Info Terbaru Harga Daihatsu YRV Bekas (2001, 2002, 2004)

Daihatsu YRV adalah MPV mini yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang, Daihatsu, mulai bulan Oktober 2000 sampai tahun 2005. Nama “YRV” merupakan singkatan dari “Young Recreational Vehicle”. Mobil ini berbagi komponen dengan mobil berbasis Toyota seperti Toyota Vitz dan Perodua Myvi, terutama jajaran Toyota Engines. Usai era Charade berlalu, mobil ini dihadirkan untuk membawa warna baru di kelas small car, dengan kombinasi nuansa sporty serta keserbagunaan kendaraan MPV.

YRV ditujukan bagi mereka yang berjiwa muda, aktif, dan dinamis, yang membutuhkan mobil kompak, fungsional, dan gesit. ini terpampang dari nama kendaraan ini, yaitu Young Recreational Vehicle, atau sering pula disebut sebagai kombinasi youthful style (bergaya muda), robust body (bodi yang solid dan aman), serta vivid performance (mesin kuat dan lincah).

Daihatsu YRV - en.wikipedia.org

Daihatsu YRV - en.wikipedia.org

Untuk pasar Tanah Air, PT Astra Daihatsu Motor baru meluncurkan produk ini pada bulan Februari 2001, setelah kran impor kendaraan secara CBU kembali dibuka oleh pemerintah. Meski di Negeri Sakura hadir dalam beberapa tipe dengan pilihan mesin berkapasitas 1.000cc dan 1.300cc serta 1.300cc turbo, namun PT Astra Daihatsu Motor kala itu hanya membawa varian mesin 1.300cc tanpa turbo dengan penggerak roda depan (FWD) untuk pasar dalam negeri.

Secara umum, terdapat dua trim yang masuk ke pasar Indonesia, yaitu tipe DLX dan tipe STD. Perbedaan di antara dua varian ini hanya terletak pada pilihan transmisi, dengan tipe DLX sudah didukung transmisi manumatic atau triptionic, sedangkan varian STD masih mengandalkan transmisi manual 5 percepatan. Karena perbedaan ini, varian Daihatsu YRV dengan transmisi jauh lebih laris dibandingkan dengan transmisi manual.

Secara tampilan, kendaraan ini mengusung desain yang tergolong unik di awal milenium ketiga. Pabrikan menerapkan konsep desain yang disebut dengan Double Wedge pada Daihatsu YRV. Pilar A dan pilar B kendaraan ini terlihat tebal, sedangkan pilar C terlihat samar karena diberi sentuhan warna hitam oleh perusahaan. Dengan desain atap yang tinggi namun memiliki bonnet rendah, membuat penglihatan pengemudi menjadi jauh lebih luas.

Desain keseluruhan Daihatsu YRV sendiri cenderung ke arah sporty karena ditujukan untuk pasar anak muda maupun keluarga muda. Di luar sana, tersedia pula versi bermesin turbo dengan perbedaan paling mencolok terdapat pada air scoop di kap mesinnya. Secara keseluruhan, bentuk depannya mengisyaratkan sebuah sport, sementara bagian belakang setelah pilar B mengisyaratkan sebuah MPV.

Mungkin merupakan CBU dari Jepang, fitur mobil ini bisa dibilang tergolong komplet di zamannya. Fitur-fitur seperti AC, power window, power steering, dan central lock sudah menjadi fitur standar di Daihatsu YRV. Sementara, untuk urusan keselamatan, sudah tersedia fitur dual airbag, side impact beam, sabuk pengaman belakang, hingga penguat pilar atap. Interior bagian depan juga berkesan sporty, dengan model dashboard melengkung serta kemudi yang telah dilengkapi tombol kontrol khas mobil sport. Fitur tombol kontrol atau Steer Shift ini hanya ada pada trim DLX.

Di samping itu, meski terlahir dalam bentuk mobil hatchback lima pintu, tetapi Daihatsu YRV memiliki fitur milik MPV, seperti jok belakang yang dapat ditarik maju dan mundur. Selain itu, untuk menambah kapasitas bagasi jok, jok bagian belakang kendaraan ini juga dapat dilipat rata. Jok belakang Daihatsu YRV sendiri lebih tinggi 75 mm dari jok depan, dan pabrikan menyebut pengaturan kursi semacam ini sebagai stadium seating.

Daihatsu YRV - commons.wikimedia.org

Daihatsu YRV - commons.wikimedia.org

Beralih ke bagian jantung pacu, untuk model yang diluncurkan ke Indonesia, Daihatsu sudah membekali kendaraan ini dengan mesin tipe K30VE, DOHC, VVT, 16 katup, 4 silinder segaris, berkapasitas 1.300cc, atau sama seperti yang diusung Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi pertama. Dengan modal tersebut, Daihatsu YRV dikatakan mampu menyemburkan tenaga maksimal 87 HP pada putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 120 Nm pada putaran 3.200 rpm.

Tenaga mobil ini sekilas memang bisa dikatakan kecil. Namun, mengingat berat kosong Daihatsu YRV hanya sekitar 905 kg untuk tipe DLX dan 885 kg untuk tipe STD, Anda pasti bisa membayangkan bagaimana kencangnya laju kendaraan tersebut. Selain itu, Daihatsu YRV kemungkinan besar juga menjadi mobil buatan Daihatsu di Indonesia yang pertama kali mengadopsi teknologi katup variabel VVT yang saat ini sudah jamak disematkan pada seluruh line up Daihatsu.

Daihatsu YRV

Dimensi (P x L x T)3.765 mm x 1.620 mm x 1.550 mm
Jarak Sumbu Roda2.355 mm
Jarak Pijak Depan1.395 mm
Jarak Pijak Belakang1.365 mm
Kapasitas Muat1.026 L
Tipe MesinK3-VE, DOHC, VVT, 16 katup, 4 silinder segaris
Kapasitas Mesin1.297cc
Diameter x Langkah72 mm x 79,7 mm
Daya Maksimum87 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum120 Nm @ 3.200 rpm
Sistem TransmisiManual 5-speed, Otomatis 4-speed
Suspensi DepanDepreciated rock
Suspensi BelakangHelical spring
Rem DepanVentilated disc
Rem BelakangDrum brake
Sistem RemABS
Radius Putar8,8 m
Berat885 kg
Ban165/65 R14
dan Kapasitas Bahan BakarBensin 40 L
Kapasitas Tempat Duduk5 seat

Seperti diutarakan sebelumnya, Daihatsu YRV sudah berhenti produksi sejak tahun 2005 lalu. Nah, jika Anda masih ingin mendapatkan produk dari kendaraan ini, berikut kami sajikan info terbarunya untuk Anda.

Harga Daihatsu YRV Bekas

Tahun ProduksiHarga Bekas (Rp)
200158.000.000 – 88.000.000
200285.000.000
200465.000.000 – 90.000.000

Daftar harga Daihatsu YRV bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dan situs jual beli mobil second. Harga Daihatsu YRV bekas tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi kendaraan dan negosiasi antara penjual dan pembeli.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Ford Laser Ghia Seken (Bekas) di Pasaran
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Daihatsu YRV Bekas (2001, 2002, 2004)"