Update Harga Golden Churn Butter Semua Kemasan

Golden Churn merupakan butter asal Australia yang diproses menggunakan pasteurized cream. Produk ini telah mendapatkan banyak review positif karena rasanya yang lebih fresh dibandingkan merk lain. Golden Churn Butter hadir dalam berbagai pilihan produk dan kemasan dengan harga bervariasi.

Butter (sumber: choice.com)
Butter (sumber: choice.com)

Mentega merupakan produk olahan susu berstruktur emulsi tipe air dalam (tipe W/O) berbentuk gumpalan homogen lunak dan lembut, yang diproses dari krim susu. Produk ini mengandung lemak sekitar 80% dan air 15%, sebagian lemaknya dalam bentuk kristal dengan kadar lemak sekitar 35% dan kadar air 60%. Pada dasarnya, pembuatan mentega dilakukan dengan mengeluarkan air dari krim susu sebanyak-banyaknya dan kemudian difermentasi, lalu ditambah garam.

Bacaan Lainnya

Pembuatan Mentega

Pembuatan mentega pada proses aslinya dilakukan dari bahan krim susu. Prosesnya dimulai dengan mengasamkan krim susu secara fermentasi alami pada sekitar 15-20 derajat Celcius, yang merupakan suhu kamar di negara-negara dingin (subtropik). Pada suhu serendah itu, dengan kadar air bahan krim rendah dan penambahan garam, proses fermentasi berlangsung alami tanpa terjadi kerusakan mikrobiologis. Saat ini, proses pengasaman krim susu dapat dilakukan lebih maju dengan teknologi fermentasi menggunakan starter atau dengan cara menurunkan pH krim susu dengan penambahan asam.

Proses awal diteruskan dengan pengulenan krim asam (churning) pada kondisi panas untuk mengeluarkan kelebihan air melalui alat ulenan (churn), cairan yang keluar dari alat ulenan berwarna putih disebut susu mentega (buttermilk), krim susu mentega yang lebih dari proses churning, kemudian dilakukan proses fermentasi menjadi mentega. Hasil mentega asin dikemas dalam kemasan eceran (retail packs) atau kemasan grosir (wholesale packs).[1]

Review Golden Churn Butter

Golden Churn Butter merupakan brand mentega ternama yang eksis di pasaran selama lebih dari 120 tahun. Kualitas mentega yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Produk ini memiliki umur simpan yang panjang dengan sifat produk unggulan membuatnya memperoleh reputasi sebagai produk premium di pasar Timur Tengah dan Asia. Komposisi Golden Churn Butter diketahui tanpa penambahan pewarna dan perasa buatan, hanya air dan garam sehingga rasanya semakin menonjol. Tak salah jika Golden Churn menghadirkan semua kebaikan dan rasa mentega Australia dan Selandia Baru yang diklaim lebih sehat.

Dibandingkan dengan Wijsman, keunggulan lain Golden Churn Butter adalah menawarkan varian produk yang cocok dikonsumsi saat Anda sedang diet. Golden Churn Spreadable Lighter with Avocado Oil dapat dijadikan pilihan butter untuk menambah cita rasa masakan Anda. Meskipun rendah lemak, rasanya tetap nikmat dalam tiap sajian. Selain itu, produk ini mengandung avocado oil yang kaya akan senyawa antioksidan yang baik bagi kesehatan. Lalu, apa saja varian produk Golden Churn Butter dan berapa harga jualnya saat ini di pasaran?

Golden Chrun Butter (sumber: myrecipes.com)
Golden Chrun Butter (sumber: myrecipes.com)

Harga Golden Churn Butter

Varian Golden Churn Butter Harga
Golden Churn Spreadable Lighter Butter with Avocado Oil 200 gr Rp77.000
Golden Churn Spreadable Lighter Butter with Extra Virgin Olive Oil 200 gr Rp89.900
Golden Churn Spreadable Lighter Butter 250 gr Rp93.800
Golden Churn Butter 340 gr Rp98.000
Golden Churn Traditional Salted Butter 250 gr Rp105.000
Golden Churn Butter 454 gr Rp155.625
Golden Churn Butter 1 kg Rp220.000
Golden Churn Butter 2 kg Rp370.000
Butter Golden Churn 2 kg 1/2 Karton (3 pcs) Rp1.147.500
Golden Churn Butter Salted Canned 2 kg Rp2.910.000

Informasi harga Golden Churn Butter di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Golden Churn Butter di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Golden Churn Spreadable Lighter Butter with Extra Virgin Olive Oil 200 gr yang semula dijual seharga Rp83 ribu, sekarang menjadi Rp89.900. Sementara itu, harga Golden Churn Spreadable Lighter Butter with Avocado Oil 200 gr turun dari Rp83 ribu menjadi Rp77 ribu.

Golden Churn butter (sumber: lazada.com.my)
Golden Churn butter (sumber: lazada.com.my)

Anda dapat membeli produk tersebut di toko bahan kue. Namun mengingat Golden Churn Butter tersebut merupakan produk impor, Anda akan lebih mudah dan praktis menemukannya di sejumlah situs online. Selain Golden Churn, sebenarnya masih ada merk butter lain yang dapat Anda temukan di minimarket.

Harga Butter Lainnya

Merk Butter Harga
PALMIA Royal Butter Margarine 200 gr Rp7.700
ORCHID Butter 340 gr Rp59.800
Anchor Pure New Zealand Butter Salted 454 gr Rp105.000
Wijsman Butter 454 gr Rp158.000

Informasi harga butter di atas kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Perlu diingat, harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.

[: Ditta]

[1] Soewarno dan Soekarto. 2020. Teknologi Hasil Ternak. : PT Press, hlm. 201.

Pos terkait