Info Terbaru Harga Mangkok Melamin (Ecer dan 1 Lusin)

Perkakas dapur atau peralatan makan dari melamin memang cukup disukai. Selain karena desainnya yang modern, piring atau mangkok dari melamin biasanya juga tidak mudah pecah jika dibandingkan peralatan makan dari keramik atau kaca. Kelebihan lainnya, harga mangkok melamin biasanya relatif lebih dibandingkan yang menggunakan material kaca atau beling.

Mangkuk (unsplash: Louis Hansel)
Mangkuk (unsplash: Louis Hansel)

Melamin adalah bahan kimia yang biasanya digunakan dalam pembuatan plastik, pupuk, cat, dan perekat.[1] Ini adalah senyawa basa organik dengan rumus kimia C3H6N6 dan memiliki nama IUPAC ,3,5-triazine-2,4,6-triamine. Sebagai peralatan makan, melamin dikenal karena keunggulannya yang tidak mudah pecah dan relatif ringan dibandingkan perabotan yang terbuat dari bahan kaca atau beling.[2]

Bacaan Lainnya

Walau sudah marak dijual, penggunaan bahan melamin sampai saat ini masih menimbulkan perdebatan, karena sebagian besar orang menyebutkan jika melamin bisa berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang. Namun, melamin tidak dianggap berbahaya oleh FDA (Food and Drug Administration) AS meskipun hadir dalam bentuk resin. Walaupun demikian, jika terpapar dengan senyawa kimia lain, dapat berpotensi menyebabkan batu ginjal serta gagal ginjal pada bayi. Karena itu, sebaiknya Anda harus lebih cermat lagi dalam memilih bahan untuk peralatan makan.

Produk berbahan melamin sebenarnya boleh-boleh saja digunakan, asal pemakaiannya dengan cara yang benar. Melamin yang disarankan biasanya yang memiliki kode PP atau Polypropylene, yakni bahan pembuat melamin yang relatif aman digunakan. Selain itu pilihlah peralatan makan yang memiliki tanda BPA free atau non-BPA (Bisphenol-A).

Selain itu, Anda juga perlu mewaspadai produk peralatan makan dengan bahan melamin palsu. Pasalnya, melamin palsu diperkirakan mengandung formalin. Dalam jangka pendek, formalin yang masuk ke tubuh dapat mengakibatkan kematian sel, yang ditandai dengan mulut kering, mulut panas, dan pusing-pusing. Sementara itu, untuk jangka panjang, formalin bisa mengakibatkan penyakit seperti kanker dan kerusakan sistem pencernaan, termasuk lambung, usus, dan hati, serta sistem saraf otak manusia.[3]

Membedakan Produk Melamin Asli dan Palsu

  • Bakarlah ujung mangkok melamin dengan api pada lilin selama 20 detik. Apabila Anda mencium bau formaldehid yang menyengat, maka mangkok atau piring melamin itu bisa dibilang tidak memenuhi syarat Food Grade. Pembakaran yang dilakukan pada mangkok melamin asli biasanya hanya akan menyebabkan gosong, tetapi tidak menimbulkan bau formaldehid.
  • Selain dibakar, Anda juga bisa merebus mangkok melamin selama 30 menit sampai jam. Mangkok dari bahan melamin palsu akan berubah bentuk dan meliuk, bahkan rapuh dan bisa saja mencair. Uap hasil rebusannya juga disebut-sebut bisa menyebabkan mata perih, batuk, dan mual. Mangkok melamin asli kabarnya tidak mengalami hal-hal semacam itu.
  • Mangkok melamin yang asli biasanya juga lebih berat dan tebal dibandingkan mangkok melamin yang palsu atau tiruan. Mangkok melamin palsu bahkan lebih mirip seperti mangkok plastik. Apabila mangkok melamin asli dibenturkan dengan mangkok melamin yang juga sama-sama asli, maka suara yang dihasilkan akan berbeda, terdengar lebih tebal dibandingkan suara mangkok melamin palsu.
  • mangkok melamin asli biasanya cenderung licin dan berkilau. Sementara itu, mangkok melamin palsu mudah ternoda oleh makanan atau bahan makanan yang berwarna seperti kopi atau teh, sehingga warna mangkok pun akan berubah menjadi lebih gelap dalam kurun waktu yang relatif singkat dibandingkan mangkok melamin asli.
Mangkok melamin (sumber: houzecart.com)

Apabila Anda sedang mencari mangkok melamin, Anda bisa membelinya di sejumlah toko peralatan rumah tangga atau juga di pusat-pusat perbelanjaan. Selain itu, bisa juga membeli mangkok melamin secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka. Sebagai referensi, berikut kisaran harga mangkok melamin di pasaran dalam negeri.

Harga Mangkok Melamin Eceran

Varian Mangkok Melamin Harga per Satuan
Mangkok Melamin Golden Dragon 4” Rp9.250
Mangkok Melamin Golden Dragon 5” Rp10.500
Golden Dragon W2204 Mangkok Melamin 4” Rp15.000
Golden Dragon Mangkok Melamin Jepang Kecil 4” Rp15.200
Mangkok Melamin Golden Dragon 6” Rp2.999
Mangkok Melamin Hover Model Octagon Polos 7″ – 7807P Rp23.000
Golden Dragon Mangkok Melamin Kotak 7” Rp27.900
Golden Dragon Mangkok Melamin Ulir Datar 7” Rp29.000
Onyx JMA65 Mangkok Jepang 6,5” Rp30.300
Mangkok Melamin Hover Model Octagon Polos 7″ – 7807P Rp30.500
GLORI IFIANCY Mangkok Segi Empat 7″ Melamin 4470 Rp30.900
Onyx (Melamine) Deep Bowl 2607 Miranda 7inch 1pc Rp3.080
IGI GLORI G4045 Melamine Ulir Mangkok 4,5” Rp35.000
Deeneve Melamine Bowl Mangkuk Rp40.000
IGI GLORI G4360MRH Melamine 6” Rp55.000
IGI GLORI G4065HTM Melamine Ulir 6,5” Rp56.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mangkok melamin eceran di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, mangkok melamin Golden Dragon 4 inci yang semula dijual seharga Rp13 ribu, sekarang turun menjadi Rp9.250 per pcs. Berbeda dengan harga mangkok melamin Onyx JMA65 Jepang 6,5” yang naik dari Rp26.100 menjadi Rp30.300 per pcs.

Mangkok melamin (sumber: ubuy.co.id)

Harga Mangkok Melamin Lusin

Varian Mangkok Melamin Harga per Lusin
Mangkok Melamin 5” Rp80.000
Golden Dragon Mangkok Melamin 6” Rp19.000
Golden Dragon Mangkok Melamin 5” Rp220.000
Golden Dragon Mangkok Melamin 7” Rp226.000
Mangkok Melamin Japanese Style 6” Rp289.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mangkok melamin per lusin di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, mangkok melamin Golden Dragon 6 inci yang semula dijual seharga Rp92.000 sampai Rp105.000 per lusin, sekarang naik menjadi Rp19.000 per lusin. Sebaliknya, harga mangkok melamin Golden Dragon 7 inci justru turun dari Rp245 ribu menjadi Rp226 ribu per lusin. Anda dapat mengunjungi toko perabot rumah tangga terdekat untuk memastikan ketersediaan barang.

[Update: Ditta]

[1] Nugroho, Agung dan Nur Mega Sari. 2011. Perlindungan Konsumen, terhadap Produk Peralatan Makan yang Mengandung Melamin Palsu. Lex Jurnalica, Vol. 8(2): 164-180.

[2] Ibid.

[3]  Ibid.

Pos terkait