Cara Merawat dan Update Harga Burung Jalak Nias (Anakan, Dewasa, Gacor)

Bagi kicau mania, pasti sudah tidak asing dengan jenis burung jalak Nias. Banyak orang mencari unggas tersebut untuk dijadikan hewan peliharaan. Ini karena burung jalak Nias memiliki suara yang indah dengan harga yang lebih murah dibanding burung jalak Bali. Tak heran jika burung jalak Nias saat ini semakin banyak diperdagangkan.

Burung jalak nias (sumber: freeimage.me)
Burung jalak nias (sumber: freeimage.me)

Burung jalak Nias tentunya berbeda dengan burung jalak Bali. Burung jalak Bali yang dikenal dengan nama ilmiah Leucopsar rothschildi merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi dan tidak bisa diperdagangkan dengan bebas.[1] Sementara itu, burung jalak Nias yang bisa diperdagangkan dengan bebas, dikenal memiliki nama ilmiah Acridotheres tristis.

Bacaan Lainnya

Secara fisik, dua unggas tersebut juga berbeda. Jika jalak Bali cenderung memiliki warna putih dengan jambul di atasnya, jalak Nias memiliki warna cokelat tua dengan paruh kuning. Selain itu, mencari jalak Nias tidak sesulit mencari jalak Bali. Karena, jalak Nias mudah beradaptasi dan hampir tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

Hingga kini, jalak Nias terbilang populer di kalangan kicau mania. Selain bentuk fisiknya yang indah, jalak Nias sudah dicap sebagai jenis burung kicau yang layak diperlombakan. Ini karena jenis burung jalak tersebut memiliki suara yang indah. Selain itu, unggas tersebut memiliki kemampuan untuk menirukan berbagai suara dari burung lain.

Karena bisa menirukan suara burung lain, burung jalak Nias juga sering disandingkan dengan jenis burung yang memiliki suara indah. Ini bertujuan agar burung memiliki banyak macam suara, sehingga pemiliknya tidak bosan. Selain itu, burung jalak Nias kerap dijadikan sebagai umpan untuk menangkap burung lain dengan suara tipuannya.

Semakin banyak varian kicau yang bisa disiulkan burung jalak Nias, maka harganya semakin tinggi. Jika Anda cukup telaten melatih jalak Nias, maka burung tersebut juga bisa menirukan suara manusia. Karena kemampuannya yang dapat menirukan suara manusia dan mengucapkan kalimat sederhana, tak heran banyak orang yang menyandingkan burung tersebut dengan beo. Meskipun tidak selihai burung beo, namun dengan menyandingkannya dengan burung beo, maka kosakatanya akan semakin bertambah.

Untuk membuat burung jalak Nias menjadi gacor atau dapat menirukan suara manusia, tentu diperlukan usaha ekstra. Selain menyandingkannya dengan burung beo kesayangan, Anda perlu melakukan beberapa treatment. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan agar jalak Nias mau berbicara layaknya manusia, Anda harus mengajarinya cara berbicara. Paling tidak, setiap pagi dan sore, Anda bisa mengajaknya berbicara dan menghafalkan beberapa kosakata sederhana.

Karena jalak Nias tergolong burung yang pandai, unggas tersebut dapat menghafalkan beberapa kosakata dengan cepat, asalkan Anda sering mengajarinya. Selain itu, biarkan unggas tersebut berada di luar ruangan. Anda bisa mengurungnya dalam sangkar yang cukup besar di halaman belakang atau depan rumah. Burung jalak Nias yang terlalu sering diletakkan di dalam ruangan, biasanya varian kicaunya lebih sedikit.

Varian kicau serta kosakata yang mereka dapatkan bisa berasal dari lingkungan sekitar. Memang, burung tersebut paling suka mendengarkan suara hewan, manusia, atau burung lain di alam bebas. Akan lebih baik lagi jika Anda menyandingkannya dengan burung-burung lainnya saat memandikan dan menjemur jalak Nias. Perlakuan seperti ini juga penting untuk menjaga kesehatan burung agar tidak mudah stres.

Cara Merawat Burung Jalak Nias

Untuk masalah perawatan burung jalak Nias, Anda tidak hanya perlu melakukan treatment latihan kicau, memandikan, dan menjemurnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar burung jalak makin lihai dalam berkicau, seperti membersihkan kandang dan memberinya makanan. Untuk kebersihan sangkar, pastikan Anda membersihkan dan mencucinya setiap hari. Jika perlu, pembersihan bisa dilakukan setiap pagi dan sore setelah burung makan dan mandi.

Burung jalak nias (sumber: dictio.id)

Sementara itu, pakan burung jalak Nias bisa diberikan sesaat setelah mereka mandi. Cara ini akan membuat jalak Nias merasa segar dan lebih tenang. Untuk menjinakkan burung agar mereka mudah memahami treatment menghafal kosakata, Anda bisa memberikan pakan berupa buah-buahan saat mereka dalam kondisi kelaparan. Pakan yang baik jika diberikan pada waktu yang tepat, mampu membantu burung jalak Nias menampilkan performa terbaiknya.

Mengenai harganya, harga burung jalak Nias terpantau terus mengalami perubahan hampir setiap tahun. Jika Anda tertarik memilikinya, berikut kami sajikan info harga burung jalak Nias yang beredar di pasaran saat ini sebagai bahan referensi.

Harga Burung Jalak Nias

Jenis Burung Jalak Harga
Burung Jalak Nias Anakan/Lolohan Rp365.000 per ekor
Burung Jalak Nias Bahan Rp453.500 per ekor
Burung Jalak Nias Gacor 1 Ekor: Rp573.750
Sepasang: Rp1.499.500
Burung Jalak Nias Dewasa 1 Ekor: Rp650.000
Sepasang: Rp750.000 – Rp830.000
Burung Jalak Nias Blorok Rp2.000.000 per ekor

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga burung jalak Nias di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, jalak Nias anakan yang semula dijual seharga Rp255 ribu, sekarang naik menjadi Rp365 ribu per ekor. Sementara itu, harga jalak Nias gacor sedikit turun dari Rp615 ribu menjadi Rp573 ribuan per ekor.

Selain pemberian pakan secara rutin, agar burung jalak Nias terhindar dari serangan penyakit akibat perubahan cuaca dan suhu di sekitar kandang, Anda dapat menambah asupan multivitamin. Multivitamin yang biasa diberikan untuk jalak Nias adalah Ebod Joss. Produk ini dapat Anda temukan di pasaran dengan harga relatif terjangkau, mulai Rp20 ribu. Sebagian penghobi burung kicau menilai pemberian vitamin ini dapat membuat jalak Nias cepat gacor.

[Update: Ditta]

[1] Riany, Citra Fitrie & Aunurohim. 2013. Populasi Burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi, Stresemann 1912) Hasil Pelepasliaran di Desa Ped dan Hutan Tembeling Pulau Nusa Penida, Bali. Jurnal Sains dan Seni POMITS, Vol. 2(2): 186-190.

Pos terkait