Update Harga Fitting Lampu Plafon (All Merk)

Lampu saat ini menjadi sumber cahaya utama yang penting untuk rumah, gedung perkantoran, sekolah, rumah sakit, hingga jalan raya dan fasilitas publik lainnya. Untuk memasang lampu di langit-langit, biasanya konsumen akan menggunakan rumah lampu atau biasa disebut dengan fitting. Saat ini pun, sudah beredar banyak fitting lampu, baik model plafon maupun downlight, dengan harga mulai ribuan rupiah.

harga, fitting, lampu, plafon, minimalis, gantung, tanam, philips, broco, downlight, berapa, jual, beli, dimana, grosir, murah, termurah, jenis, tipe, e27, rumah, bangunan, desain, toko, elektro
Memasang lampu pada fitting (sumber: thespruce.com)

Jenis Fitting Lampu

Seperti dibahas dalam uraian sebelumnya, setidaknya ada dua model besar untuk fitting lampu, yaitu fitting lampu plafon dan fitting lampu downlight. Kedua fitting ini, meski sama-sama digunakan untuk memasang lampu, tetapi memiliki beberapa perbedaan yang signifikan, termasuk dari sisi bentuk, fungsi, dan harga.

Bacaan Lainnya

Untuk fitting lampu plafon, ini adalah rumah lampu yang kebanyakan digunakan untuk lampu hemat dan LED bulb. Fitting lampu plafon biasanya memiliki bentuk yang simpel dan cara pemasangan yang mudah. Sementara, dari sisi biaya pembelian, rumah lampu model ini juga umumnya dijual dengan harga yang hemat di kantong.

Ada berbagai macam fitting lampu plafon yang banyak digunakan oleh masyarakat. Model fitting lampu plafon type E27 misalnya, sering digunakan untuk memasang lampu di dan apartemenĀ  sederhana maupun menengah karena pemasangannya yang mudah. Jika suatu bangunan tidak menyediakan plafon duct, maka fitting lampu plafon jenis ini sangat cocok digunakan untuk bangunan tersebut.

Baca juga  Info Terbaru Harga Subwoofer Huper 18 Inch Original (Semua Tipe)

Selain pemasangan yang mudah, harga murah, dan bentuk yang simpel, fitting lampu plafon juga mempunyai kelebihan lainnya, yaitu memiliki open ventilation system. Ketika lampu hemat atau LED bulb dipasang, maka panas yang ditimbulkan oleh lampu dapat keluar dengan mudah dan ventilasi udara sangat mudah keluar masuk. Namun, fitting lampu jenis ini memiliki kekurangan dari sisi estetika, dengan bentuk yang menonjol keluar sehingga penampilannya kurang rapi.

Jenis fitting lampu yang kedua adalah model fitting lampu downlight. Sama seperti fitting lampu plafon, fitting lampu jenis ini juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk memasang lampu hemat dan LED bulb. Fitting lampu downlight sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, namun kebanyakan masyarakat menggunakan fitting berukuran 4 inch dan 5 inch.

Karena memiliki desain yang lebih menarik jika dibandingkan fitting lampu plafon, fitting lampu downlight pun sangat populer digunakan di langit-langit rumah mewah, gedung bertingkat, dan juga apartemen mewah. Bangunan yang menyediakan plafond duct juga banyak yang menggunakan fitting jenis ini untuk memasang lampu. Harga fitting lampu downlight sendiri beragam, namun umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga fitting lampu plafon.

Beberapa kelebihan fitting lampu downlight adalah mempunyai reflektor yang dapat membantu distribusi cahaya lampu menjadi lebih baik. Selain itu, seperti diutarakan sebelumnya, fitting lampu jenis ini juga punya desain atau bentuk yang beragam, sehingga dapat membantu menambah estetika suatu ruangan.

Namun, layaknya fitting lampu plafon dan juga produk-produk lainnya, fitting lampu downlight juga tidak bisa lepas dari kelemahan. Salah satu keterbatasan fitting lampu jenis ini adalah apabila tabung dari lampu hemat tidak bisa melebih reflektor dari fitting tersebut, maka penampilan lampu akan terlihat jelek dan distribusi cahaya menjadi tidak optimal.

Baca juga  Info Terbaru Harga DLMS Audio Logic

Kelemahan lainnya dari fitting lampu downlight adalah casing dari lampu LED bulb seringkali membentur reflektor yang ada di dalam fitting lampu ini sehingga fitting lampu tidak bisa masuk ke screw shell E27 dari downlight tersebut. Di samping itu, fitting lampu downlight juga kurang bisa melepas panas dari lampu sehingga rentan menimbulkan tanda kehitaman di pinggir plafond duct. Untuk mengatasi hal ini, konsumen disarankan memilih fitting lampu downlight yang mempunyai lubang agak besar agar pelepasan panas dari lampu menjadi lebih mudah.

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini sudah banyak toko elektronik yang menjual fitting lampu plafon, baik secara offline maupun secara online. Harga fitting lampu dari tahun ke tahun sebenarnya tidak terlalu banyak berubah. Anda masih bisa mendapatkan barang ini dengan harga hanya Rp2.000 per buah. Namun, umumnya mengalami kenaikan sekitar Rp500 hingga Rp1.000 per unit, walau ada juga yang turun. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga fitting lampu di pasaran dalam negeri.

Fitting lampu plafon (sumber: bukalapak)
Fitting lampu plafon (sumber: bukalapak)

Harga Fitting Lampu

Jenis/Merk Fitting Lampu Plafon Harga
Comet Star 504 Fitting Lampu Rp2.500
Dexta DX-211L Fitting Lampu Plafon Rp3.000
Lenka Fitting Lampu Plafon FG-55 Rp4.500
Bright-G BG-504 Fitting Lampu Kotak Rp4.500
EELIC 773 Fitting Lampu Plafon Segi Delapan Rp5.000
EELIC 772 Fitting Lampu Plafon Bulat Rp5.000
EELIC 771 Fitting Lampu Plafon Segi Empat Rp5.000
EELIC 777 Fitting Lampu Plafon Segi Empat Rp5.000
EELIC 883 Fitting Lampu Plafon Bulat Rp5.000
EELIC 884 Fitting Lampu Plafon Segi Empat Rp5.000
EELIC 881 Fitting Lampu Plafon Bulat Rp5.000
EELIC 778 Fitting Lampu Plafon Segi Delapan Rp5.000
Lido Fitting Lampu Kotak Rp5.500
SOK Batiq Fitting Lampu Plafon Segi Empat Rp5.500
Hensonic HSC-508 Segi Delapan Rp5.500
EELIC 882 Fitting Lampu Plafon Bulat Rp5.500
Broco 210L Fitting Lampu Plafon Bundar Rp5.500
EELIC 779 Fitting Lampu Plafon Segi Delapan Rp6.000
Lincoln E27 Fitting Lampu Plafon Segi Enam Rp7.400
EELIC 776 Fitting Lampu Plafon Segi Delapan Rp8.800
Broco 1210 Fitting Lampu Rp11.800
Lenka Fitting Lampu Plafon Lorenzo Rp10.000
Lenka Fitting Lampu Plafon Marco Rp10.000
Lenka Fitting Lampu Plafon Rossi Rp10.000
Lenka Fitting Lampu Plafon Carlos Rp10.000
Lenka Fitting Lampu Plafon Biaggi Rp10.000
Lenka Fitting Lampu Plafon Marquez Rp10.000
Broco 1211 Fitting Lampu PlafonĀ  Rp11.000
VETTO Fitting Lampu Segi Empat Rp14.336
VETTO Fitting Lampu Segi Delapan Rp15.900
Baca juga  Update Harga Mesin Spinner Kecil di Pasaran (Berbagai Merk)

Informasi harga fitting lampu plafon di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko elektronik dan situs jual beli online. Dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang turun ada pula yang naik. Lenka fitting lampu plafon Lorenzo misalnya, awalnya dijual Rp13 ribu dan sekarang turun menjadi Rp10 ribuan. Sebaliknya, harga Broco 1210 yang semula Rp10 ribu, sedikit naik menjadi Rp11.800.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.