Update Harga Closet Duduk Siram di Pasaran (All Merk)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan closet duduk. Dengan closet ini, pengguna tidak perlu jongkok apabila hendak buang hajat, melainkan duduk di atas kloset. Closet jenis ini banyak dipilih, salah satunya karena sudah dilengkapi kran air untuk menyiram kotoran. Namun, ada juga varian closet duduk yang belum punya fitur ini, atau biasa disebut closet duduk siram , dengan harga yang lebih terjangkau.

Ilustrasi: Buang Air Besar (credit: aboutkidshealth)
Ilustrasi: Buang Air Besar (credit: aboutkidshealth)

Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, closet duduk ini mungkin sudah menjadi yang familier. Pasalnya, closet tersebut sudah jamak digunakan, tidak hanya di rumah atau hunian pribadi, melainkan juga di kantor-kantor, gedung, pusat transportasi, hingga apartemen. Bahkan, banyak hotel menjadikan closet duduk sebagai salah satu fasilitas untuk menarik kunjungan wisatawan.

Bacaan Lainnya

Salah satu kelebihan yang menjadikan closet duduk semakin diminati, terutama oleh generasi kekinian, adalah menerapkan sistem flush. Sistem ini memungkinkan penyiraman otomatis dengan satu kali gerakan oleh pengguna pada bagian tertentu dari sebuah kloset (biasanya diletakkan di pinggir). Artinya, sistem ini lebih efisien.

Secara garis besar, ada dua pilihan sistem flush, yakni single flush dan dual flush. Tipe single flush ada yang tombol, tetapi ada juga yang memakai sistem tongkat ditarik ke atas. Sistem tongkat ini biasanya dapat ditemui pada kloset dengan model klasik. Sementara, sistem dual flush kini lebih sering ditemui pada toilet modern. Umumnya, sistem flush ini memakai perbandingan 3:6 liter, dengan tombol kecil mengeluarkan 3 liter air, sedangkan tombol besar mengeluarkan 6 liter air.

Namun, dengan semakin maraknya isu konservasi air, sistem flush pada kloset duduk dibuat makin efisien oleh banyak produsen. Beberapa produsen toilet menawarkan sistem 3:4,5 liter untuk sistem dual flush. Bahkan, dengan teknologi terbaru, kloset duduk ada yang memiliki sistem flush yang lebih irit air, yakni 2,3 berbanding 4,8 liter.

Meski umumnya closet duduk sudah dibekali dengan fitur penyiraman otomatis, atau sistem flush, namun masih ada beberapa pabrikan yang menjual closet duduk siram. Secara sederhana, closet duduk siram dapat dikatakan sebagai sebuah kloset duduk yang memiliki bentuk seperti kloset duduk pada umumnya, namun tanpa fitur penyiraman otomatis. Jadi, saat hendak membersihkan kotoran, pengguna harus menyiram secara manual, mirip dengan kloset jongkok.

Tanpa adanya fitur penyiraman otomatis ini, harga closet duduk siram memang jauh lebih terjangkau. Ini tentunya bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang tidak betah jongkok lama-lama ketika buang hajat, namun hanya punya anggaran terbatas untuk membeli closet duduk otomatis. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga closet duduk siram di pasaran pada tahun 2021 dan 2022.

Closet Duduk Siram - www.bukalapak.com
Closet Duduk Siram – www.bukalapak.com

Harga Closet Duduk Siram

Merek Closet Duduk Siram Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Closet Duduk Siram Amstrad Rp375.000
Closet Duduk Siram White Best Rp501.300 Rp475.000
Closet Duduk Siram Volk C509 Rp330.000 – Rp350.000 Rp489.000
Closet Duduk Siram Toho Rp385.000 Rp500.000
Closet Duduk Siram Duty Rp375.000 Rp512.000
Closet Duduk Siram Sericite 1037 Rp475.000 – Rp512.000 Rp520.000
Closet Duduk Siram Trilliun Eureka Rp500.000 Rp550.000
Closet Duduk Siram Duty Biru Rp480.000 Rp587.000
Closet Duduk Siram INA C16 Rp580.000 Rp623.000
Closet Duduk Siram Wasser CT 220 Rp869.368 Rp900.000
Closet Duduk Siram American Standard Rp885.000 Rp980.000
Closet Duduk Siram Toto Plus Seat Cover CW51 Rp995.000 Rp1.000.000

Harga closet duduk siram manual tanpa tangki atau tabung di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan rumah tangga maupun situs jual beli online. Harga closet duduk siram tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat.

Selain itu, harga closet duduk siram juga bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019, harga closet duduk siram berkisar Rp385.000 hingga Rp675.000, tergantung merknya. Pada 2021, harga beberapa merek closet duduk siram terpantau turun dari tahun 2020, meski merek-merek seperti Toto dan INA mengalami kenaikan harga.

Sementara itu, dibandingkan tahun 2021, harga closet duduk siram tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Closet Duduk Siram Toto Plus Seat Cover CW51 yang dibanderol Rp995.000, naik menjadi Rp1.000.000.

Jika Anda ingin kloset duduk siram yang bagus dengan harga murah, Anda juga bisa mempertimbangkan produk bekas (second) seperti merk American Standard yang harganya hanya separuh dari yang kondisi baru, yakni Rp400 ribu saja di tahun 2021, naik menjadi Rp425 ribu tahun 2022 atau merek Toto C51 seharga Rp680 ribu di tahun 2020, naik menjadi Rp700 ribu di tahun 2022.

Lalu, ada kabar yang menyebutkan bahwa meski tampak lebih modern, namun dari sisi kebersihan dan kesehatan, closet duduk masih kalah dengan kloset jongkok. Benarkah demikian? Dilansir Dekoruma.com, kloset jongkok dinilai lebih higienis dibandingkan kloset duduk. Hal ini dikarenakan tidak terjadi kontak langsung antara tubuh dengan kloset itu sendiri.

Ilustrasi: Toilet Duduk (sumber: lifehacker.com.au)
Ilustrasi: Toilet Duduk (sumber: lifehacker.com.au)

Tidak itu saja kelebihan closet jongkok dibandingkan closet duduk. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences, Dov Sikirov menilai bahwa berjongkok atau duduk saat di kloset bisa memengaruhi kelancaran saat buang air besar (BAB). Ketika kita sedang berdiri, usus besar tempat feses disimpan ditekan ke atas oleh otot puborectalis yang menjaga agar feses tidak mengalir keluar sampai saatnya dibuang.

Ketika menggunakan kloset duduk, otot yang tidak berkontraksi atau tidak menekan hanya sebagian. Sementara, saat kita berjongkok, seluruh otot puborectalis tidak bekerja, sehingga memudahkan proses pembuangan, sehingga buang air besar menggunakan kloset duduk membutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan kloset jongkok.

Beberapa dokter pun merekomendasikan pasien mereka untuk jongkok ketika buang air besar, ketimbang menggunakan kloset duduk atau bidet. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi usus yang seringkali dialami. Banyak ahli berpendapat bahwa penyakit pencernaan berawal dari duduk dan mengejan di kloset duduk.

Masalah awal biasanya disebabkan sulit buang air besar yang mengharuskan kita mengejan dengan tenaga maksimal. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang kita habiskan di mandi dengan kloset duduk, semakin besar kemungkinan untuk terkena wasir atau pembengkakan pembuluh darah di dalam atau sekitar anus.

Namun, dilihat dari sisi positifnya, penggunaan kloset duduk dinilai lebih nyaman terutama untuk penderita arthritis karena lutut dan kaki tidak perlu menahan keseluruhan bobot tubuh. Untuk dan lansia pun disarankan untuk menggunakan kloset duduk karena lebih aman untuk kondisi kaki serta lutut dan perut.

Nah, apabila di kamar mandi rumah Anda sudah terlanjur memasang closet duduk, Anda tidak perlu membongkarnya. Cukup beli kursi dingklik untuk diletakkan di bawah kaki saat buang air besar di kloset duduk. Ketika kaki lebih tinggi dari pada anus, maka membuat tubuh seperti berjongkok, otot-otot akan melemas, dan jalur keluar feses tidak tertekuk.

[Update: Almas]

Pos terkait