Harga Batako Terbaru di Pasaran (Berbagai Ukuran)

Batako merupakan bahan bangunan yang berupa bata cetak alternatif pengganti batu bata yang tersusun dari komposisi pasir, semen Portland, dan air dengan perbandingan 1 semen : 7 pasir. Batako juga dapat diartikan sebagai bata cetak yang dibuat dengan memelihara dalam suasana lembap dengan campuran tras, kapur dan air, dengan atau tanpa bahan tambah lainnya.

batako - batakopres.wordpress.com
batako – batakopres.wordpress.com

Batako dapat dibagi ke dalam beberapa jenis, antara lain:

Bacaan Lainnya
  • Bata cetak beton yang dibuat dari campuran semen Portland dan pasir atau kerikil.
  • Batu cetak tras kapur yang dibuat dengan campuran kapur padam dan tras.
  • Batu cetak tanah stabilisasi yang terdiri dari batu cetak semen + tanah (solid cement) dan batu cetak kapur + tanah (line stabilized soil).
  • Batu cepat kapur pasir yang dibuat dari campuran kapur padam dan pasir kwarsa dengan dimampatkan dan dikeraskan dengan tekanan uap tinggi.
  • Batu cetak beton ringan, yang dapat berupa batu cetak beton gas atau beton busa (dibuat dari campuran kapur atau semen Portland, digiling dengan pasir kwarsa, bubuk , dan dikeraskan seperti batu kapur) dan batu cetak beton dan beton apung (dibuat dari semen Portland, pasir alami, kerikil, dan batu apung).
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Dilihat dari proses pembuatannya, batako ada yang dibuat secara manual dan juga menggunakan mesin cetak. Meski menggunakan dua sistem yang berbeda, namun dua jenis batako ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Baik yang menggunakan cara manual maupun mesin, memiliki ukuran standar yang sama, yaitu panjang antara 36 hingga 40 cm, tebal 8 hingga 10 cm, serta tinggi 18 hingga 20 cm.

Dibandingkan beberapa jenis material lain, batako punya beberapa kelebihan. Bahan ini memiliki sifat kedap air. Jadi, ketika bangunan dibangun dengan menggunakan bahan ini, risiko terjadinya rembesan pada dinding bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali. Bahkan, jika terkena air, batu batako justru semakin kuat.

Selain itu, keunggulan lain batako adalah pemasangannya yang tergolong cepat. Jadi, bisa menghemat waktu dan biaya atau ongkos tukang bangunan. Penghematan ini juga terjadi pada penggunaan semen dan pasir yang jauh lebih irit jika dibandingkan dengan batu bata.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Setelah mengetahui jenis dan kelebihan batako, lalu berapa harga batako saat ini? Berikut informasi harga batako yang ada di pasaran.

Ukuran Batako (P x L x T) Batako Harga per Buah (Rp)
19 x 9 x 19 cm 4,5 kg 2.400
36 x 7 x 17 cm 2.500
38 x 8 x 18 cm 2.600
19 x 10 x 19 cm 5,2 kg 2.600
39 x 9 x 19 cm 8,4 kg 4.000
39 x 4 x 19 cm 5 kg 4.000
39 x 10 x 19 cm 9,5 kg 4.250
39 x 10 x 19 cm 10,5 kg 6.000
39 x 10 x 19 cm 11,2 kg 6.500

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *