Update Harga Collagen Drink dalam Berbagai Merek

Minuman kolagen alias collagen drink beberapa waktu belakangan memang begitu ramai diperbincangkan. Tampilannya yang praktis, biasanya berupa serbuk atau botol siap minum membuat siapa saja tertarik untuk mencoba. Apalagi karena sejumlah klaim yang menyebutkan bahwa cukup dengan minum collagen drink dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, memutihkan kulit, hingga dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Di pasaran pun tak sulit menemukan collagen drink karena sudah tersedia beragam merk dengan harga yang variatif, mulai dari yang murah sampai yang mahal.

Ilustrasi: Meminum Collagen Drink (credit: thebeautyshake)
Ilustrasi: Meminum Collagen Drink (credit: thebeautyshake)

Manfaat Kolagen

Kolagen dalam tubuh berfungsi sebagai bahan untuk melindungi tulang dan sinovial supaya tidak rusak dan juga sebagai bahan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Kolagen tidak toksik dan tidak mempunyai efek samping sehingga sangat baik digunakan dalam farmasi sebagai bahan non-steroid dan anti-inflamasi.[1] Dengan demikian kolagen dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari berbagai penyakit di antaranya pusing, mual, sesak napas, dan lupus.

Bacaan Lainnya

Kolagen yang telah dihidrolisis dapat digunakan sebagai sampo, conditioner, perawatan rambut, leave-in, styling products, sabun, body lotion, perawatan tubuh, pembersih, penyegar, pelembap wajah, perawatan wajah, alas bedak, maskara, lipstik, dan kosmetika warna. Kolagen memiliki kemampuan untuk memberikan sifat elastis pada kulit dan dapat mengurangi keriput yang terjadi sebagai efek dari penuaan.

Kolagen juga bermanfaat untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan akar rambut serta dapat memperkuat kuku sehingga tidak mudah patah. Bintik-bintik putih pada kuku dapat hilang setelah penggunaan kolagen secara teratur. Manfaat lain kolagen adalah untuk membuat kulit elastis dan sehat dan menghilangkan bekas luka pada kulit.

Untuk sendi, kolagen dapat mengatasi masalah sendi dengan mengonsumsi kolagen secara teratur, karena kolagen mampu memberikan fleksibilitas tubuh pada bagian tendon. Kolagen bermanfaat untuk membangun bahan tulang rawan pada sendi, sehingga memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan kalsium bagi tulang. Hal ini karena kolagen berfungsi sebagai lem perekat tulang agar sendi menyatu. Jika mengonsumsi kolagen secara teratur dapat memperkuat tulang dan mencegahnya menjadi rapuh.[2]

Konsumsi suplemen kolagen dalam collagen drink dipercaya dapat menambah asupan kolagen yang lebih banyak, sehingga bisa bermanfaat untuk kulit, tulang, persendian, rambut, kuku, dan otot. Suplemen kolagen merupakan bentuk kolagen yang bisa dicerna oleh tubuh serta biasanya berasal dari hewan seperti sapi, ikan, dan ayam. Berikut informasi daftar harga collagen drink di pasaran Indonesia.

Ilustrasi: Membuat Minuman Kolagen (credit: foodbornewellness)

Daftar Harga Collagen Drink

Merek Minuman Kolagen Harga (Rp)
UC Collagen Drink KuwaKuwi Skin 67.000
Pomeglow Collagen Drink 74.900
CLL Collagen Prime Whitening Kolagen Powder Drink 88.000
In White Collagen Whitening Drink 90.000
Frozen Collagen 2 in 1 Powder Drink 95.000
Joju Collagen Drink by Aimi 105.000
Waiteu High Beauty Collagen Drink 122.500
Pomeglow Collagen Drink 125.000
BeaudelabColagen Beauty Drink 155.000
Glutacerolla Collagen Drink 155.000
EverwhiteHicoll Drinks 165.000
Noera Collagen Drink 179.000
Realfood Up Peach & Collagen 188.000
Noera Collagen Drink With Birdnest and Saffron Extract 195.000
MSGlowGlasskin Drink Collagen 210.000
HezelGlutacolla Collagen Drink 215.000
Roove Collagen 245.000
Elmier Collagen 247.000
Dear Me Collagen Peptide 265.900
Before After Me Minuman Serbuk Kolagen 278.000
NAMA – Daily Cgen 361.000
Byoote Collagen 377.000
Savandra Miracle Glow 511.000
KinohimitsuJ’pan Beauty Drink Collagen 880.000

Informasi harga collagen drink atau minuman kolagen di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga collagen drink dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga collagen drink yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Ilustrasi wanita minum collagen (sumber: goop.com)

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga collagen drink tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, UC Collagen Drink KuwaKuwi Skin yang dibanderol Rp65 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp67 ribu tahun 2022.

Apabila Anda tertarik untuk mencoba salah satu produk collagen drink, Anda dapat membelinya di pusat perbelanjaan tertentu. Namun, jika kesulitan menemukannya di toko terdekat, tak ada salahnya membeli collagen drink secara online lewat sejumlah marketplace.

Sebelum memutuskan membeli produk collagen drink, pastikan produk tersebut memang sudah terdaftar di BPOM dan mengantongi sertifikasi halal. Anda juga perlu waspada terhadap produk-produk yang kadar gulanya terlalu tinggi.

[Update: Almas] 

[1] Peranginangin, R dkk. 2015. Pengolahan Kolagen dari Kulit Ikan Nila. Jakarta: Penebar Swadaya Grup, hlm 11.

[2] Ibid., hlm 12.

Pos terkait