Syarat, Keuntungan, Fee dan Modal Agen BRILink

No comment3128 views

Untuk memperluas area pelayanan dan menggerakkan masyarakat, terutama di daerah pedesaan dan lokasi terpencil, atau mengajak nasabah mereka untuk menjadi agen BRILink. Jika Anda tertarik, memang memerlukan sejumlah fee untuk pendaftaran serta modal dengan jumlah bervariasi, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.

Ilustrasi: Agen Brilink (sumber: merdeka)

Ilustrasi: Agen Brilink (sumber: merdeka)

Sejak awal berdiri hingga sekarang, BRI memang memiliki fokus bisnis pada segmen UMKM. Untuk memfasilitasi usaha ini, bank tersebut punya BRI Unit, yang bisa dikatakan berada pada tingkatan paling bawah dalam struktur organisasi BRI. Meski berada paling bawah, BRI Unit ini memiliki peranan yang sangat strategis di dalam menunjang permodalan pengusaha kecil di pedesaan karena mudah dijangkau oleh masyarakat dan sistem pelayanan yang mudah.[1]

BRI sendiri merupakan bank yang paling banyak menyalurkan kredit bagi usaha mikro dengan jumlah kredit mikro Kupedes yang terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Bahkan, bank ini sudah menerima pengakuan dari sebagai lembaga keuangan yang berhasil dalam mengembangkan microfinance.[2]

Tentang BRILink

Ternyata, tidak berhenti di BRI Unit, untuk semakin memperluas jangkauan dan layanan, BRI menggandeng nasabah mereka untuk dijadikan agen. Bernama Agen BRILink, agen-agen ini nantinya juga dapat melayani transaksi perbankan kepada masyarakat secara tepat melalui sistem online yang memakai EDC BRI dan aplikasi BRILink Mobile.

Baca juga  Update Definisi atau Pengertian dari Biaya Provisi pada Jasa Perbankan

Beragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh nasabah BRI melalui agen BRILink ini mulai dari transfer ke sesama rekening BRI, transfer ke bank lain atau sebaliknya, setor dan tarik tunai, pembayaran listrik, pembayaran air, pembayaran BPJS, pembayaran telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, setoran pinjaman, Top Up BRIZZI, info saldo, dan berbagai transaksi lainnya.

Ilustrasi: BRILink (sumber: Bonepos)

Ilustrasi: BRILink (sumber: Bonepos)

Produk dan Layanan BRILink

  • Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor. Tujuan BRI melalui produk ini adalah memudahkan masyarakat dalam menggunakan jasa perbankan tanpa menunggu antrean di kantor bank dan yang dapat melayani 24 jam setiap hari.[3]
  • T-Bank, produk uang elektronik berbasis server milik BRI yang menggunakan nomor handphone yang didaftarkan sebagai nomor rekening.
  • Mini ATM BRI, Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi keuangan non-tunai sebagaimana halnya transaksi non-tunai yang disediakan mesin ATM.
Baca juga  Syarat dan Cara Buka Tabungan Mandiri Online

Keuntungan Agen BRILink

Ada banyak keuntungan yang bisa nasabah dapatkan dengan menjadi agen BRILink. Penghasilan yang dapat nasabah miliki adalah dari sistem sharing fee antara Anda dengan BRI dengan ketentuan sebesar 50:50. Tidak hanya itu, BRI juga memberikan beragam hadiah menarik bagi Agen BRILink terbaik dan terpilih melalui berbagai program, antara lain THR Agen BRILink, Panen Emas Telkomsel Agen BRILink, Super Agen BRILink, dan berbagai program lainnya. Selain itu, BRI juga menawarkan asuransi kepada Agen BRILink berupa asuransi mikro kesehatan, kecelakaan, dan meninggal (AMKKM).

Menjadi Agen BRILink

  • WNI perorangan/instansi non berbadan hukum.
  • Memiliki usaha minimal 2 tahun.
  • Memiliki rekening simpanan berkartu di BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp3.000.000 (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen.
  • Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa).
  • Belum menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai lainnya.
Agen BRILink (sumber: mediaindonesia)

Agen BRILink (sumber: mediaindonesia)

Fee dan Modal Agen BRILink

Seperti disampaikan di atas, salah satu syarat untuk bisa menjadi agen BRILink adalah menyetorkan dana atau sebesar Rp3 juta. Uang ini dijadikan jaminan dan saldo tersebut akan diblokir selama nasabah menjadi agen BRILink. Sementara, mengenai modal awal menjadi agen, jumlahnya bervariasi, dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Baca juga  Update Biaya (Fee) Administrasi Transaksi Lewat Rekening Paypal

Namun, paling tidak, Anda disarankan memiliki dana awal Rp15 juta untuk dijadikan modal transaksi. Uang tersebut tidak sepenuhnya dimasukkan ke rekening. Siapkan saja Rp5 juta di rekening dan Rp10 juta sisanya di kantor agen. Jika anggaran tersebut terlalu besar, Anda bisa menyiapkan dana minimal Rp6 juta, sudah termasuk biaya pendaftaran.

Sekadar info, sudah banyak nasabah yang merasakan keuntungan menjadi agen BRILink. Salah satu nasabah mengaku bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp3 juta hingga Rp4 juta per bulan. Pasalnya, jumlah transaksi via BRILink memang tidak main-main, sebesar 1,5 juta kali transaksi per hari dengan volume transaksi mencapai Rp500 triliun selama Januari hingga September 2019 kemarin. Jika tertarik, Anda bisa menghubungi contact center Agen BRILink di 0800-10-14017.

[1] Wijaya, Erric dan Angie Kesumawardhani. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Outstanding Kredit Umum Pedesaan (KUPEDES) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Media Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Vol. 18(1): 65-84.

[2] Ibid.

[3] Mulyasari, Dela. 2019. Mekanisme Transaksi BriLink (Studi di Desa Sidokerto Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah (Skripsi). Jurusan S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Agama Islam (IAIN) Metro.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Syarat, Keuntungan, Fee dan Modal Agen BRILink"