Update Harga Plitur Kayu (Kaleng Kecil dan 1 Kg)

Agar perabotan rumah yang terbuat dari kayu tampak lebih kece dan mengilap, Anda bisa mengaplikasikan plitur. Sering disamakan dengan pernis, walau sebenarnya sedikit berbeda, bahan ini dikatakan dapat memberikan warna untuk bidang atau permukaan kayu yang diolesi. Di pasaran sendiri, sudah ada beragam merk plitur yang dapat Anda pilih, dengan harga rata-rata puluhan ribu rupiah per kaleng kecil atau 1 kg.

Pernis Kayu (sumber: doityourself)
Plitur Kayu (sumber: doityourself)

Proses pengerjaan finishing pada permukaan kayu saat ini memang didominasi oleh penggunaan resin sintetis, dengan bahan seperti melamin dan nitroselulosa yang menggunakan pelarut mineral.[1] Pasalnya, kelompok resin ini memberikan hasil finishing yang baik walau dapat menimbulkan pengaruh yang merugikan bagi lingkungan dan kesehatan manusia.[2]

Bacaan Lainnya

Apa Itu Plitur?

Nah, dari sekian bahan resin yang ada, plitur menjadi salah satu sangat populer, terutama di kalangan para tukang bangunan. Ini secara garis besar dapat dikatakan sebagai cat transparan yang berbahan utama oker. Oker sendiri, seperti disalin dari Dekoruma.com, adalah ranah lunak yang sudah mengalami proses oksidasi. Proses tersebut membuat oker memiliki variasi warna dari cokelat, kuning muda, sampai kuning keemasan.

Ketika diaplikasikan pada permukaan kayu, masih menurut referensi yang sama, plitur akan memberikan warna untuk bidang atau permukaan kayu yang dioleskan. Bahan ini akan membuat warna permukaan kayu berubah sesuai dengan warna oker yang menjadi bahan utama plitur. Warnanya, seperti disampaikan di atas, bisa cokelat, kuning, atau keemasan. Meski membuat tampilan kayu menjadi kurang alami, namun plitur bisa menjadi solusi untuk bahan kayu yang warnanya tidak merata.

Cara Menggunakan Plitur

  • Persiapkan alat-alat seperti plitur, kuas berukuran 3 inci dan 2 inci, bahan pelarut (bisa solvent atau air), amplas aluminium oxide No. 180 dan 400, kain katun bersih dan kering, serta gelas plastik.
  • Siapkan material yang akan dilakukan finishing. Jika permukaan masih kasar atau masih banyak lapisan coating yang tertinggal, bisa diamplas menggunakan amplas No. 180. Bersihkan debu amplas dengan kain lap, dan pastikan kembali kayu sudah kering benar, karena kayu yang tidak kering akan mempercepat pertumbuhan di kemudian hari.
  • Siapkan plitur, perhatikan jumlah bahan pelarut yang digunakan. Bahan campuran politur adalah air atau thinner, tergantung dengan jenisnya. Campurkan plitur dan bahan pelarutnya di dalam gelas plastik, jangan langsung di kaleng. Anda bisa menggunakan sendok untuk mendapatkan perbandingan campuran bahan dan air. Aduk hingga benar-benar merata.
  • Aplikasikan plitur dengan kuas berukuran 3 inci untuk bidang yang luas, sedangkan kuas 2 inch bisa dipakai untuk bidang yang sempit. Aplikasikan searah serat kayu jangan berlawanan. Karena, pengecatan yang berlawanan serat akan menutup serat kayu sehingga tidak terlihat atau terlihat pengecatan yang tidak rata nantinya.
  • Tunggu plitur hingga kering benar. Jika menggunakan plitur solvent, sebaiknya jemur di bawah panas matahari, sedangkan jika menggunakan plitur water based, Anda tidak perlu menjemurnya dan cukup didiamkan dalam suhu ruangan.
  • Jika permukaan sudah kering benar, gunakan amplas No. 400 dan amplas ambang saja agar tidak semua plitur hilang. Amplas hingga serat kayu terlihat. Kemudian, aplikasikan kembali plitur. Proses plitur bisa dilakukan berulang kali hingga mendapatkan warna cat plitur yang diinginkan.

Apabila Anda membutuhkan plitur, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai material bangunan atau toko cat. Selain itu, plitur juga dapat dipesan lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga plitur saat ini di pasaran.

Harga Plitur

Ilustrasi: proses plitur kayu (sumber: archdaily.com)
Merk PliturHarga
Cobra Politur 1 L Kaleng KecilRp30.000
Super Kendali 1 kgRp45.000
Biovarnish Wood Stain 400 gr Kaleng KecilRp47.500
Propan Ultran Vernis V-09 1 L Kaleng KecilRp53.000
Teak Oil Cap Tiger Head 1000 mlRp63.000
Tecwo Indana 0,9 L Kaleng KecilRp63.000
Danapaint Pinogard 1 kgRp66.000
Boyo 1 L Kaleng KecilRp70.000
Propan Ultran P-05Rp75.000
Propan Woodstain PWS VC-631 1 kgRp78.000
Propan Impra Wood Stain 1 kgRp84.000
Propan P-01 Teak 1 kgRp85.000
Mowilex Plitur 1 L Kaleng KecilRp87.000
Propan Ultran P-03 UV 1 LRp89.000
Nippon Paint Woodstain 1 LRp129.000
Acqua Olio Wood Stain 1 kgRp182.300

Harga plitur kayu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bahan bangunan dan situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga cat plitur tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya memang terpantau naik. Propan V-09 1 liter misalnya, awalnya dijual Rp36 ribu dan sekarang menjadi Rp53 ribuan, sedangkan harga Super Kendali 1 kg naik dari Rp33 ribu sampai Rp39 ribuan menjadi Rp45 ribuan.

[1] Balfas, Jamal. 2015. Kualitas Politur Organik dari Ekstrak Kayu Jati dan Sirlak. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 35(1): 53-71.

[2] Li, J. dan M. R. Guo. 2002. Develop an environmentally safe wood finishing product using whey protein as a co-binding material. Journal of Dairy Science, Vol. 85(1): 380.

Pos terkait