Daftar Harga Cetak Buku Sesuai Jenis dan Ukuran Kertas

Peluang usaha percetakan atau menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang menjadi primadona. Sayangnya, pengetahuan yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan.

Daftar, harga, cetak, buku, ukuran, jenis, kertas, di, pasaran, usaha, peluang, print on demand, penulis, percetakan, hvs, per, lembar, glossy, satuan, murah

Toko buku (mhpbooks.com)

Untuk mengembangkan usaha cetak buku, salah satu hal yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk atau yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Cara ini dianggap lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar.

Anda harus memahami usaha yang Anda garap, siapa saja pemainnya, dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudian pelajari juga tren yang ada saat ini, misalnya tren warna, dan lainnya. Hasil dari riset ini akan memunculkan ide segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera pasar dan mengikuti tren.

Perhitungkan juga biaya untuk memodifikasi, modifikasi produk tak perlu biaya mahal. Tujuan Anda adalah menambah keunikan dan nilai tambah, bukan menjadikan produk atau layanan Anda lebih mahal.

Untuk mengembangkan usaha cetak buku juga bisa dilakukan dengan metode membundling buku. Sederhananya, Anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk A maka produk B dapat dibeli dengan harga lebih murah. Bundling produk dapat dilakukan dengan membuat paket antara produk A dan B di perusahaan sendiri atau jika lebih jauh lagi dapat dilakukan bundling produk antara perusahaan Anda dan perusahaan orang lain. Peluang usaha di antara kedua perusahaan bisa tumbuh lebih besar.

Menggunakan sosial untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di konvensional. Selain itu channel sosial juga dapat dikelola sendiri oleh Anda.

Dengan social media anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar. Anda bisa memulai untuk membuat  sosial media sebagai jaringan penjualan termasuk sebagai saluran komunikasi untuk mengenalkan produk Anda.

Daftar, harga, cetak, buku, ukuran, jenis, kertas, di, pasaran, usaha, peluang, print on demand, penulis, percetakan, hvs, per, lembar, glossy, satuan, murah

Buku (medium.com)

Selain itu, penawaran harga cetak buku yang murah juga menjadi penentu bisnis Anda akan berkembang. Untuk penentuan harga, ada 3 hal pokok yang mempengaruhi yakni cover, finishing, dan halaman isi. Berikut harga cetak isi buku yang umum ada di pasaran sesuai jenis dan kertas.

Jenis dan Ukuran Kertas Harga
Kertas HVS
A5 dan B5 HVS 70 gsm BW Rp100 per halaman
A5 dan B5 HVS 70 gsm Warna Rp200 per halaman
A4 HVS 70 gsm BW Rp150 per halaman
A4 HVS 70 gsm Warna Rp250 per halaman
A4 HVS 80 gsm BWRp200 per halaman
A4 HVS 80 gsm Warna Rp300 per halaman
A4 HVS 100 gsm BWRp300 per halaman
A4 HVS 100 gsm Warna Rp500 per halaman
Kertas Book Paper
A5 dan B5 Book Paper 55 gsm BW Rp100 per halaman
A5 dan B5 Book Paper 55 gsm Warna Rp200 per halaman
A4 Book Paper 55 gsm BWRp150 per halaman
A4 Book Paper 55 gsm Warna Rp250 per halaman
A5 dan B5 Book Paper 70 gsm BW Rp100 per halaman
A5 dan B5 Book Paper 70 gsm Warna Rp200 per halaman
A4 Book Paper 70 gsm BWRp150 per halaman
A4 Book Paper 70 gsm Warna Rp250 per halaman
A5 dan B5 Book Paper 90 gsm BW Rp250 per halaman
A5 dan B5 Book Paper 90 gsm Warna Rp500 per halaman
A4 Book Paper 90 gsm BWRp500 per halaman
A4 Book Paper 90 gsm Warna Rp700 per halaman
Jilid
Jilid Soft Cover Rp15.000 - Rp25.000
Jilid Hard Cover Rp25.000 - Rp30.000
Jilid Spiral KawatRp12.000 - Rp30.000
Daftar, harga, cetak, buku, ukuran, jenis, kertas, di, pasaran, usaha, peluang, print on demand, penulis, percetakan, hvs, per, lembar, glossy, satuan, murah

Percetakan (svassociates.co)

Dalam menjalankan usaha percetakan buku, jangan lupa untuk mengasuransikan tempat, mesin-mesin, dan juga karyawan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan tempat usaha (misalnya kebakaran) dan kecelakaan kerja (bagi pekerja).

Bagi Anda pelanggan atau seorang penulis yang ingin mencetak buku dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memilih penerbit buku atau percetakan murah yang menggunakan Print On Demand (POD). POD artinya buku diterbitkan sesuai kemampuan penulis (skala kecil). yang dicetak sesuai dengan permintaan pasar saja. Jumlah buku yang dicetak bisa mulai dari satu eksemplar, hingga tidak dibatasi banyaknya. POD memang tidak seperti cetak offset, di mana harus ada batas minimal cetak buku 1000 eksemplar.

Keuntungan menerbitkan Print On Demand memberikan tawaran lain. Jika buku laku banyak, maka keuntungan yang diperoleh penulis jauh lebih banyak. Keuntungan semua masuk ke penulis, tanpa dipotong ini dan itu.

Kekhasan Print on Demand adalah percetakan murah buku ketika ada pesanan. Cara ini dianggap lebih efektif dan efisien dari banyak segi. Mulai dari penghematan waktu, bahan baku, dan hemat secara tempat. Seperti kita tahu, kelemahan penerbit mayor adalah banyak buku yang tersimpan di gudang. Selain memerlukan tempat, secara otomatis akan membebankan biaya sewa tempat.

Kelebihan lain POD adalah Anda tidak perlu menjalani birokrasi. Tulisan tidak perlu diseleksi dalam waktu panjang. Dari segi waktu misalnya, tulisan yang dikirimkan ke penerbit mayor membutuhkan proses paling cepat tiga bulan. Beda lagi penerbit yang menggunakan sistem POD yang hanya dua minggu bisa terbit.

Jika penerbit mayor memperhatikan jenis tulisan, gagasan yang disampaikan, dan membatasi isi naskah. Maka, sistem POD tidak demikian. Apapun ide dan gagasan yang ingin penulis sampaikan ke pembaca bisa tetap kita diterbitkan. Tingkat kepuasaan yang diperoleh pun sesuai dengan keinginan penulis.

Baca juga  Daftar Harga Mesin Jahit Otomatis Merek Juki (All Tipe)
loading...

Leave a reply "Daftar Harga Cetak Buku Sesuai Jenis dan Ukuran Kertas"