Info Terbaru Harga Blenger Burger (Semua Menu)

No comment8626 views

Salah satu makanan cepat saji yang cukup populer di Air adalah burger. Roti lapis yang berbentuk bundar dan diisi patty berupa daging tersebut dikatakan punya yang enak dan mengenyangkan, namun punya harga yang cukup terjangkau. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak restoran burger yang terus bermunculan, salah satunya Blenger Burger.

Blenger Burger (sumber: wisatakuliner.org)

Blenger Burger (sumber: wisatakuliner.org)

Sebelum membahas mengenai burger kepunyaan Blenger Burger, tidak ada salahnya kita kupas sedikit mengenai hamburger. Dilansir dari Wikipedia, hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan di tengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat, dan bawang bombay. Sebagai , burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat, dan sambal serta mustard.

Menurut Detik Food, ada banyak kisah tentang penemuan hamburger. Salah satunya menyebutkan bahwa hamburger pertama berasal dari Hamburg, Jerman. Kata ‘hamburger’ memang terinspirasi dari Hamburg. Di akhir abad ke-19, di Hamburg terdapat Hamburg steak dari daging cincang panggang yang dimasak dengan bawang bombay dan tepung roti. Hamburg steak dianggap sebagai pendahulu lahirnya hamburger.

Ada beberapa versi dari sejarah penciptaan burger. Salah satu versi mengatakan, penganan ini awalnya adalah makanan khas bangsa Tartar, yaitu berupa daging cincang yang disantap mentah-mentah dengan perasan jeruk. Bangsa Tartar merupakan bangsa nomaden yang sering melakukan perjalanan jauh menunggang kuda, sehingga daging yang mereka bawa sering menjadi keras dan tak layak konsumsi. Mereka pun mengakalinya dengan meletakkan daging di bawah sadel kuda mereka. Setelah melakukan perjalanan jauh, ternyata daging tersebut masih hangat dan tidak menjadi dingin, dan akhirnya daging tersebut langsung disantap dengan tanpa dimasak dan hanya diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Hidangan yang terkenal lezat dari Asia Tengah ini kemudian dibawa oleh para pelaut Eropa ke negaranya, tepatnya ke Kota Hamburg karena masyarakat di sana pada umumnya menganggap bahwa mereka adalah bangsa yang beradab. Mereka menolak memakan daging yang tak dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mereka masak terlebih dahulu sebelum disantap dengan cara dibakar atau digoreng. Ternyata, masakan ini sangat disukai berbagai orang. Hingga saat ini, sebagian orang tetap lebih menyenangi menyantapnya mentah-mentah, dan inilah asal mula daging burger.

Sementara, untuk hamburger yang kita kenal bentuknya sekarang, yaitu yang berupa daging yang disantap dengan roti, berasal dari Amerika. Para imigran dari Hamburg memperkenalkan daging burger mereka ke orang Amerika. Di sana, daging ini diberi nama Hamburg Steak dan daging ini masih disantap seperti layaknya menyantap steak.

Ilustrasi: makan burger

Ilustrasi: makan burger

Menurut para penduduk Hamburg, New York, sebuah kawasan yang diberi nama seperti Kota Hamburg di Jerman, makanan ini ditemukan oleh dua bersaudara dari Ohio, Frank dan Charles Menches. Menurut legenda, mereka merupakan penjaja makanan di pinggir jalan yang menjual sandwich. Karena suatu hari mereka kehabisan sosis, maka mereka menggunakan daging sapi cincang sebagai pengganti sosis untuk isi dari sandwich mereka. Dan, penggunaan daging sapi ini ternyata ditanggapi dengan baik oleh konsumen mereka.

Versi lainnya, menurut Komunitas Sejarah Seymour di Wisconsin, mereka menyebutkan nama Charlie Nagreen sebagai pencipta hamburger. Nama Charlie Nagreen sekarang identik dipanggil “Hamburger Charlie”. Ia awalnya berjualan sandwich yang diisi dengan bakso saat ia berusia 15 tahun di Seymour Fair, pada tahun 1885.

Sayangnya, penjualannya kurang sukses, karena pelanggan tidak dapat berjalan berkeliling sambil makan. Kemudian, ia memipihkan bakso yang dijualnya dan meletakkannya di antara irisan roti. Ternyata, hal ini sukses dan mampu menarik perhatian konsumen. Karena hidangan Hamburg Steak amat populer saat itu, Charlie Nagreen pun memberi nama hamburger pada penganan temuannya itu. Sejak itu, ia selalu kembali tiap tahun ke Seymour Fair untuk berjualan hamburger, sampai saat kematiannya pada tahun 1951.

Ada banyak jenis burger yang sudah beredar di pasaran, terutama di restoran cepat saji. Salah satu yang cukup populer adalah jenis original. Jenis ini sendiri sudah tersedia dalam berapa varian, termasuk Original Burger Louis Lunch yang hadir pada tahun 1999, menggunakan roti burger biasa yang diisi dengan daging sirloin yang sangat lezat dan chuck.

Kemudian, ada juga Cheeseburger Gott, yang menawarkan kelezatan bertumpuk, seperti tekstur kering pada bagian bawah dan tekstur lembut atau juicy pada bagian tengahnya. Di dalam burger Cheeseburger Gott ini, menggunakan selada, tomat, keju Amerika yang lezat, dan acar. Sementara untuk sausnya sendiri, menggunakan bumbu rahasia yang tidak diketahui siapa pun.

Varian Menu Blenger Burger

Di Indonesia sendiri, sudah banyak restoran yang menyajikan menu utama burger, salah satunya Blenger Burger. Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, merek ini mungkin sudah tidak terlalu asing karena sudah membuka setidaknya tiga cabang di ibukota dan Tangerang. Semua kios dikelola langsung oleh Blenger Burger, berukuran kecil tetapi tetap menyediakan beberapa kursi dan meja dengan konsep outdoor.

Gerai Blenger Burger (google: Pak Ade Family TV)

Blenger Burger (google: Pak Ade Family TV)

Ada banyak varian burger yang ditawarkan oleh Blenger Burger. Varian-varian yang cukup populer di kalangan konsumen antara lain Cheeseburger, Beef Burger, Cheesy Dog Blenger, Chili Dog Blenger, dan Kentang Goreng Burger Blenger. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga menu di Blenger Burger.

Harga Blenger Burger

Menu Blenger BurgerHarga
Beef BurgerRp21.000
Cheese BurgerRp23.000
Chili DogRp21.000
Cheesy DogRp23.000
French FriesRp15.000

Harga menu Blenger Burger di atas kami rangkum dari aplikasi (Gojek). Harga menu Blenger Burger tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing cabang. Sebagai tambahan, makanan yang dijual lewat aplikasi ojek online, biasanya harganya dinaikkan sebagai kompensasi untuk kemitraan. Sehingga, bisa jadi ketika Anda membelinya di outlet secara langsung, harga menu Blenger Burger lebih murah. Pada tahun 2019 lalu, harga Beef Burger Rp10 ribu, naik menjadi Rp18 ribuan di tahun 2020.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Harga Menu Bakso Afung (A Fung Baso Sapi Asli)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Blenger Burger (Semua Menu)"