Info Terbaru Harga Roma Kelapa Kaleng dan Plastik di Pasaran

Bagi Anda yang sedang mencari camilan sehat dan bergizi untuk anak, bisa mencoba memberikan biskuit Roma Kelapa. Selain rasanya yang lezat, biskuit tersebut tersedia dalam kemasan kaleng dan dengan harga murah, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan jajan harian anak.

Roma Kelapa (IG @roma.biskuitkelapa)
Roma Kelapa (IG @roma.biskuitkelapa)

Keunggulan Roma Kelapa

Roma sendiri merupakan salah satu merek dagang hasil produksi Mayora yang telah melegenda selama 4 dasawarsa. Merek Roma tetap eksis dan terus berkembang dengan berbagai macam varian biskuit. Awalnya, Roma hanya menghadirkan jenis Roti Mari pada 1848. Hingga saat ini, Roma sudah memiliki banyak varian biskuit, termasuk Roma Kelapa yang disukai banyak orang.[1]

Bacaan Lainnya

Dari segi rasa serta aroma, Roma Kelapa berbeda dengan Roma Mari. Roma Mari memiliki rasa yang kental, sementara Roma Kelapa selain memiliki rasa susu yang kental, juga diimbangi dengan rasa kelapa yang segar dan creamy. Sensasi makan biskuit rasa susu dan kelapa, bisa Anda rasakan dalam sekali gigitan saja. Cocok bagi Anda yang juga suka dengan minuman degan susu.

Untuk aromanya sendiri, biskuit kelapa tersebut memiliki aroma daging buah kelapa parut yang disangrai. Aromanya yang khas membuat siapapun akan tergoda untuk mencicipinya. Biskuit ini juga dikatakan tidak mengandung terlalu banyak gula, sehingga cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka manis.

Resep Puding Pandan Roma Kelapa

Puding Roma Kelapa (sumber: cookpad.com)

Selain dinikmati secara langsung sebagai camilan harian atau teman ngobrol, Anda bisa mengkreasikan berbagai resep unik berbahan Roma Kelapa. Sebagai saran, Anda bisa membuat puding pandan Roma Kelapa. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan 1 bungkus jelly powder varian pandan 130 gr, santan 50 ml, 500 ml air, dan satu biskuit Roma Kelapa. Untuk biskuitnya, paling tidak Anda bisa menyiapkan 20 keping.

Siapkan panci untuk memasak puding dan masukkan air dan santan secara bersamaan, lalu aduk hingga rata. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tuangkan bubuk jeli secara perlahan sambil diaduk hingga rata. Ini bertujuan agar bubuk jeli tidak menggumpal di dalam panci. Agar lebih sedap lagi aromanya, Anda bisa menambahkan satu helai daun suji atau pandan yang diikat.

Aduk adonan puding dengan kecepatan konstan hingga agak mengental atau mendidih. Anda tidak boleh berhenti mengaduk adonan tersebut, karena bisa menyebabkan adonan gosong dan beraroma tidak sedap. Setelah matang, ambil daun suji yang ada di adonan dan sisihkan. Tunggu hingga suhu adonan agak turun dan siapkan cetakan puding. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan tambahkan biskuit Roma Kelapa di bagian atas adonan.

Tata seapik mungkin biskuit tersebut sebagai topping. Anda juga bisa menatanya dengan pola melingkar, sehingga membuat puding seperti berlapis biskuit. Langkah berikutnya, diamkan puding selama 4 jam. Agar lebih cepat, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Setelah puding benar-benar keras dan agak kaku, Anda bisa mengeluarkannya dari cetakan.

Potong-potong puding sesuai dengan pola cetakan dan hidangkan selagi dingin. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan kental manis atau sirup pandan sebagai topping. Beberapa orang juga menambahkan cokelat cair dan fla sebagai saus puding.

Selain dijadikan puding, bagi Anda yang ingin menikmati biskuit Roma Kelapa dengan sensasi dingin dan segar, bisa mencoba membuat es Roma Kelapa. Langkah pertama, siapkan biskuit Roma Kelapa sebanyak 5 hingga 7 keping, susu UHT sebanyak 300 ml, 2 sendok makan gula, serutan kelapa muda, dan es batu sebanyak 250 gr. Ini adalah resep minuman untuk 2 hingga 3 porsi.

Sebelumnya, masukkan UHT ke dalam lemari es agar suhunya lebih dingin dan tidak membuat es batu mudah cair jika dicampur. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan susu UHT yang sudah dibekukan. Setelah itu, masukkan susu UHT dan es batu ke dalam blender. Blender hingga halus dengan tekstur seperti salju yang lembut.

Tambahkan biskuit Roma Kelapa dan gula ke dalam blender, lalu blender hingga halus. Bagi Anda yang suka es dengan tekstur creamy, Anda bisa menambahkan sedikit creamer atau kental manis ke dalam blender. Sambil menunggu semua bahan tercampur rata, siapkan gelas saji dan masukkan serutan kelapa muda di dalam gelas.

Roma Kelapa (sumber: blibli.com)

Jika Anda tidak punya serutan kelapa muda, Anda bisa menggantinya dengan nata de coco atau bahan lainnya yang rasanya tidak terlalu manis. Ini karena es Roma Kelapa sudah memiliki rasa yang manis. Sehingga, jika Anda mencampurkan bahan yang manis, maka rasanya kurang pas di lidah.

Tuangkan yang sudah dicampur dengan semua bahan tersebut ke dalam gelas saji, dan sajikan. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan aneka topping, seperti kental manis, cokelat, sirup, dan lainnya.

Sebelum Anda mencoba membuat dua resep tersebut, tentunya Anda perlu membeli biskuit Roma Kelapa dulu. Biskuit Roma Kelapa sendiri memiliki dua varian rasa, yaitu original dan krim. Bagi Anda yang tidak terlalu suka manis, Anda bisa mencicipi biskuit Roma Kelapa varian original. Sementara, bagi Anda yang suka menikmati biskuit dengan citarasa manis dan legit, bisa membeli biskuit Roma Kelapa varian krim.

Biskuit Roma Kelapa varian krim tidak hanya bisa dinikmati secara langsung. Seperti varian original, Anda juga bisa menjadikan biskuit Roma Kelapa varian cream menjadi berbagai macam hidangan menarik. Bahkan, Anda bisa membuatnya menjadi es krim yang lezat dan gurih.

Untuk membuat es krim dari biskuit Roma Kelapa cream, Anda hanya perlu menyiapkan 300 ml UHT, kental manis sesuai selera, biskuit Roma Kelapa varian cream sebanyak 150 gr, tepung maizena, dan cream bubuk 50 gr. Pastikan biskuit yang Anda pakai sudah dihancurkan hingga lembut terlebih dahulu. Agar mudah, Anda bisa memisahkan cream dan keping biskuitnya.

Setelah itu, siapkan blender dan masukkan UHT, kental manis, cream bubuk, dan cream biskuit yang dipisahkan. Blender semua bahan hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam panci. Panaskan adonan dan tambahkan sedikit tepung maizena untuk mengentalkan adonan. Setelah itu, masukkan ke cetakan es krim dan tambahkan biskuit Roma Kelapa yang sudah dihancurkan. Masukkan ke freezer hingga es krim beku dan siap disantap.

Biskuit Roma Kelapa kemasan kaleng (sumber: lazada)

Harga Roma Kelapa

Varian Roma KelapaHarga
Roma Kelapa Cream Plastik 27 grRp1.275
Roma Kelapa Cream Plastik 180 grRp8.200
Roma Kelapa Cream Plastik 27 gr 1 paketRp9.999
Roma Kelapa Plastik 300 Rp10.000
Roma Kelapa Kaleng 450grRp27.000
Roma Kelapa Plastik 300gr 1 packRp55.000
Roma Kelapa Plastik 300 gr 1 dusRp211.000
Roma Kelapa Kaleng 450 gr 1 dusRp225.000

Perlu Anda ketahui, harga biskuit Roma Kelapa di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Roma Kelapa tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan.

Sebagai contoh, Roma Kelapa plastik 300 gr yang dijual dengan harga Rp7 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp9 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp10 ribu tahun 2022. Sementara itu, Roma Kelapa Cream plastik 27 gr yang dibanderol Rp2 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp1.000 tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp1.275 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Chaerudin, A. R. 2018. Analisis Kemasan dan Merek terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Uji Organoleptik Hasil Panelis Sampel di Bagian Quality Control pada Produk Biskuit PT. Mayora Indah TBK, Tangerang. Jurnal Ilmiah Niagara, Vol. 10(1): 116-128.

Pos terkait