Cara Menerima Pembayaran Dengan Kartu Kredit

Di era digital seperti sekarang, berbagai transaksi dapat dilakukan secara online. Mulai dari mengetahui saldo , , mengetahui mutasi hingga mencetak koran, membeli barang, sampai menerima pembayaran dapat dilakukan dengan bantuan internet.

Ilustrasi: transaksi pembayaran via kartu kredit

Ilustrasi: transaksi pembayaran via kartu

Sebagai penjual, Anda mungkin saja akan menemui konsumen yang melakukan pembayaran dengan berbagai cara pembayaran, termasuk menggunakan kartu kredit. Artinya, ketika Anda menjual barang di internet (toko online), bagaimana pembeli barang (konsumen) dapat mengirimkan pembayaran, baik menggunakan kartu kredit (credit card) maupun alat pembayaran lain.

Selain melakukan kerjasama dengan bank (acquirer) untuk bisa melakukan charge kartu kredit konsumen, Anda juga dapat melakukan kerjasama dengan third party company yang memiliki untuk charge kartu kredit. tersebut sering disebut dengan Payment Gateway.

Cara menerima pembayaran dengan kartu kredit langsung dari pembeli (tanpa melalui perusahaan payment gateway) secara prinsip dapat dilakukan, tetapi secara praktik susah untuk dilakukan. Pertama, memerlukan cukup besar dan waktu cukup lama untuk mengurus permohonan menjadi merchant di bank acquirer. Kedua, risiko terlalu besar, baik di pihak pembeli (menyangkut rasa percaya) maupun penjual (carding fraud/adanya kecurangan). Sehingga, disarankan untuk bisnis dengan skala kecil, teknik ini tidak dianjurkan. Solusi yang bisa dilakukan adalah Anda dapat menggunakan payment gateway yang sesuai dengan model bisnis yang sedang dijalankan.

Untuk saat ini, sudah terdapat beberapa perusahaan payment gateway. Beberapa perusahaan ini yang nantinya akan membantu Anda dalam menerima pembayaran dengan kartu kredit, dan juga pembayaran dengan lain.

Baca juga  Cara dan Biaya Buka Rekening BCA via Online

.com

Paypal Bisa Membantu Anda Menerima Pembayaran Dengan Kartu Kredit - (Sumber: bloomberg.com)

Paypal Bisa Membantu Anda Menerima Pembayaran Dengan Kartu Kredit - (Sumber: bloomberg.com)

Mungkin untuk saat ini, PayPal merupakan payment gateway yang populer di dunia. Proses registrasi di sini terbilang cepat dan tidak perlu membuat program yang sulit untuk menghubungkan barang yang dijual ke pemrosesan digital. Anda hanya membutuhkan form html berisi nama dan barang (bisa dari PayPal). Perusahaan ini akan memroses secara , termasuk menyediakan shopping cart. Tampilan juga dapat diatur sesuai dengan tampilan situs jualan Anda.

Lebih menarik lagi, tidak dikenakan biaya setup, bulanan, maintenance, sehingga biayanya cukup rendah. Biaya hanya akan dipungut pada saat transaksi. Anda dapat mendaftar secara gratis di alamat paypal.com/webapps/mpp/merchant#. Klik ‘Daftar Gratis’ pada laman tersebut. Kemudian, lakukan konfirmasi email Anda. Setelah itu, hubungkan ke nomor rekening bank Anda. Penerimaan pembayaran sudah dapat dilakukan.

PayPal telah menjangkau jutaan konsumen di seluruh dunia. Perusahaan ini menerima apapun cara Anda berbisnis. Di situs web Anda, atau melalui pasar. Apabila Anda tidak menggunakan situs web, atau jika Anda adalah seorang freelance, PayPal tetap dapat membantu Anda menerima pembayaran melalui email (dilakukan oleh pelanggan) dan faktur online. Anda dapat menerima jenis pembayaran dari kartu kredit atau debit misalnya Visa, MasterCard, American Express, Discover, dan lainnya. Selain itu juga bisa melalui saldo PayPal atau rekening bank pelanggan.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Administrasi & Setoran Awal Tabungan Valas Bank Mandiri

2Checkout.com

Ilustrasi: 2Checkout

Ilustrasi: 2Checkout

Di sini, Anda dapat menerima pembayaran dengan berbagai jenis kartu kredit (Visa, MasterCard, Amex, JCB, Discover, dan lainnya). Untuk mendaftarkan diri sebagai penjual, dikenai biaya 3,5% + USD 0,35 untuk setiap penjualan yang berhasil (biaya mungkin saja berubah).

IPAYMENT

Perusahaan ini mungkin tidak sepopuler PayPal. Proses registrasinya, menurut beberapa orang cukup rumit. Tetapi, yang pasti IPAYMENT memberikan layanan pemrosesan kartu kredit dan secure payment gateway. Pendaftaran dan perubahan account menggunakan cara manual, kemungkinan untuk menghindari adanya kecurangan (fraud).

Ilustrasi: iPayment mobile (sumber: gootc.com)

Ilustrasi: iPayment mobile (sumber: gootc.com)

AUTHORIZE.NET

Di sini disediakan fitur untuk menerima pembayaran kartu kredit dan juga check elektronik. Proses untuk pendaftaran sebagai penjual terbilang agak rumit, karena pendaftaran tidak langsung ke authorize.net, tetapi ke perwakilan agen yang ditunjuk. Setiap agen memiliki fitur layanan bervariasi, dan Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan model bisnis yang sedang dijalankan. Setelah memiliki account dari agen perwakilan, selanjutnya Anda memroses pendaftaran payment gateway account dari authorize.net. Account inilah yang Anda gunakan pada module transaksi pembayaran di situs jualan.

Ilustrasi: Authorize.net

Ilustrasi: Authorize.net

Mungkin masih ada beberapa nama lagi sebagai payment gateway selain perusahaan di atas. Misalnya saja untuk di ada beberapa payment gateway yang cukup populer seperti iPaymu, FirstPay, Midtrans, Doku, dan lain-lain. Secara umum, dalam menerima pembayaran dengan kartu kredit, langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah set up kode HTML kartu kredit.

Baca juga  Update Produk dan Layanan Bank BRI

Setelah Anda menerapkan satu lagi platform pembayaran dan telah disetujui oleh pihak payment gateway, lalu membayar biaya pemasangan (jika dikenakan), Anda dapat segera mulai menerima pembayaran kartu kredit secara online. Selanjutnya, Anda akan diberi kode khusus untuk menyiapkan HTML dari halaman pesanan.

Sebagai vendor, Anda tahu bahwa saat pelanggan melakukan ‘klik’ pada tautan pesanan, mereka akan dibawa ke server yang aman untuk memroses pembelian mereka. Setelah pesanan mereka diproses, mereka akan diarahkan ke halaman web di situs Anda yang Anda tentukan. Situs ini mungkin berupa halaman download, atau mungkin halaman ‘complete your order’ yang bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi pelanggan Anda termasuk nama, alamat email, negara dan sebagainya. Setelah ini, arahkan mereka ke halaman download Anda.

Pada waktu yang bersamaan, saat pelanggan melakukan pembelian, Anda akan segera mendapatkan pemberitahuan email yang memberitahukan bahwa Anda telah melakukan pembelian. Akun Anda akan langsung dikreditkan, dikurangi biaya organisasi, dan Anda akan dibayar berdasarkan jadwal pembayaran. Dan inilah keseluruhan proses bagaimana menerima pembayaran.

Menerima pembayaran kartu kredit melalui situs Anda merupakan bagian penting untuk melakukan bisnis di web. Jika Anda tidak menerima pembayaran kartu kredit online dan memproses pesanan secara online, Anda mungkin akan kehilangan banyak bisnis.

Penelitian telah membuktikan, dengan pesatnya perkembangan internet, Anda dapat meningkatkan penjualan online sebanyak 400% dengan hanya menerima pembayaran kartu. Selain itu, dengan memberikan kombinasi opsi pembayaran, Anda dapat meningkatkan penjualan lebih banyak lagi.

[Update: Dian]

loading...

Leave a reply "Cara Menerima Pembayaran Dengan Kartu Kredit"