Meskipun di kota-kota besar kini sudah bermunculan transportasi berbasis aplikasi, baik taksi maupun ojek online, masyarakat Indonesia pada dasarnya tetap tak bisa lepas dari keberadaan angkutan umum alias angkutan kota (angkot). Di Kota Bekasi misalnya, masih beredar angkutan kota yang menawarkan tarif perjalanan yang cukup terjangkau.

Memang, tidak semua orang memanfaatkan layanan ojek online. Alasannya sederhana karena tidak semua memiliki perangkat smartphone dan tak semua orang memiliki kendaraan pribadi. Karena itu, angkot masih begitu dibutuhkan bagi masyarakat perkotaan. Sayangnya, tarif angkot di Indonesia masih dipengaruhi oleh harga BBM. Jika harga BBM naik, maka biaya untuk naik angkot pun akan naik. Sebaliknya, jika harga BBM turun, tarif angkot belum tentu ikut turun.
Demikian pula untuk Kota Bekasi. Tarif angkot di Bekasi umumnya ditetapkan melalui pertimbangan dari wali kota, Dinas Perhubungan (Dishub), dan juga Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda). Di Bekasi, tarif angkot didasarkan pada jauh atau dekatnya perjalanan yang ditempuh penumpang. Semakin jauh perjalanan yang ditempuh, maka tarif yang dibayarkan penumpang pun semakin mahal.
Sejak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum lama ini, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bekasi memutuskan untuk menaikkan sementara tarif angkutan umum di Kota Bekasi. Besaran kenaikan tarif angkot yang berlaku sejak September 2022 berkisar Rp500 sampai Rp1.000, tergantung rute angkutan itu sendiri. Adapun untuk angkot dengan trayek pendek kenaikan tarifnya Rp500, sedangkan untuk jarak jauh mengalami kenaikan tarif hingga Rp1.000.
Sayangnya, sampai saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi masih belum menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) soal tarif terbaru angkutan umum. Kabarnya, Perwal terbaru masih dalam proses penyusunan dengan Organda dan Dinas Perhubungan. Sebagai bahan perbandingan, berikut daftar tarif angkot Bekasi yang berlaku pada tahun 2021 lalu.
Tarif Angkot Bekasi
Kode Trayek | Lintasan Trayek | Kisaran Tarif |
K-02 | Terminal Bekasi – Terminal Pondok Gede PP | Rp6.000 |
K-04 | Terminal Bekasi – Jatiluhur PP | Rp6.000 |
K-04A | Terminal Bekasi – Perum Irigasi PP | Rp4.000 |
K-04B | Terminal Bekasi – Ganda Agung PP | Rp4.000 |
K-04C | Sub Terminal Perumnas 1 – Teluk Buyung PP | Rp4.500 |
K-05 | Terminal Bekasi – Cikunir PP | Rp6.000 |
K-05A | Terminal Bekasi – Galaxi PP | Rp5.500 |
K-07 | Terminal Bekasi – Seroja PP | Rp4.500 |
K-08 | Sub Terminal Sumber Artha – Cikunir PP | Rp4.000 |
K-08A | Terminal Bekasi – Terminal Pondok Gede PP | Rp4.000 |
K-09B | Terminal Bekasi – Wisma Asri PP | Rp4.500 |
K-09C | Terminal Bekasi – VI PP | Rp4.500 |
K-10 | Terminal Bekasi – Ujung Harapan PP | Rp6.000 |
K-10B | Terminal Bekasi – Alinda PP | Rp6.000 |
K-11 | Terminal Bekasi – Bantar Gebang PP | Rp4.500 |
K-11A | Terminal Bekasi – Perum Rawa Lumbu PP | Rp4.000 |
K-11B | Terminal Bekasi – Perum Narogong PP | Rp4.000 |
K-11C | Terminal Bekasi – Perum Bojong Menteng PP | Rp4.500 |
K-12 | Terminal Bekasi – Kompa PP | Rp4.000 |
K-12A | Terminal Bekasi – Perum Borobudur PP | Rp4.000 |
K-12B | Terminal Kayuringin – Duren Jaya PP | Rp5.500 |
K-19 | Terminal Bekasi – Perum Mutiara Gading Timur PP | Rp5.500 |
K-19A | Terminal Bekasi – Pasar Bumiagara PP | Rp5.500 |
K-19AK | Terminal Bekasi – Mustika Sari PP | Rp6.000 |
K-22 (S02) | Terminal Pondok Gedek – Sub Terminal Sumber Arta PP | Rp4.500 |
K-22A | Terminal Pondok Gedek – Sub Terminal Sumber Arta PP | Rp4.000 |
K-25 | Terminal Bekasi – Sub Terminal Sumber Arta PP | Rp6.000 |
K-25B | Terminal Kayuringin – Sub Terminal Sumber Arta PP | Rp4.500 |
K-26 | Sub Terminal Sumber Arta – Cikunir PP | Rp4.500 |
K-26A | Terminal Bekasi – Sub Terminal Sumber Arta PP | Rp6.000 |
K-27 | Terminal Pondok Gede – Perum Angkasa Puri PP | Rp5.500 |
K-3 | Terminal Bekasi – Pejuang Jaya PP | Rp4.500 |
K-31 | Terminal Bekasi – Pasar Bintara PP | Rp5.500 |
K-31A | Terminal Bekasi – Perum Orchid Garden PP | Rp5.500 |
G-05 | Terminal Pondok Gede – Curug PP | Rp4.500 |
G-07 | Terminal Pondok Gede – Curug PP | Rp4.000 |
Jika dibandingkan tahun sebelumnya, tarif angkutan kota di Bekasi pada 2021 masih belum berubah dari tahun 2019 dan 2020. Namun, beberapa waktu lalu, sejumlah penumpang mengeluhkan ulah sopir yang memasang tarif seenaknya. Seorang penumpang mengaku pernah dikenai tarif hingga Rp25.000 sekali jalan dari Kota Cikarang menuju Pusat Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasai di Cikarang Pusat. Sementara, yang lain diminati tarif Rp30.000 untuk perjalanan dari Stasiun Cikarang ke sekitar Pasar Serang. Sebagai saran, sebelum naik angkot, Anda harus memastikan tarif terlebih dahulu pada sopir.
Selain angkot konvensional, pada bulan Mei 2019 lalu, angkutan kota berbasis online atau daring sudah resmi mengaspal di Bekasi. Dikelola oleh PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON), angkot berbasis online tersebut diklaim yang pertama di Indonesia. Untuk bisa menggunakan layanan ini, penumpang cukup membayar tarif Rp5.000 sekali perjalanan, belum berubah dari tahun sebelumnya.
Untuk menggunakan angkot online tersebut, masyarakat cukup menginstal aplikasi TRON. Kabarnya terdapat sekitar 30 angkot online dengan 2 trayek yang memakai aplikasi TRON, yakni angkot K-11A jurusan Terminal Bekasi-Rawalumbu-Narogong-Bantargebang angkot K-11B jurusan Terminal Bekasi-Wijayakusuma Bekasi Timur. Berbeda dari angkot biasa yang umumnya mangkal di tempat yang ramai calon penumpang, angkot online ini sudah memiliki titik penjemputan yang pasti, sehingga berani menjamin kepastian penjemputan calon penumpang.
[Dian]