Update Harga Keju Cheddar Prochiz di Indomaret & Alfamart (All Varian)

Apabila Anda mendengar kata , mungkin beberapa ada yang menyukai, namun ada juga yang tidak. Memang, tidak semua orang menyukai keju, tetapi keju tetap menjadi bahan yang hampir ada di segala jajanan. Produk keju yang dipakai juga sudah banyak tersedia di pasaran, salah satunya merek Prochiz. Keju Cheddar Prochiz hadir dalam berbagai varian dengan harga cukup terjangkau.

Bacaan Lainnya
Keju cheddar (sumber: verywellfit)
Keju cheddar (sumber: verywellfit)

Keju seringkali dipakai dalam menu makanan khas Eropa. Keju dipandang sebagai makanan padat nutrisi, beberapa di antaranya adalah vitamin C, B6, B12, A, D, E, dan K. Vitamin lainnya seperti vitamin B1 (tiamin), riboflavin, niacin juga dapat ditemukan dalam berbagai jenis keju. Keju juga menyediakan beberapa mineral penting bagi seperti kalsium, natrium, zinc, fosfor, kalium, dan zat besi.

PUSDATIN (Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal) Kementerian Pertanian mencatat bahwa keju adalah satu produk susu olahan yang memiliki tingkat pertumbuhan konsumsi setahun masyarakat Indonesia yang cukup besar, yaitu sebesar 12,5% .

Jika sebelumnya keju dinilai sebagai produk mahal, kini PT Mulia Boga Raya menyediakan keju dengan harga terjangkau, sehingga masyarakat dari berbagai kalangan dan status ekonomi sosial dapat menikmati manfaat gizi dari keju. Terlebih, dalam 10 tahun belakangan, persaingan keju di Indonesia terbilang berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya brand baru yang memotivasi para pelaku usaha.

Keju Cheddar Prochiz merupakan produk keluaran PT Mulia Boga Raya yang mengklaim memiliki komitmen tinggi dalam memasarkan produk bernutrisi dengan kualitas terbaik untuk masyarakat Indonesia. Keju cheddar adalah keju yang relatif keras atau semi keras yang terbuat dari susu sapi. Keju cheddar yang berwarna kuning pucat hingga putih gading biasa disebut white cheddar, serta oranye kemerahan atau yang biasa disebut red cheddar. Keju cheddar memiliki kadar lemak yang bervariasi. Keju ini sangat mudah ditemukan dan digunakan di seluruh dunia.[1]

PT Mulia Boga Raya sudah memiliki pabrik bersertifikasi ISO, sehingga dinilai dapat menghasilkan produk berkualitas. Keju Prochiz dipasarkan dengan cara masuk perusahaan-perusahaan roti (bakery), dan berbagai usaha kuliner dalam skala Usaha dan Menengah (UKM). Bahkan, Prochiz sudah berhasil diekspor ke sembilan negara yang ada di Asia dan Eropa.

Keju dari PT Mulia Boga ini sudah banyak digunakan dalam membuat resep, seperti kue dan ragam topping. Prochiz diproduksi dalam berbagai varian, yaitu Prochiz Cheddar, Prochiz Gold, Prochiz Spready, Prochiz Mayo dan Prochiz Slice. Berikut ulasan lengkapnya.

Varian Keju Prochiz

Prochiz Cheddar

Prochiz Block ini merupakan merek baru yang dikembangkan untuk pasar Asia, dikemas dalam kemasan 170gr dan 2 kg. Prochiz ini terbuat dari keju cheddar alami dan bahan-bahan berkualitas lainnya. Keju ini memiliki tekstur padat dan lembut, sehingga mudah diparut dan cocok digunakan sebagai topping untuk roti manis, pastry, ataupun donat.

Prochiz Cheddar & Prochiz Gold

Prochiz Gold

Prochiz Gold Cheddar diproduksi dari bahan-bahan berkualitas yang memiliki tekstur padat dengan hasil parutan yang panjang. Keju ini dapat digunakan sebagai bahan topping, filling, dan aplikasi makanan lainnya. Tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 170g dan 2 kg.

Keju PROCHIZ Gold Cheddar mempunyai ciri khas yang cukup mirip dengan Keju PROCHIZ Cheddar, dengan tekstur yang serupa dan penggunaan yang sama. Letak perbedaannya ada pada warna dan cita rasa. Keju PROCHIZ Cheddar berwarna kuning tua sedangkan Keju PROCHIZ Gold Cheddar memiliki warna kuning cerah. Kemudian, cita rasa Keju PROCHIZ Cheddar cenderung lebih ‘creamy’ karena kandungan susu yang lebih banyak, sedangkan Gold Cheddar cenderung memiliki tingkat keasinan yang lebih tinggi. Hasil parutan dari Gold Cheddar juga lebih panjang dan tidak mudah putus sehingga diklaim cocok digunakan untuk membuat kue.

Prochiz Spready

Produk ini adalah keju cheddar olahan yang dihasilkan melalui proses penggilingan, pencampuran, dan pengemulsian bahan baku berkualitas dan mengandung susu. Varian ini cocok digunakan untuk selai pada roti dan isian roti manis.

Prochiz Mayo

Produk ini diolah dengan pengemulsi minyak nabati, cuka, telur, dan bahan baku berkualitas lainnya. Produk ini cocok untuk bahan baku makanan seperti salad, hamburger, sandwich, dan saus untuk pendamping makanan.

Prochiz Slice

Produk ini diolah dengan teknologi terbaru untuk menghasilkan rasa yang diklaim lebih enak. Keistimewaan Prochiz Slice adalah tahan di suhu ruang dan cocok didistribusikan di negara beriklim tropis. Keju ini juga dinilai cocok sebagai isian hamburger dan sandwich. Tersedia dalam isi 5 dan 10 slice.

Prochiz Spready, Prochiz Mayo, & Prochiz Slice

Prochiz Quick Melt

Keju Prochiz Quick Melt memiliki tekstur lembut dan mudah meleleh ketika dipanaskan. Selain itu, keju ini juga memiliki warna kuning agak ketuaan atau lebih gelap daripada varian lain. Keju ini bisa juga digoreng dalam bentuk isian makanan dan digunakan sebagai saus pada makanan tertentu.

Bagi Anda yang ingin membuat olahan makanan dengan campuran keju, mungkin dapat memilih dan mencoba beberapa resep, di antaranya Fettucine Carbonara, Makaroni Keju, Cheese Cake, Makaroni Schotel, Bolu Keju, Kue Kastengel, Stik Keju, Singkong Keju, Nastar Keju, Martabak Keju, Tuile dengan Keju Cheddar, dan lain-lain. Salah satu produk Prochiz, yaitu keju oles, dapat menjadi salah satu bahan penting dalam pembuatan Tiramisu. Keju oles pada tiramisu digunakan sebagai pelengkap krim dan berfungsi sebagai pelekat biskuit.

Keju oles juga memiliki tekstur lembut dan tidak cair, sehingga sangat baik untuk memperkaya krim tiramisu. Keju oles juga membuat tiramisu memiliki keseimbangan rasa, karena kakao bubuk dan kopi memiliki rasa pahit. Dengan adanya keju oles, tiramisu akan memiliki rasa gurih, milky dan creamy. Sebaiknya keju oles yang digunakan tidak memiliki kadar garam yang tinggi. Keju oles dengan kadar garam tinggi akan merusak rasa tiramisu karena hadirnya rasa asin yang dominan.

Prochiz Mozzarella

Varian keju terbaru dari Prochiz adalah Prochiz Mozzarella. Produk ini merupakan keju mozzarella olahan yang terbuat dari bahan berkualitas, memiliki tekstur lembut dan padat, mudah meleleh dan melar (stretchy) ketika dipanaskan. Memiliki rasa gurih dan lezat, sangat cocok untuk semua masakan.

Prochiz Quick Melt & Prochiz Mozzarella

Sebagai gambaran, berikut kami rangkum informasi harga keju merk Prochiz di Indomaret dan Alfamart pada tahun 2023 ini.

Daftar Harga Keju Cheddar Prochiz di Indomaret

Varian Keju Prochiz Harga di Indomaret
Prochiz Keju Gold Cheddar 60 gram 5.400
Prochiz Keju Slice 5’s 85 gr 5.900
Prochiz Keju Gold Slice 12’s 156 gr 12.300
Prochiz Keju Spready 160 gram 10.900
Prochiz Keju Slices Original 10’s 170 gr 10.500
Prochiz Keju Gold Cheddar 160gr 10.900
Prochiz Keju Cheddar Royale 160gr 20.500
Varian produk Prochiz (sumber: majalahfranchise.com)

Daftar Harga Keju Cheddar Prochiz di Alfamart

Varian Keju Prochiz Harga di Alfamart
Prochiz Keju Cheese Cheddar Gold 60g 4.000
Prochiz Keju Gold Slices Cheddar 12 lembar 13.100
Prochiz Keju Slices Cheddar Lembaran 10 lembar 14.500
Prochiz Keju Gold Cheddar 160 gram 15.700
Prochiz Keju Cheddar Royale 160 gram 14.900

Jika dibandingkan penawaran 2020, keju Cheddar Prochiz mengalami perubahan harga pada 2021, dan 2022, dan 2023. Untuk varian Prochiz Keju 170g di Indomaret terbilang naik dari harga Rp18.800 menjadi Rp19.600, namun turun jadi Rp16.300 pada 2022, dan naik jadi Rp20 ribuan pada 2023. Sedangkan Prochiz Keju Gold 170g awalnya dijual seharga Rp14 ribu, menjadi Rp14.500, dan sekarang promo jadi Rp10 ribuan saja. Tak jauh berbeda dengan keju Prochiz ukuran besar 2 kg varian Gold yang sebelumnya dijual mulai Rp118 ribu menjadi Rp150 ribu.

Produk tersebut dapat Anda beli di Indomaret, Alfamart, maupun di supermarket, seperti Superindo, Transmart Carrefour, Hypermart, dan lain-lain. Harganya pun beragam, misalnya Prochiz Keju Gold 170g, dijual seharga Rp19 ribuan. Anda juga dapat membeli varian keju slice dalam kemasan kecil dengan harga lebih ekonomis.

[Update: Dian]

[1] Hani, R dkk. 2017. Resep Olahan Keju Terlengkap. Jakarta: Demedia, hlm 9.

Pos terkait