Update Harga Gendongan Bayi Depan Model Kangguru

Hampir setiap bayi suka digendong. Digendong seolah bisa memberikan mereka kenyamanan agar lebih nyenyak ketika tidur. Namun, bagi para orang tua, menggendong mungkin menyenangkan sekaligus melelahkan. Apalagi jika dilakukan tanpa menggunakan alat bantu berupa kain atau gendongan untuk menopang tubuh sang bayi. Gendongan bayi saat ini hadir dalam beragam model seperti kangguru yang diletakkan di bagian depan dengan bervariasi, tergantung merek pilihan.

Ibu dan bayi dalam gendongan (sumber: easygetproduct.com)
Ibu dan bayi dalam gendongan (sumber: easygetproduct.com)

Untungnya, saat ini sudah ada berbagai jenis gendongan bayi yang bagus dan desainnya cukup modern, sehingga nyaman digunakan untuk menggendong bayi dalam berbagai posisi, entah menyamping, digendong di depan, atau diletakkan di belakang layaknya membawa tas ransel. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli gendongan bagi sang buah hati, Anda harus memahami terlebih dahulu jenis atau macam gendongan bayi yang beredar di .

Bacaan Lainnya

Pastikan Anda memilih gendongan yang sesuai dengan usia, bobot, kebutuhan, dan budget Anda. Pertimbangkan unsur keamanan saat membeli gendongan bayi. Pasalnya untuk bayi yang baru lahir dan belum bisa menopang kepalanya sendiri dengan baik tidak bisa dipaksakan menggunakan gendongan model depan layaknya kangguru. Jangan pula memaksakan diri untuk membeli gendongan yang terlalu mahal jika budget Anda terbatas. Agar tidak penasaran, simak ulasan macam-macam gendongan bayi berikut ini.

Macam-Macam Gendongan Bayi

  • Ring Sling. Gendongan satu ini mempunyai 2 buah ring (lingkaran) dari bahan besi atau plastik yang menempel di salah satu ujungnya. Ring tersebut fungsinya sebagai simpul untuk mengikat strap gendongan. Biasanya, gendongan model samping seperti ini lebih cocok dipakai untuk bayi baru lahir sampai yang beratnya maksimal 18 kilogram (kg).
  • Baby Wrap. Sesuai namanya, gendongan ini berupa kain yang biasanya dililitkan menyerupai perban di tubuh ibu/ayah. Kelebihannya, gendongan baby wrap cenderung fleksibel dan bisa dipakai untuk berbagai cara menggendong, entah yang posisinya di samping atau di depan. Namun, baby wrap biasanya lebih cocok digunakan pada bayi berusia di bawah 1 tahun yang bobotnya tidak terlalu berat. Apabila Anda masih belum begitu ahli, baby wrap mungkin akan terkesan sedikit rumit dan merepotkan cara pemasangannya.
  • Soft Structure Carrier (SSC). Gendongan satu ini konsepnya multifungsi karena bisa menopang bayi di depan atau belakang dengan posisi duduk. Yang lebih menarik lagi, posisi bayi pun bisa dihadapkan ke depan atau ke dalam (berhadapan dengan sang penggendong). Namun, perlu diperhatikan, gendongan model SSC kurang cocok bagi bayi yang baru lahir. Anda disarankan untuk menggunakan gendongan macam ini saat leher bayi sudah mulai kuat, yakni sekitar usia 5-6 bulan dengan berat antara 4,5-11 kg.
  • Pouch Sling. Gendongan ini berbentuk kantong kain yang sederhana berupa selembar kain yang kedua ujungnya dijahit, sehingga Anda tinggal meletakkan sang buah hati saja di dalam kantong tersebut. Beberapa jenis gendongan ini biasanya panjang-pendeknya bisa diatur agar lebih pas dan nyaman ketika dipakai untuk menggendong.
  • Mei Tai. Gendongan ini adalah pengembangan dari model gendongan tradisional China yang mempunyai panel badan serta tali sabuk di bahu dan pinggang. Mei Tai dilengkapi desain tali sabuk bahu yang lebar dengan atau tanpa bantalan agar terasa nyaman saat digunakan. Selain itu, biasanya Mei Tai juga dilengkapi sandaran kepala bayi atau tudung untuk menutupi kepala bayi ketika tertidur.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Gendongan bayi model kangguru adalah gendongan dengan posisi bayi ada di bagian depan, menyerupai bayi kangguru. Saat ini sudah banyak gendongan semacam ini di pasaran. Berikut informasi harga lengkapnya.

Ilustrasi: menggendong bayi dengan gendongan kangguru (okezone.com)
Ilustrasi: menggendong bayi dengan gendongan kangguru (okezone.com)

Harga Gendongan Bayi Model Kangguru

Merk & Tipe Gendongan Depan Harga
Moms Baby Ransel gendongan bayi MBG200100 Rp90.900
Baby Scots BY-53-GB baby carrier Rp100.000
Apro Apparel Gendongan anak Rp105.000
Baby Scots Special Rp113.850
Chanel7 Chuan Queen Baby Carrier Rp117.000
Omiland OBG220100 dwi fungsi gendongan ransel Rp117.800
Eigia Sling Backpack portable gendongan bayi Rp123.000
Momo Chuan Queen Baby Carrier Rp133.650
Snobby gendongan ransel 3 in 1 series TPG 1742 Rp134.500
Baby Joy Ransel Dwi Fungsi gendongan bayi Rp153.768
Elle 6606 gendongan bayi Rp170.500 
Dialogue Baby gendongan ransel Rp173.000
Snobby TPG 4901 MOMO gendongan ransel Rp187.500
Kiddy Hiprest Baby Carrier 2in1 Gendongan Bayi Rp195.000
Chintaka gendongan ransel dwi fungsi Rp209.000
Del Collection Heart Shape gendongan bayi Rp220.000
Baby Joy Gendongan Bayi Hipseat Baby Carrier 4 in 1 Mochino Series BJG3024 Rp244.000
Gendongan bayi Cuddle Me Lite Carrier Rp260.000
Dialogue Baby plain color 01 hipseat baby carrier Rp276.100
Crown Baby Snuggle 6 in 1 Super Hipseat Carrier Rp322.500
BabySafe Baby Hip Seat Gendongan Bayi Rp350.000
iBerry Windsor G01 9 in 1 baby carrier gendongan bayi Rp370.000
Elle GS01 9 in 1 baby carrier gendongan bayi Rp550.000
Mooimom H7001N lightweight Hipseat Carrier Rp880.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga gendongan bayi depan model kangguru saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Moms Baby Ransel MBG200100 yang semula dijual seharga Rp109.000, sekarang turun menjadi Rp90.900. Berbeda dengan harga seri Momo Chuan Queen Baby Carrier yang naik dari Rp115.000 menjadi Rp133.650.

harga, gendongan, bayi, baby, depan, belakang, yang, bagus, kaos, biasa, macam-macam, nyaman, merek, merk, snobby, modern, baby scots, dialogue, murah, termurah, kualitas, jenis, model, ransel, carrier
Pouch Sling (youtube: Slings Da Vovo)

Informasi daftar harga gendongan bayi depan model kangguru di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di . Perlu diketahui bahwa harga gendongan bayi kangguru tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga gendongan depan yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Bahaya Gendongan Bayi Depan

Meski begitu populer di pasaran, gendongan bayi depan tidak disarankan bagi bayi berusia di bawah satu tahun. Pasalnya, gendongan model ini bisa menimbulkan sejumlah bahaya yang mungkin akan memengaruhi kesehatan si kecil. Saat masih berumur kurang dari satu tahun, leher dan kepala si kecil perlu ditopang ketika tidur. Jika digendong menghadap depan, kepala bayi akan jatuh ke depan dan bisa membahayakan dirinya sebab bisa saja saluran pernapasannya tertekuk, sehingga tidak bisa leluasa bernapas.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Selain mengganggu saluran napas, gendongan bayi depan dikatakan bisa menyebabkan hip dysplasia. Kondisi ini adalah pergeseran antara tulang pinggul dan tulang paha. Hal tersebut terjadi lantaran saat memakai gendongan bayi depan, tidak ada pinggul Anda yang menahan kaki si kecil, sehingga kakinya menggantung dan tubuhnya bertumpu pada tulang belakang. 

Perlu diingat, jika tidak menggunakan gendongan bayi yang tepat, gerakan si kecil akan terbatas dan tentunya dapat membahayakan kesehatan tubuhnya. Gendongan bayi yang baik harus berstandar SNI, memiliki penopang duduk, dan terbuat dari bahan yang nyaman.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *