Info Terupdate Harga Beras Cap Rambutan 5 Kg

Beras masih menjadi kebutuhan pangan pokok bagi sebagian di Indonesia. Di sendiri, sudah tersedia beragam merk beras yang bisa Anda pilih sesuai selera maupun bujet. Nah, salah satu merk beras yang diklaim berbasis organik adalah Cap Rambutan, yang saat ini dijual dengan yang cukup terjangkau untuk kemasan 5 kg.

Beras cap rambutan (sumber: shopee.co.id)
Beras cap rambutan (sumber: shopee.co.id)

Dikutip dari situs Tribun News, beras Cap Rambutan diklaim sebagai beras organik yang menjadi andalan Kota Binjai, Sumatera Utara. Beras ini mulai diperkenalkan kepada publik pada pertengahan Maret 2017 lalu melalui gelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU). Kala itu, beras ini tersedia dalam kemasan setengah 1/2 hingga 5 kilogram, dan dikatakan diminati oleh banyak masyarakat.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, beras Cap Rambutan dikatakan sebagai beras berbasis organik dari varietas Sidenok dengan pola bercocok tanam melalui teknologi IPAT-BO atau Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik. Teknologi ini disebutkan mampu menghasilkan padi seberat 10,1 ton per hektar dengan masa tanam hanya 86 hari, sebagaimana telah diuji coba di area persawahan Jalan Danau Malinjo, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Kayu Randu di Pasaran

Beberapa keunggulan beras Binjai Cap Rambutan ini antara lain tidak menggunakan zat pemutih, tidak memakai pewarna dan pewangi, serta tidak dicampur dan hanya satu varietas benih. LPM Pilar Andalan Sinergi, selaku pihak yang memperkenalkan teknologi IPAT-BO di Binjai, sendiri telah mendaftarkan beras Binjai Cap Rambutan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk memperoleh hak paten.

Di samping itu, pihak LPM Pilar Andalan Sinergi menerapkan kualitas kontrol yang sangat ketat saat setelah panen gabah sampai menjadi beras, packing dan edar, serta disimpan dalam bentuk gabah bukan beras sehingga kualitas selalu baru. Petani yang menanam benih pun selalu diawasi dan didampingi, mulai dari tanam hingga masa panen oleh tenaga ahli di bidang pertanian.

Pemerintah sendiri mengapresiasi adanya beras Binjai Cap Rambutan. Menurut Kementerian Riset dan Teknologi, beras ini sangat nikmat ketika digunakan untuk santap siang. Kementerian juga menyebutkan bahwa beras tersebut aman dikonsumsi oleh meski proses pemurnian benih beras menggunakan teknologi nuklir.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pakan Sinta BR untuk Ayam
Ilustrasi: Beras dalam karung (sumber: inbusiness.kz)
Ilustrasi: Beras dalam karung (sumber: inbusiness.kz)

Beras Cap Rambutan

Varian Beras Cap Rambutan
Beras Cap Rambutan 5 kg Maju Bersama Rp58.167
Beras Cap Rambutan Slyp Super 5 kg Rp64.050
Beras Cap Red Rambutan 5 kg Rp89.640

beras Cap Rambutan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga beras Cap Rambutan tahun 2021 mengalami penurunan, tetapi naik di tahun 2022. Sebagai contoh, beras Cap Red Rambutan 5 kg yang dijual dengan harga Rp93 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp88 ribuan tahun 2021, tetapi sedikit naik menjadi Rp89 ribuan tahun 2022.

Selain itu, jika menelusuri situs Google secara lebih teliti, Anda juga akan menemukan beras Cap Rambutan asal negeri tetangga Malaysia. Dijual oleh lapak online OEL Official Store, beras Cap Rambutan kemasan 5 kg ini sekarang ditawarkan dengan banderol sekitar RM 45,90 atau Rp156 ribuan.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *