu, tarif bus Patas berkisar Rp30 ribuan sekali jalan. Berikut kami sajikan informasi terbaru tarif bus Surabaya-Malang saat ini.

Tarif Bus Surabaya-Malang

Armada bus ke Malang (sumber: kumparan)
Nama Bus Tarif
PO Tentrem Ekonomi : Rp20.000
PO Pelita Mas Ekonomi : Rp20.000
PO Menggala Ekonomi : Rp20.000
PO Hafana Patas : Rp40.000
PO Restu Patas : Rp40.000
PO Akas Patas : Rp40.000
PO Kalisari Patas : Rp40.000

Informasi harga tiket bus Surabaya-Malang tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran langsung dari pihak perusahaan otobus. Pada tahun 2022 ini, tarif bus memang mengalami kenaikan di hampir semua rute imbas kenaikan harga BBM ( bakar minyak) seperti pertalite, pertamax, dan solar per awal September 2022.

Selain bus, apabila Anda ingin cepat sampai dan tidak berdesak-desakan dengan banyak penumpang, saat ini juga sudah banyak agen travel yang melayani perjalanan dari Surabaya ke Malang. Menggunakan armada jenis micro bus atau mobil berjenis MPV, tarif travel Surabaya ke Malang memang lebih mahal dibandingkan bus umum. Sebagai referensi, berikut informasi tarif travel Surabaya-Malang.

Tarif Travel Surabaya-Malang

Bus Surabaya-Malang (sumber: sabtungebus.com)
Nama Travel Tarif
Tirta Jaya Travel Rp95.000 – Rp115.000
Nayfa Trans Rp100.000
Nahwa Travel Rp110.000
Abimanyu Travel Rp120.000
Bata Travel Rp150.000

Informasi tarif travel rute Surabaya menuju Malang di atas kami himpun dari website resmi masing-masing agen travel yang bersangkutan. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, besaran tarif travel Surabaya-Malang saat ini masih belum banyak berubah. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda dapat datang langsung ke Terminal Bungurasih atau agen travel yang bersangkutan.

Sekadar informasi, layaknya terminal pada umumnya, di Terminal Bungurasih hingga detik ini masih ditemui banyak calo tiket. Nah, untuk menghindari kerugian akibat calo, Anda disarankan untuk memesan tiket melalui loket resmi bus yang bersangkutan. Bisa pula memesan tiket secara online. Saat ini, sudah banyak perusahaan bus dan agen travel yang telah bekerja sama dengan situs pemesanan tiket sehingga Anda tidak perlu berhadapan dengan calon di terminal.

[1] Rahmat, Abdul Rohman Amat dan Alvino Octaviano. 2016. Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web (Studi Kasus pada PO. Harapan Jaya).Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 1(1): 1-11.

[2] Nugroho, Danar Adi dan Siti Malkhamah. 2018. Manajemen Sistem Transportasi Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 20(1): 9-16.

Pos terkait