Ciri dan Update Harga Minyak Cendana Asli

Minyak cendana (sandalwood oil) adalah minyak yang berasal dari penyulingan hati kayu batang pohon cendana. Saat ini, tanaman dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi atau langka. Karena itulah, bahan baku cendana, khususnya dari Indonesia, begitu sulit. Hal ini juga berdampak pada harga jual minyak cendana asli yang relatif mahal.

Ilustrasi: Sandalwood Oil (credit: auromere)
Ilustrasi: Sandalwood Oil (credit: auromere)

Minyak mempunyai berbagai khasiat dan kegunaan. Dalam pengobatan India atau yang disebut sebagai ayurvedic medicine, minyak ini digunakan sebagai obat penenang saraf, antibakteri pada peradangan jerawat, dan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Jadi, minyak cendana ini ternyata bagus buat wajah yang berjerawat. Di India juga, minyak cendana dibuat menjadi sirup yang berkhasiat mengobati batuk dan sakit tenggorokan menahun.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Harga Tiket Fly (Astro, Indovision, Skynet, All Satelit)

Minyak ini juga diyakini cukup membantu untuk masalah buang air kecil. Minyak esensial ini dapat menekan rasa sakit pada sistem ekskresi, serta memberi efek mendinginkan. Alhasil, buang air kecil menjadi lebih mudah, jumlah urine meningkat, dan frekuensi buang air kecil akan jauh berkurang. Singkatnya, minyak ini bekerja sebagai diuretik dan akan menjaga sistem ginjal menjadi sehat.

Ada banyak jenis tanaman di dunia, dan beberapa di antaranya telah diidentifikasi. Jenis cendana tersebut adalah Santalum album yang berasal dari India dan Indonesia, khususnya Timur, Santalum gregory ( Papua), Santalum spicatum (Australian Sandalwood), dan Santalum Ellipticum yang berasal dari Hawaii.

Semua tersebut dapat menghasilkan minyak, namun karakter dan aromanya yang berbeda-beda. Berdasarkan permintaan pasar, jenis cendana yang sangat diminati dan sering digunakan dalam wewangian, yaitu cendana NTT atau cendana India. Beberapa pakar mengatakan bahwa minyak ini baik untuk kesehatan dan kecantikan serta aromaterapi. Selain untuk kesehatan dan kecantikan, minyak cendana murni juga biasa digunakan untuk sejumlah ritual dan untuk mencuci benda-benda pusaka seperti keris, pedang, tombak, dan lainnya.

Harga Minyak

Ilustrasi: menuangkan minyak cendana (sumber: liputan6.com)
Ilustrasi: menuangkan minyak cendana (sumber: liputan6.com)

 

Baca juga  Jenis & Harga Mesin Jam Dinding Terbaru
Merk/Varian Minyak Kisaran Harga
Minyak Mustika Ratu Rp28.500
Minyak India Asli Rp104.000
Minyak Cendana Keraton Asli Rp96.000
Minyak Cendana Raja 10 gr Rp110.000
Minyak Cendana Kupang Asli Rp190.000
Minyak Cendana NTT Asli Rp225.000

Harga minyak cendana asli di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung toko yang Anda kunjungi. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, harga minyak cendana tahun 2020 mengalami kenaikan, tetapi berbalik turun di tahun 2021. Sebagai contoh, Minyak Cendana Mustika Ratu yang awalnya seharga Rp32 ribu, turun menjadi Rp28.500.

Salah satu cara untuk membedakan jenis minyak cendana asli dan palsu adalah harga jual minyak cendana asli yang relatif lebih mahal. Namun, hal itu tidak selamanya bisa digunakan sebagai patokan. Karena, sejumlah penjual nakal menjajakan minyak cendana palsu dengan harga yang mahal dan mengklaim sebagai minyak cendana asli.

Sebagai informasi, minyak cendana yang asli konon memiliki tekstur yang lebih kental daripada jenis minyak lainnya. Kekentalannya bahkan menyerupai gel, berwarna putih bening, tidak berbentuk parfum seperti yang ada di pasaran, bukan merupakan bibit minyak wangi sehingga tidak bisa menyatu atau tidak bisa diencerkan dengan alkohol.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *